Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap bulannya mendapat gaji pokok dan tunjangan yang menjanjikan. Bagi kamu yang bekerja sebagai PNS, penting untuk memahami cara mengelola gaji PNS. 

 

Gaji setiap PNS umumnya bervariasi, berada pada kisaran mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp6 juta, tergantung dari posisi dan jabatan. 

 

Memang, nominal tersebut relatif standar. Tapi, disamping gaji pokok tersebut, PNS biasa masih mendapatkan tunjangan lainnya yang mendukung kelangsungan hidup. 

 

Bagaimana Cara Mengelola Gaji PNS?

 

Berapa pun besaran gaji pokok yang kamu terima, kamu harus bijak dalam mengelolanya. Supaya gaji dan tunjangan yang didapat bisa memenuhi kebutuhan, cobalah kelola gajimu dengan tips berikut ini: 

 

1. Mengatur gaji dengan rumus 40-30-20-10

 

Cobalah mengelola gaji dengan rumus 40-30-20-10. Rumus ini mengajarkan kamu untuk mengalokasikan 40 persen untuk konsumsi dan 30 persen untuk pembayaran cicilan jika ada.

 

Sementara, 20 persen dari gaji pokok bulanan dipakai untuk investasi, dan 10 persennya untuk beramal. 

 

Formula alokasi penghasilan di atas cukup sederhana, tetapi jika diterapkan dengan disiplin hasilnya akan luar biasa.

 

2. Jangan habiskan tunjangan

 

Tunjangan PNS biasanya jauh lebih besar dari gaji, dengan kisaran antara Rp5 juta sampai dengan ratusan juta per bulannya, disesuaikan dengan jabatan dan lama waktu kerja. 

 

Nah, berapapun besarnya tunjangan yang kamu dapat, jangan selalu langsung menghabiskannya. Sama seperti cara mengelola gaji PNS, kamu bisa pakai rumus 40-30-20-10 untuk mengelola tunjangan. 

 

Perlakukan tunjangan sama seperti gaji bulanan. Jika dikelola dengan baik, tunjangan dan gaji dapat sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bahkan keinginan kalian. 

 

3. Kejar karier yang baik

 

Sebagai PNS, kamu harus fokus membangun karier. Karena, karier yang kamu bangun lambat laun akan memberikan dampak terhadap gaji dan tunjangan yang didapat. 

 

Jangan memiliki etos kerja yang malas-malasan. Berikan pelayanan dengan maksimal sepenuh hati. Nantinya, kamu pun akan merasakan adanya perkembangan dalam kariermu.

 

Karier yang berkembang berbanding lurus dengan peluang untuk mendapatkan gaji serta tunjangan yang lebih baik lagi. 

 

4. Siapkan dana pensiun pribadi

 

Terkadang, PNS cepat merasa aman karena sudah mendapat uang pensiun setiap bulan dari negara. 

 

Padahal, meskipun sudah mendapatkan dana pensiun, PNS tetap harus memiliki dana pensiun pribadi. Ini bisa jadi tambahan dana pensiun supaya kesejahteraan di masa tuamu lebih terjamin.

 

Cara mengelola gaji PNS untuk dana pensiun cukup mudah. Sisihkan 20 persen penghasilan bulanan untuk investasi seperti saham, deposito, reksa dana, dan lain-lain. Setelah itu diamkan saja modal investasimu sampai kamu pensiun nanti. 

 

5. Konsisten berinvestasi

 

Salah satu cara mengelola gaji PNS adalah dengan berinvestasi. Aset investasi adalah satu-satunya aset yang mampu meningkatkan kekayaanmu secara konsisten.

 

Ada banyak instrumen investasi yang dapat dipilih oleh PNS. Mulai dari yang agresif seperti saham dan mata uang kripto, yang tradisional seperti emas, hingga yang rendah risiko seperti reksa dana pasar uang atau deposito.

 

Salah satu kelebihan PNS adalah gaji dan tunjangan yang lebih konstan dan pasti tanggal penerimaannya. Ini akan memudahkan kamu untuk berinvestasi dengan lebih konsisten.

 

 

6. Siapkan dana darurat dan asuransi

 

Dana darurat merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh PNS. Ini adalah cara mengelola gaji PNS yang baik dan benar.

 

Dana darurat untuk PNS sangat penting untuk dipakai di situasi mendesak. Selain itu, tambahkan juga asuransi sesuai kebutuhan. 

 

Dengan memiliki asuransi, kamu punya cadangan saat memerlukan biaya besar untuk pengobatan tak terduga. Jadi, selain dari tunjangan, kamu juga punya sumber dana kesehatan sendiri.

 

7. Hindari overspending

 

Ingatlah untuk tidak belanja secara berlebihan. Buat alokasi pengeluaran dan pemasukan untuk memudahkan kamu dalam menerapkan cara mengelola gaji PNS. 

 

Bukan berarti kamu dilarang untuk berbelanja, tapi usahakan untuk belanja sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai, kamu terlilit utang karena gaya hidup yang tidak sebanding dengan pemasukan. 


Nah, sekian cara mengelola gaji PNS yang telah saya berikan. Sebagai PNS jangan lupa untuk mengatur keuangan sebaik mungkin serta bekerjalah dengan hati yang tulus. 

 

Ketika kita tulus bekerja dengan penuh kesungguhan, pasti berkat dan kesejahteraan akan mengikuti.