SWARA – Ketika mengajukan pinjaman, kamu memiliki kewajiban untuk melunasi pinjaman tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sejak awal. Biasanya, setelah seluruh cicilan dibayarkan sampai selesai, kamu akan mendapatkan pernyataan khusus dari pihak pemberi pinjaman bahwa utangmu sudah dilunasi, yang disebut dengan Surat Keterangan Lunas (SKL).

 

Setiap bank dan jasa penyedia pinjaman online memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait SKL. Terkadang, kamu sebagai peminjam harus mengajukan sendiri permintaan surat lunas ke pemberi pinjaman.

 

Tapi, beberapa penyedia jasa pinjaman, khususnya pinjaman online, umumnya menghimpun data secara otomatis dan akan memberikan SKL secara otomatis pula begitu peminjam sudah melunasi seluruh cicilannya.

 

Pentingnya Mendapatkan Surat Keterangan Lunas (SKL) 

 

Surat Keterangan Lunas (SKL) memiliki peran yang sangat penting. Surat ini akan menjadi bukti bahwa kamu telah berhasil menuntaskan tanggung jawab dalam hal pinjaman.

 

Dalam beberapa kasus, SKL bisa kamu gunakan ketika akan mengajukan pinjaman ke lembaga lain sebagai bukti bahwa kamu selalu memenuhi kewajiban. Apabila pinjaman kamu dapatkan dari bank, maka SKL yang dikeluarkan oleh bank juga bisa mempengaruhi skor kreditmu.

 

Skor kredit merupakan penilaian untuk menentukan apakah seorang calon peminjam layak menerima pinjaman sesuai dengan yang diajukan. Semakin baik skor kreditnya, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan pinjaman baru. 

 

Jika kamu memiliki rekening di bank, skor kreditmu akan secara otomatis tercatat di sistem BI Checking. Seluruh pinjaman yang pernah kamu lakukan di bank atau lembaga keuangan lainnya akan tersimpan dan menjadi penentu kesuksesan kamu dalam mengajukan pinjaman di kemudian hari.

 

Tidak seluruh penyedia jasa pinjaman mengharuskan adanya proses BI Checking. Beberapa penyedia pinjaman online memberikan kemudahan dengan menganalisa kemampuan calon peminjam tanpa melalui proses ini.

 

Tapi, adanya SKL tetap bisa membantu kamu untuk membuktikan bahwa kamu adalah peminjam yang bertanggung jawab dan membantu meningkatkan skor kreditmu.

 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengajukan pinjaman kembali di lembaga penyedia pinjaman lainnya. 

 

Surat Keterangan Lunas (SKL) di Tunaiku 

 

Sebagai fintech penyedia pinjaman, Tunaiku pun juga menggunakan Surat Keterangan Lunas (SKL) untuk diberikan kepada customer yang telah melunasi kewajibannya. SKL ini akan dikirimkan secara otomatis setelah kamu melakukan pembayaran terakhir.

 

Di Tunaiku, SKL dikirimkan melalui alamat email. Durasinya sekitar 1-7 hari kerja setelah pembayaran angsuran terakhir diterima oleh Tunaiku atau setelah seluruh cicilan pembayaran pinjaman sudah lunas.

 

Jadi, kalau kamu merasa sudah melunasi seluruh angsuran pinjaman di Tunaiku, kamu bisa menunggu sampai SKL dikirimkan. Apabila SKL masih belum diterima bahkan setelah melewati 7 hari kerja, kamu bisa menghubungi pihak Tunaiku untuk minta dikirimkan ulang.

 

Setelah mengajukan pengiriman ulang SKL, kamu bisa menunggu sekitar 1-14 hari kerja. SKL akan dikirimkan ulang dalam durasi tersebut.

 

Nantinya, di dalam SKL, akan tercantum informasi bahwa nasabah telah melakukan pelunasan dari kewajiban pembayaran pinjamannya. Selain itu, akan ada juga data nama nasabah, nomor KTP, serta alamat nasabah.

 

Kalau kamu memiliki pertanyaan lebih jauh tentang Surat Keterangan Lunas (SKL) Tunaiku, kamu bisa mencari tahu lewat FAQ Tunaiku atau menghubungi call center di 021-4000-5859 dan email ke tanya@amarbank.co.id.