SWARA – Baru mendapatkan pekerjaan lalu merasa bahagia saat gajian. Semua bisa didapatkan dengan mudah karena memiliki pemasukan tetap. Tetapi, kenapa baru selang beberapa minggu, uang gajian sudah lenyap dan kamu bingung uangnya lari kemana?

 

Artikel terkait: Hindari kesalahan mengatur keuangan berikut

  1. 7 Kesalahan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangannya
  2. Hati-hati, Kamu Kaum Milenial Wajib Menghindari 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Berikut!
  3. 7 Kesalahan dalam Mengelola Uang Bagi yang Masih Lajang

 

Bagi para fresh graduate yang baru memulai karier menjadi pekerja, hal ini umum terjadi. Pasalnya, status memiliki uang sendiri menjadikan kamu lupa untuk mengelolanya dengan baik malah seringkali boros. Boleh saja menyenangkan diri sendiri dengan hasil jerih payahmu tetapi yang perlu diingat adalah batasan yang bisa dilakukan. Nah, agar keuanganmu tidak lagi morat marit, hindari beberapa hal berikut ini

1. Jumlah pengeluaran rutin yang membengkak

Punya penghasilan tetap setiap bulan membuat para pekerja pemula merasa memiliki tingkat kesejahteraan yang baru.Memang benar! Sayangnya, hal ini diiringi dengan peningkatan kebutuhan. Beberapa bahkan kebutuhan yang kurang penting dan kamu masih bisa mencari opsi lain. Misalnya saja, langganan member gym. Untuk menghemat pengeluaran bulanan, sebenarnya jika kamu ingin olahraga murah meriah tanpa harus menjadi member gym, pilih olahraga lari memutari kompleks atau gedung olahraga.

 

Jika sudah terlanjur, kamu bisa mulai mengurangi pengeluaran rutin ini dengan berhenti menjadi member dan mengalokasikan dana sebagai simpanan, lumayan , kan!

 

2. Sering traktir teman dan pacar

Sesekali mentraktir teman atau pacar sih boleh saja. Tetapi, kamu wajib membatasi seberapa besar anggarannya. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih lokasi tempat yang makan atau nongkrong yang tidak terlalu mahal dan bisa menghabiskan uang  dengan sekejap. Jadwalkan dengan teratur sehingga kamu pun mengetahui berapa jumlah pengeluaran untuk bersenang-senang tanpa mengganggu dana yang lain.

 

3. Traveling tanpa batasan

Tidak ada yang melarangmu untuk bepergian dan berpetualang. Hanya saja, sebaiknya diperhitungkan dengan matang terlebih dahulu. Terutama bagi para pekerja pemula yang baru saja mendapatkan penghasilan tetap. Mengeksplorasi tempat kan tidak harus selalu jauh dan mahal. Lalu, anggarkan uang untuk traveling dengan bujet yang khusus. Sehingga ketika kamu ingin traveling lebih jauh dan membutuhkan dana yang besar, maka tidak akan lagi kerepotan soal uang.

 

Selain itu, jika kamu nggak memiliki tabungan, maka sebaiknya kamu kurangin dulu biaya foya-foyanya. Saatnya menata keuangan dan fokus menabung. Kalau penat, kamu bisa kok, piknik di tempat yang dekat tanpa mengeluarkan biaya banyak. Ke museum contohnya.

 

4. Rajin mengoleksi barang bermerek

Coba deh perhatikan teman kamu yang sudah bekerja beberapa bulan. Tentu penampilannya sangat jauh berbeda seperti saat kuliah. Bagaimana penampilannya, lebih glamour, bermerek, dan cling, kan?

 

Memperbaiki penampilan tentu sah-sah saja. Toh itu merupakan upaya untuk menghargai diri dan mengapresiasi pekerjaan. Tapi, jangan sampai kebiasaan membeli barang-barang branded membuat gaji bulananmu ludes bahkan defisit.Salah menggunakan kartu kredit.

 

5. Sembrono menggunakan kartu kredit

Kartu sakti selain ATM bagi pekerja pemula adalah kartu kredit. Sebenarnya kalau kamu bisa memanfaatkan keuntungan diskon dan promo sih, kamu tergolong beruntung memiliki kartu ini. Sayangnya, jika dengan memiliki kartu ini kamu jadi boros dan terseok-seok membayar angsuran, ya alamat mengundang masalah! Apalagi bunga kartu kredit ini tergolong tinggi. Sebaiknya, mulai sekarang kamu membayar penuh tagihan agar nggak terkena bunga.

 

Artikel terkait: Buat kalian yang memiliki kartu kredit, pahami ini!

  1. Simak 7 Cara Anti Boros dalam Menggunakan Kartu Kredit Ini!
  2. Kenali Ciri-Ciri Penggunaan Kartu Kredit yang Berbahaya!
  3. Hati-hati dalam Membayar Tagihan Kartu Kredit, Jangan Sampai Salah Strategi!

 

6. Investasi belum dianggap penting

Kebanyakan freshgraduate menganggap usianya terlalu muda untuk memulai investasi. Salah besar! Justru masa ini paling tepat untuk memulai investasi. Kenapa? Saat ini kamu belum berkeluarga sehingga kebutuhan belum banyak. Ada lebih banyak kesempatan dan kemampuan untuk menyisihkan uang. Yuk, mulai investasi sekarang!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

4

 

 


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI