Beranda > Finansial > Jangan Minta Uang ke Orang Tua Setelah Lulus Kuliah! Terapkan 5 Cara Ini Biar Bisa Berjuang Meski Belum Mapan

Jangan Minta Uang ke Orang Tua Setelah Lulus Kuliah! Terapkan 5 Cara Ini Biar Bisa Berjuang Meski Belum Mapan

Jangan Minta Uang ke Orang Tua Setelah Lulus Kuliah! Terapkan 5 Cara Ini Biar Bisa Berjuang Meski Belum Mapanwatermark

TUNAIKU.COM – Lulus kuliah nggak melulu membuatmu merasa senang. Ada yang justru khawatir begitu resmi dinyatakan lulus kuliah dan mendapat gelar sarjana. Pasalnya setelah selesai dengan fase kehidupan di bangku kuliah, kamu pun akan lanjut ke fase yang berikutnya.

Yup! Inilah fase di mana kamu harus bertanggung jawab penuh atas dirimu sendiri. Baik dalam hal membuat keputusan-keputusan besar dalam hidup maupun perkara finansial. Di titik ini kamu sepantasnya nggak bergantung pada orang tua lagi. Segala kebutuhan harus bisa kamu cukupi sendiri, beberapa diantaranya dengan cara ini!

 

Mulailah dengan bekerja paruh waktu

Menyenangkan bila setelah lulus kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan impian. Namun apabila kamu masih harus menunggu panggilan kerja, sebaiknya manfaatkan waktu untuk bekerja paruh waktu. Kamu bisa memilih pekerjaan yang disukai, menjaga warnet atau toko persewaan buku misalnya. Setidaknya dengan bekerja paruh waktu, kamu tetap punya penghasilan untuk menopang hidupmu.

 

Merintis bisnis kecil-kecilan

Bagimu yang menyukai dunia bisnis, nggak ada salahnya merintis usaha sendiri. Mumpung punya banyak waktu luang setelah lulus kuliah, kamu bisa menjalankan bisnis yang kamu sukai. Membuka jasa laundry, kafe, atau katering bisa jadi beberapa pilihannya. Nggak harus pakai modal besar, mulailah dari skala kecil terlebih dahulu.

 

Mengikuti program kerja magang

Beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja magang bagi fresh graduate. Bukan sekadar magang tanpa dibayar, namun banyak perusahaan yang justru mau menggaji karyawan magangnya. Meski jumlahnya nggak sebesar kalau kamu berstatus karyawan tetap, gaji dari magang ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri. Sambil menunggu pekerjaan yang kamu impikan datang, kamu nggak perlu minta ke orang tua lagi.

 

Membantu usaha keluarga

Khusus bagimu yang memiliki bisnis keluarga, bisa banget untuk terjun dan ikut membantu. Misalnya jika orang tuamu menjalankan bisnis katering, kamu bisa ikut membantu dengan mengantar pesanan atau mencari klien. Dengan begitu kamu nggak akan membuang waktu dengan percuma. Orang tua pun nggak akan enggan untuk “menggajimu” sehingga kamu nggak semata-mata hanya minta uang saja ke mereka.

 

Ikutan Referral Gamification

Ada juga nih cara seru untuk mendapatkan penghasilan setelah lulus kuliah, yaitu dengan ikutan Referral Gamification dari Tunaiku. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu merekomendasikan Tunaiku ke keluarga, teman dan kenalan yang membutuhkan solusi keuangan. Mirip seperti main game, untuk setiap aplikasi yang disetujui kamu bisa mendapatkan rezeki tunai sebesar Rp 25 ribu – 35 ribu. Kamu juga bisa berpetualang menyelesaikan serangkaian misi. Untuk setiap misi yang terselesaikan, kamu akan naik level dan dapat poin ‘gold’ yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik.

 

Nah, gimana? Sudah dapat gambaran setelah lulus kuliah nanti? Nggak perlu bingung atau khawatir meski belum mendapat pekerjaan tetap. Asalkan mau berusaha, kamu pasti bisa mencukupi kebutuhanmu sendiri.

 

Nah, buat kamu yang tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang Referral Gamification, bisa langsung baca-baca di sini. Kalau sudah tahu soal Gamification dan mau segera ikutan, daftar saja di sini.

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett