Ada beberapa situasi tertentu yang bisa membuat buku tabungan hilang. Cara mengurus buku tabungan yang hilang harus dipahami agar dapat segera mendapatkan penggantinya.

 

Kenapa buku tabungan penting? Karena, buku tabungan dapat menjadi salah satu bukti bahwa nasabah memiliki rekening tabungan di bank. 

 

Buku tabungan juga berisikan informasi mutasi setoran, penarikan hingga juga saldo di rekening.Lalu, bagaimana cara mengurus buku tabungan yang hilang?

 

Apa yang harus dilakukan bila buku tabungan hilang? 

 

Kejadian buku tabungan hilang kerap terjadi kepada para nasabah perbankan. Solusi yang dapat ditempuh adalah dengan mengikuti beberapa langkah ini.

 

1. Jangan panik

 

Kondisi kehilangan buku tabungan akan membuat pemilik buku tabungan langsung panik. Kepanikan ini dapat mengganggu proses berpikir pemilik buku tabungan sehingga akan membuat kerumitan dalam proses penggantian buku tabungan.

 

Hal pertama yang dilakukan adalah jangan panik dan tetap kalem. Dengan begitu pemilik buku tabungan akan dapat dengan tenang memproses buku tabungan tersebut.

 

2. Menghubungi pihak bank

 

Cara kedua agar proses pembuatan buku tabungan yang baru adalah dengan langsung menelpon pihak call center bank dimana buku tabungan tersebut dibuat. Call center akan membantu untuk memblokir penggunaan buku tabungan yang hilang.

 

Selain itu, kamu bisa memblokir hanya dengan menggunakan aplikasi mobile yang dimiliki pihak bank. Fitur ini sudah terdapat pada beberapa bank sehingga akan lebih cepat dalam memblokir.

 

3. Lapor polisi setempat

 

Setelah proses pemblokiran buku tabungan, pemilik buku tabungan dapat segera melapor ke pihak kepolisian setempat. 

 

Ini berguna juga untuk mendapatkan surat keterangan hilang yang akan digunakan untuk proses pembuatan baru di bank terdekat.

 

4. Datang ke kantor cabang bank terdekat

 

Cara mengurus buku tabungan yang hilang adalah dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat. 

 

Jangan lupa untuk membawa syarat proses pembaruan buku tabungan seperti surat keterangan hilang dari kepolisian, kartu ATM/debit, KTP, SIM.

 

5. Isi form kehilangan

 

Saat datang ke kantor cabang bank terdekat, pemilik bank harus mengisi form kehilangan buku tabungan. Segera, pihak bank akan membantu dalam perihal administrasi dan proses pembuatan yang baru.

 

Tidak menunggu lama kamu akan mendapatkan buku tabungan yang baru sehingga buku tabungan yang hilang otomatis akan terblokir sehingga tidak disalah gunakan.

 

Syarat-syarat untuk mengganti buku tabungan yang hilang

 

Saat terjadi kehilangan buku tabungan, cara mengurus buku tabungan yang hilang dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak bank.

 

Mengetahui syarat ini sangat penting agar ketika kamu datang ke bank untuk mengurus buku tabungan, sudah tersedia dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Agar pihak bank dapat segera mengurusnya.

 

Berikut syarat dalam mengurus buku tabungan yang hilang:

 

  1. Surat kehilangan yang dibuat oleh pihak kepolisian
  2. KTP/SIM atau paspor yang masih berlaku
  3. Kartu ATM/Debit dari rekening yang sama dengan buku tabungan yang hilang

 

Setelah kebutuhan syarat terpenuhi maka pihak bank akan segera memproses laporan kehilangan buku tabungan agar segera diproses dengan yang baru.

 

Jangan lupa bawa dokumen maupun surat-surat yang asli. Ingat, jangan gunakan dokumen yang difotokopi saja.

 

Cara mengurus buku tabungan yang hilang

 

Dalam beberapa kasus, tidak hanya buku tabungan saja yang hilang beserta kartu ATM juga. Jika sedang mengalami kondisi seperti itu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Berikut ini caranya:

 

1. Hubungi call center bank

 

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah langsung menghubungi pihak bank untuk meminta memblokir nomor rekening. 

 

Tujuannya agar dapat mengamankan saldo dan kartu ATM yang hilang tidak disalahgunakan oleh orang lain.

 

2. Pergi ke kantor polisi

 

Sebelum datang ke bank terdekat untuk mengurus kehilangan buku tabungan beserta kartu ATM, pergi dan lapor ke kantor polisi. Pelaporan dapat berisikan lokasi terakhir berada buku tabungan dan kartu ATM.

 

3. Pergi ke bank

 

Setelah mendapatkan surat kehilangan, kamu dapat segera mengurus buku tabungan dan kartu ATM yang hilang ke bank terdekat. 

 

Saat ini, semua bank cabang sudah terintegrasi sehingga dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan bank asal pembukaan rekening.

 

4. Proses penggantian buku tabungan dan kartu ATM

 

Saat berada di Bank, bagian customer service (CS) akan membantu penggantian buku tabungan dan kartu ATM yang baru. 

 

Pihak CS akan memberi pertanyaan seperti identitas, nama ibu kandung, alamat dan lain sebagainya.

 

Usahakan menghafal nomor rekening dan nomor kartu ATM yang dimiliki. Jika tidak, pihak CS akan membantu proses dengan sistemnya agar dapat segera tergantikan yang baru.

 

5. Tunggu proses penggantian hingga selesai

 

Setelah proses penggantian selesai, kamu hanya tinggal menunggu pihak bank untuk memberikan buku tabungan dan kartu ATM yang baru. Biasanya, proses tidak lama dan dapat ditunggu.

 

Paling lama dapat memakan waktu hingga 1×24 jam tapi kembali lagi dengan kondisi pihak bank dalam proses pembuatan buku tabungan dan kartu atm yang baru. 

 

Artikel Terkait: Beralih ke Bank Digital

  1. Alasan Perlu Pakai Bank Digital
  2. Daftar Bank Digital Terpercaya dan Cara Buka
  3. Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Bank Digital

 

Biaya untuk penggantian buku tabungan

 

Dalam proses pembuatan buku tabungan yang baru, terdapat biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik buku tabungan sebesar. Berikut ini perkiraannya:

 

No Bank Biaya
1 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Rp 25.000
2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rp 15.000
3 PT Bank Central Asia Tbk  Rp 5.000
4 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Rp 15.000
5 PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Rp 15.000
6 PT Bank CIMB Niaga Tbk Rp 25.000
7 PT Bank Danamon Indonesia Tbk Rp 15.000
8 PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Rp 10.000
9 PT Bank Bukopin Rp 20.000

 

Tips Menyimpan Buku Tabungan

 

Buku tabungan kerap sering hilang karena kecerobohan sang pemilik. Agar buku tabungan aman ada beberapa tips menyimpan buku tabungan

 

1. Jangan dibawa keluar rumah

 

Terkadang saat menyimpan barang terutama buku tabungan kerap kita simpan di tas kantor atau tas sekolah. Padahal jika dibawa kemana-mana akan membuat risiko kehilangan semakin tinggi.

 

2. Simpan di tempat yang aman

 

Buku tabungan akan selalu aman ketika pemilik menyimpan pada satu tempat rahasia yang tidak mudah semua orang untuk akses tersebut. 

 

Misal menyimpan di lemari yang dimana kunci lemari hanya kamu yang tahu aksesnya. Kamu juga bisa menyimpannya di laci meja belajar, brankas atau tempat-tempat aman dan nyaman lainnya.

 

3. Foto tempat terakhir menaruh buku tabungan

 

Biasakan untuk mengambil foto tempat dimana terakhir menaruh buku tabungan. Sehingga ketika hilang kamu dapat melakukan cek di arsip foto handphone. Teknik ini akan memudahkan dan membantu mencari tempat terakhir buku tabungan berada.

 

Kehilangan buku tabungan dapat terjadi pada siapapun. Tetap waspada untuk kedepannya. Semoga cara mengurus buku tabungan yang hilang dibahas diatas dapat membantumu!