Dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk mengetahui cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Karena, tanpa pengaturan yang baik, kamu akan terus merasa kekurangan berapapun gajimu. 

 

Padahal, gaji sebesar apapun, tetap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar jika dikelola dengan baik. 

 

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik sesuai pemasukan? Berikut 10 cara mengatur keuangan jika gaji terbatas: 

 

1. Mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran

 

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mencatat semua transaksi pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Tujuannya untuk menganalisa arus keuangan. 

 

Saat ini banyak aplikasi di smartphone yang menyediakan fitur untuk pencatatan keuangan dengan baik dan benar.

 

Data-data yang tercatat akan memudahkan untuk lebih bijak dalam menggunakan uang sehari-hari.

 

2. Mengetahui mana perbedaan kebutuhan dan mana keinginan 

 

Mungkin terlihat sederhana, tapi banyak orang yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, lho. Ini berisiko membuat arus keuangan berantakan.

 

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk hidup. Sementara keinginan merupakan sesuatu yang diharapkan.

 

Banyak orang yang mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, sehingga pengeluaran jadi besar. Jika kamu dapat membedakannya, maka kamu bisa lebih hemat.

 

3. Mencari penghasilan tambahan

 

Berikutnya, cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil bisa dilakukan dengan mencari penghasilan tambahan. 

 

Di era digital saat ini mencari penghasilan tambahan sangatlah mudah dapat dengan bermodalkan internet. Mulai dari jualan online, edit video, hingga menulis. 

 

Kamu juga dapat menjual jasamu dengan menggunakan situs khusus pencari jasa freelance, seperti Fastwork, Sribulancer hingga website luar negeri seperti Fiverr.

 

4. Kurangi pengeluaran konsumtif

 

Konsumtif sering didefinisikan sebagai kegiatan pemborosan dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatannya. 

 

Pengeluaran konsumtif seperti selalu membeli pakaian yang tidak diperlukan, beli gadget yang tidak dibutuhkan dan lain sebagainya.

 

Kegiatan konsumtif lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Kegiatan ini jika diikuti terus-menerus maka dapat merusak perencanaan keuangan, apalagi dengan gaji yang kecil.

 

5. Menyisihkan uang untuk ditabung di awal-awal

 

Saat gajian, kamu harus langsung menyisihkan uang untuk ditabung. Ini adalah salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang tak boleh dilewatkan.

 

Biasanya, sebagian orang menabung ketika ada uang yang tersisa bukan di awal setelah mendapatkan gajian.

 

Cara menyisihkan uang agar tidak langsung terpakai adalah dengan membuat rekening terpisah. Atau kamu dapat menggunakan uang yang disisihkan untuk produk keuangan seperti deposito.

 

6. Mengumpulkan uang receh

 

Uang receh terkadang merasa tidak diperlukan. Padahal, jika dikumpulkan maka dapat membantumu di akhir bulan untuk berbagai macam kondisi seperti makan di akhir bulan.

 

Walau gaji kecil, kamu dapat terbantu dengan uang receh yang kamu kumpulkan dari hasil berbagai macam pembayaran. 

 

7. Membawa bekal masakan rumah

 

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil lainnya adalah membawa bekal masakan rumah saat hari kerja. Tentu saja, ini akan menghemat pengeluaranmu.

 

Mungkin kamu perlu ke kantor setiap hari. Selama di kantor, tentunya kamu perlu makan untuk beristirahat. Jika terus-menerus membeli makanan dari luar, kamu bisa jadi boros.

 

Membawa bekal dari rumah dapat menghemat hingga Rp25-30 ribu per hari untuk sekali makan siang. Jika ditotal dalam seminggu, maka kamu dapat menghemat hingga Rp500 ribu. Sangat untung, bukan?

 

8. Mengurangi acara nongkrong bersama teman di akhir pekan

 

Ajakan nongkrong bersama teman di akhir pekan tidaklah mudah untuk ditolak. Walaupun bersosialisasi itu perlu, tapi terlalu sering nongkrong juga bisa membuat kantong jadi lebih boros.

 

Sekali nongkrong kamu dapat menghabiskan kurang lebih Rp100 ribu. Bahkan, bisa saja lebih. 

 

Jika setiap minggu kamu nongkrong bersama teman, maka dalam sebulan kamu akan menghabiskan setidaknya hingga Rp400 ribu.

 

9. Hindari penggunaan kredit konsumtif

 

Godaan untuk menggunakan kartu kredit konsumtif memang sangat susah. Apalagi dengan berbagai promo yang ada.

 

Dengan tidak menggunakan kartu kredit untuk berbagai hutang konsumtif, maka akan menghemat pengeluaranmu walau dengan gaji kecil. 

 

Kamu perlu ingat ada bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya dengan penggunaan kartu kredit.

 

10. Cari hiburan gratis bersama keluarga

 

Akhir pekan biasanya dihabiskan dengan acara bersama keluarga seperti pergi ke mall. Padahal sekali pergi ke mall kamu dapat menghabiskan hingga Rp300 ribu sekali pergi.

 

Dengan mencari hiburan gratis dapat menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar lebih berhemat. 

 

Berbagai hiburan gratis seperti menonton acara televisi bersama keluarga, bermain bersama anak, masak bersama keluarga dan lain sebagainya.

 

Berbagai cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil di atas dapat membantumu untuk lebih berhemat. Jangan pernah minder dengan gaji kecil, selama kamu bisa dapat mengelola dengan baik.