Di situasi pandemi seperti sekarang ini, diperlukan kemampuan untuk bisa belanja lebaran hemat. Apalagi, ada banyak godaan yang menanti kita setiap harinya melalui internet.

 

Sejak tahun lalu, pemerintah memang menganjurkan masyarakat untuk tidak pulang ke kampung halaman saat hari raya lebaran. Dengan demikian, lebaran hanya akan dihabiskan di rumah masing-masing. 

 

Dikutip dari pemberitaan Kompas, riset membuktikan bahwa daya beli masyarakat di masa pandemi tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meski belum sepenuhnya pulih. 

 

Di sisi lain, pemerintah juga berencana untuk mempercepat pencairan dana bantuan sosial (bansos) kepada warga miskin. Pemerintah juga mengingatkan pemberi kerja untuk segera membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawannya jelang Idul Fitri 2021. 

 

Nah, meskipun belum bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman dan dibatasi kegiatan fisiknya di luar rumah, masyarakat masih memiliki opsi untuk memenuhi kebutuhan hari raya dengan cara berbelanja secara daring. 

 

Belanja Lebaran Hemat Secara Daring

 

Pemerintah memang melarang masyarakat untuk mudik demi menekan angka peningkatan kasus Covid-19. Namun, berdasarkan pemberitaan CNBC, otoritas juga secara resmi mendukung penuh penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada H-10 dan H-5 hari raya Lebaran tahun 2021.

 

Realisasinya, pemerintah akan menggelontorkan sejumlah uang untuk memberikan subsidi biaya ongkos kirim (ongkir) melalui semua platform digital pada pagelaran tersebut. 

 

Inisiatif ini digaungkan dengan proyeksi bahwa Harbolnas akan mampu meningkatkan konsumsi rumah tangga. Pada akhirnya, sentimen ini juga turut memajukan ekonomi nasional.

 

Sebagai informasi, diskon ongkos kirim merupakan penawaran yang paling diminati masyarakat dalam rangka membelanjakan dana THR saat ini. Tetapi, ada jebakan yang tersirat dari promosi dan subsidi dari transaksi berbasis digital ini. Hal ini bisa memicu masyarakat menjadi boros. 

 

Lantas, apa cara yang harus dilakukan demi bisa memenuhi kebutuhan lebaran dengan cara yang cerdas dan hemat?

 

Artikel Terkait: Cara Bijak Berbelanja

  1. Hemat Uang Belanja, Lakukan 8 Cara Irit Ampuh Ini
  2. 7 Tips Berhemat untuk yang Punya Gaji Pas-Pasan
  3. 5 Tips Hemat Mengatur Uang Bulanan Ala Ibu Rumah Tangga Jepang

 

Cara Cerdas Belanja Lebaran Hemat Daring

 

Selain mempertimbangkan beban ongkos kirim untuk belanja lebaran hemat secara daring, ada banyak cara cerdas belanja lebaran hemat yang bisa kamu terapkan untuk mengantisipasi meningkatnya konsumsi jelang lebaran. Beberapa di antaranya meliputi:

 

1. Membeli dalam jumlah besar di waktu bersamaan

 

Mengingat setiap pembelian barang secara daring membutuhkan kendaraan sebagai alat pengiriman, maka salah satu cara cerdas belanja lebaran hemat adalah dengan membelinya dalam jumlah yang besar dan waktu yang bersamaan. 

 

Meski pemerintah sudah memberikan subsidi ongkos kirim, namun untuk beberapa daerah yang jauh dari pusat kota, bisa jadi subsidi ongkir ini masih belum berdampak signifikan karena biaya pengiriman yang masih cukup mahal. 

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Salah satu cara cerdas untuk mengakali hal ini adalah melakukan pembelian dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang sama pula. Hal ini dikarenakan penjual biasanya memberikan harga khusus jika melakukan pembelian dalam jumlah yang cukup besar. 

 

2. Manfaatkan promo dan diskon

 

Satu lagi cara cerdas agar kamu bisa belanja lebaran dengan hemat adalah dengan memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh marketplace atau e-commerce.

 

Selain memberikan harga khusus selama lebaran, umumnya toko ritel daring akan memberikan berbagai opsi cicilan yang lebih ringan untuk fasilitas kredit dan cashback dengan nilai nominal tertentu. 

 

Umumnya, penawaran menarik ini bisa kamu dapatkan dengan transaksi pembelian dalam jumlah tertentu atau pemesanan dengan metode pembayaran dengan platform tertentu. 

 

Dengan demikian, kamu juga harus teliti membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan berbagai macam bonus menarik tersebut, ya.

 

3. Perhatikan waktu pembelian

Satu hal yang perlu kamu cermati sebelum melakukan transaksi pembelian produk tertentu secara daring adalah dengan memperhatikan waktu pemesanannya.

 

Beberapa marketplace dan e-commerce biasanya menetapkan jam-jam khusus untuk menawarkan produk tertentu dengan harga yang sangat murah. Jika kamu beruntung kamu bisa mendapatkan barang elektronik hanya dengan merogoh kocek puluhan ribu saja, lho.

 

Biasanya, promosi yang dibalut dalam skema waktu ini akan berlangsung selama hitungan jam dan atau hari bertajuk ‘campaign’, guna menarik perhatian calon konsumennya. 

 

Karena periodenya bisa saja berbeda dari satu platform ke platform lain, kamu bisa langsung mengecek marketplace dan e-commerce favorit kamu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai penyelenggaran campaign ini, ya.

 

4. Berbelanja sesuai rencana

 

Salah satu tantangan belanja lebaran hemat yang seringkali dihadapi oleh konsumen yang melakukan pemesanan secara daring adalah membelanjakan hal-hal yang tidak perlu dengan anggapan bahwa barang tersebut akan dibutuhkan pada suatu saat nanti. 

 

Jika kamu tidak membutuhkannya saat ini, maka kemungkinan kamu pun tidak membutuhkannya di masa depan.

 

Untuk menghindari pembelian secara impulsif, disarankan bagi kamu untuk membuat catatan terlebih dahulu. Dengan merencanakan pemesanan barang yang akan dibeli terlebih dahulu, kemungkinan besar kamu akan terhindar dari sifat konsumtif.

 

Ingat ya, belanja lebaran hemat hanya akan terwujud jika kamu benar-benar menerapkan kebiasaan membeli barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.