Apakah kamu seorang pekerja muda yang mencari nafkah di perantauan sehingga membuatmu,mau tak mau, harus tinggal di kos? Jika ya, kamu pasti merasakan suka-duka menjadi anak kos. Menjalani hidup secara mandiri tanpa bantuan dari orang tua lagi. Mencukupi kebutuhan harian dengan uangmu sendiri. Tidak jarang, kamu harus terpaksa makan sehari sekali di akhir bulan karena uangmu sudah dihabiskan untuk bersenang-senang di awal bulan. Duh, jangan sampai deh ya! Maka dari itu, kamu harus tahu cara-cara cerdas yang bisa diterapkan dalam mengelola keuangan untuk anak kos. Yuk simak 4 cara cerdas mengelola keuangan untuk anak kos berikut ini.

 

1. Buat rencana pengeluaran dalam periode tertentu

Sebaiknya kamu membuat sebuah perencanaan anggaran pada periode tertentu. Bisa setiap minggu atau setiap bulan. Tuliskan estimasi pengeluaranmu, mulai dari belanja untuk bahan pokok, bayar sewa kos, transportasi, biaya untuk tugas kuliah, hiburan, pulsa, pakaian, dan lainnya. Jadikan rencana pengeluaranmu itu sebagai pedoman setiap akan mengeluarkan uang. Jangan menggunakan anggaran melebihi estimasi yang tertulis. Terlebih lagi, tahan keinginanmu untuk membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak ada dalam perencanaan awal.

 

2. Menabung

Poin kedua ini cukup penting dan harus kamu lakukan. Dengan menabung, kamu bisa menyisihkan sebagian uang gajimu untuk berbagai keperluan mendesak yang tidak pernah disangka akan muncul. Tentu saja hal ini akan menguntungkan kamu pada saat mendesak kan? Misalnya saja tiba-tiba motormu rusak dan harus diperbaiki. Kamu bahkan bisa menabung uang receh di celengan biasa, lho!

 

3. Menghemat pemakaian pulsa

Sebagai anak kos, kamu harus belajar hidup prihatin dan sesederhana mungkin. Kamu harus bisa menghemat pemakaian pulsa, misalnya saja pulsa untuk telepon. Sebaiknya kurangin telepon-telepon yang tidak terlalu penting agar hemat pulsa. Kamu juga tetap bisa melakukan telepon di beberapa chat messanger kan? Tentu saja melakukan di beberapa aplikasi tersebut akan lebih murah karena hanya akan menyedot paket data internet saja. Akan lebih baik jika kamu mencari kos yang memang menyediakan fasilitas internet gratis.

 

4. Mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting

Kamu harus berani dan tegas menolak ajakan teman untuk jalan-jalan atau nongkrong. Kamu tidak perlu makan di kafe hanya untuk nongkrong. Kamu bisa memasak sendiri bersama teman atau pacarmu. Kemudian tidak perlu menonton di bioskop, kamu bisa menonton film di laptop sendiri. Dengan begini akan lebih hemat kan? Hiburan akan tetap kamu dapatkan.

 

Keempat hal di atas merupakan cara cerdas mengelola keuangan untuk anak kos. Anak kos memang dekat dengan kata ‘hemat’ dan ‘sederhana’. Namun percayalah bahwa pengalaman hidup mandiri menjadi anak kos akan menjadi pelajaran berharga yang sangat berguna di kemudian hari.