Tren liburan ala backpacker membuat kita ingin liburan yang serba simpel. Salah satu caranya dengan tidak membawa terlalu banyak uang tunai alias cashless. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai, salah satunya adalah kartu kredit. 

 

Saya sendiri adalah tipikal yang menghindari kartu kredit karena rawan khilaf saat berbelanja. Saya lebih memilih menyisihkan uang untuk liburan dalam satu rekening tertentu dan menggunakan kartu debit supaya pengeluaran jauh lebih terkontrol. 

 

Setelah liburan, biasanya hawa malas dan keinginan untuk menunda pembayaran tagihan masih sangat terasa, sehingga kartu kredit bisa terasa sebagai beban karena bunga yang dikenakan bila telat membayar tagihan.

 

Supaya kamu tetap bisa liburan dengan nyaman dan uang yang terjamin, ada lima tips yang bisa kamu intip di bawah ini. Yuk cek!

 

1. Menabung 

Daripada ngutang untuk liburan, lebih baik menabung! Rencanakan liburanmu jauh-jauh hari beserta uang yang dibutuhkan untuk akomodasi dan jajan selama liburan. Simpan uang di ATM untuk mengantisipasi uangmu terpakai untuk kebutuhan lainnya ya..

 

2. Budgeting

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, menyusun daftar perkiraan pengeluaran adalah hal yang sangat penting. Liburanmu bisa tetap menyenangkan dan hemat karena sudah teratur sejak awal. Kata siapa hemat berarti pelit?

 

3. Potong pengeluaranmu

Ketika liburan, banyak sekali cinderamata yang menarik untuk dibeli atau dijadikan oleh-oleh. Jangan gelap mata! Sebelum kamu membeli, pikirkan apakah kamu benar-benar menginginkannya atau hanya sekedar menyukainya. Kalau ternyata kamu  benar-benar menginginkannya, beli saja. Tapi jangan lupa menawar supaya mendapatkan harga sesuai kantong, ya.

 

4. Bawa uang tunai

Kalau bisa membayar secara tunai, kenapa harus kredit? Walaupun terkesan ribet karena kamu harus bolak-balik ke ATM mengambil uang tunai, tapi lebih baik begini kan daripada membayar bunga tagihan kartu kredit selepas liburan nanti? Solusi lainnya, kamu bisa menggunakan kartu debit yang langsung memotong nominal tabungan yang kamu simpan.

 

5. Bayangkan kamu tidak membawa kartu kredit selama liburan

Dengan membayangkan diri tidak membawa kartu kredit selama liburan, berarti kamu memiliki pengendalian diri yang baik. Mau tidak mau kamu tidak menggunakan kartu kreditmu, dan sebisa mungkin mengontrol pengeluaran agar uang tunai yang kamu miliki cukup untuk digunakan selama liburan. 

 

Dengan kamu membayangkan diri tidak memiliki kartu kredit, kamu bisa secara perlahan melepaskan diri dari kebiasaan menggunakan kartu kredit di saat-saat kamu membutuhkan uang. Diirit-irit ya uang jajan selama liburannya!

 

Jika ternyata kamu masih kesusahan untuk mengontrol penggunaan kartu kredit namun membutuhkan uang dengan cepat dan bunga sekecil-kecilnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Kreditpedia

 

Kreditpedia adalah aplikasi yang menyediakan informasi seputar pinjaman cepat dengan proses kurang dari seminggu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu dapat membandingkan bunga dan layanan dari berbagai financial technology yang terdaftar di OJK. Pinjaman cepat bisa menjadi alternatif bagi kamu yang membutuhkan uang secara cepat dengan bunga yang bersahabat. Buruan cek Kreditpedia yuk!