Beranda > Finansial > Jangan Sampai Jadi Korban, Yuk, Waspadai Tawaran Investasi Bodong di Internet!

Jangan Sampai Jadi Korban, Yuk, Waspadai Tawaran Investasi Bodong di Internet!

Jangan Sampai Jadi Korban, Yuk, Waspadai Tawaran Investasi Bodong di Internet!watermark

TUNAIKU.COM – Internet hadir dengan segala keajaiban yang mengubah cara hidup kita. Namun, ibarat pedang bermata dua, internet juga mempermudah munculnya berbagai modus kejahatan baru. Salah satunya, investasi bodong.

 

Kamu berinvestasi tentu karena ingin mendapatkan keuntungan, kan? Sayang, alih-alih untung, investasi bodong justru bikin buntung. Hal ini diperparah dengan kemudahan akses internet yang nggak diimbangi dengan kemampuan penggunanya. Terlebih, untuk membedakan mana investasi sungguhan dan penipuan.

 

Salah satu kasus yang cukup ramai adalah kisah Fitri dan Novi. Mereka tertipu oleh investasi perlengkapan bayi yang ditawarkan akun ‘Mirna Cempluk’ lewat Facebook. Akhirnya, kerugian hingga puluhan juta rupiah pun harus ditanggung.

 

Nah, biar kamu nggak ikut jadi korban, ini dia ciri-ciri tawaran investasi bodong di internet yang saya himpun dari berbagai sumber.

 

1. Menawarkan keuntungan di luar kewajaran

 

Investasi yang menawarkan keuntungan tinggi memang menggiurkan. Namun, kalau keuntungan yang ditawarkan itu di luar kewajaran, saya, sih, mendingan mundur teratur daripada uang nggak kembali. Salah satu contohnya adalah investasi yang mengiming-imingi keuntungan hingga 30% per bulan dan tanpa risiko.

 

Harus diketahui, Investasi legal nggak mungkin menjanjikan keuntungan pasti hingga angka segitu. Biasanya, mereka hanya akan menunjukkan perkiraan keuntungan yang bisa didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

 

Artikel terkait: Jenis-jenis Investasi yang Menguntungkan

  1. Ingin Investasi Tas Bermerek dengan Harga Mahal? Pahami Dulu 5 Hal Ini
  2. 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula
  3. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!

 

2. Kamu diminta untuk mencari anggota baru

 

Nah, investasi bodong semacam ini biasanya mencari keuntungan dengan memanfaatkan money game lewat skema ponzi. Kamu akan diiming-imingi bonus jika berhasil mengajak orang lain untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Selain itu, produk yang dihasilkan juga biasanya nggak jelas.

 

Kalau ditawari yang semacam ini, saya memilih untuk menolaknya mentah-mentah. Soalnya, sudah rugi, diajak untuk merugikan orang lain pula.

 

3. Nggak punya izin maupun alamat yang jelas

 

Perusahaan investasi yang legal itu nggak tiba-tiba mbrojol dari ketiadaan. Mereka punya rekam jejak yang jelas, punya perizinan yang lengkap, serta ada alamat sahih yang kamu datangi.

 

Jadi, kalau kamu menemukan perusahaan investasi yang nggak memiliki ketiga hal di atas, jangan buru-buru menyetorkan uangmu di sana. Alih-alih mendapat untung, bisa-bisa uangmu malah hilang nggak berbekas.

 

4. Pengelolaan dana nggak transparan

 

Sebelum menginvestasikan danamu, kamu mesti tahu bagaimana dana yang disetorkan akan dikelola. Kalau perusahaan investasi tersebut memang legal, mereka pasti mampu menjelaskan bagaimana pengelolaan dana investasi secara transparan kepada investor.

 

Sementara, dana yang dihimpun oleh perusahaan investasi bodong biasanya nggak diketahui bagaimana pengelolaannya. Ya, nggak lain karena sebagian atau seluruh dana tersebut dimakan untuk kepentingan pribadi pemiliknya.

 

Artikel terkait: Lebih Aman dan Nyaman Bertransaksi Lewat Internet

  1. Melek Finansial di Era Teknologi, Hati-Hati dengan Modus Penipuan via Ponsel Berikut Ini
  2. Biar Belanja Online-mu Aman dan Nyaman, 5 Tips Bertransaksi Online Ini Layak Jadi Perhatian!
  3. Waspadai Pencurian Data Pribadi Untuk Membobol Kartu Kredit!

 

5. Setoran keuntungan macet di tengah jalan

 

Untuk meyakinkan nasabahnya, pelaku investasi bodong ini kerap memberikan keuntungan sesuai janji. Tujuannya, agar kamu percaya dan bersedia mencari investor lain. Namun, biasanya setoran ini cuma bertahan beberapa kali saja. Setelahnya, perusahaan bakal berkilah bahwa investasinya tengah tersendat dan meminta kamu untuk bersabar. Padahal, mereka sedang siap-siap tancap gas untuk kabur.

 

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri investasi bodong di atas, mudah-mudahan kamu lebih waspada dengan tawaran beragam investasi di internet. Toh, masih banyak, kok, jenis investasi yang lebih aman dan patut dicoba.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 


RISANG PRATAMA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett