SWARA – Saya sering mendengar orang-orang bilang, kalau perempuan yang suka duit itu berarti mata duitan. Sebaliknya, kalau laki-laki yang ambisius nyari duit, orang bersikap biasa saja tuh. Bahkan sering kali mereka dipuji. Dibilang pekerja keras atau calon lelaki mapan. Padahal, untuk hidup dan bertahan di dunia ini, baik laki-laki atau perempuan sama-sama butuh uang.

 

Saya sendiri setuju kalau perempuan itu mandiri secara finansial. Lajang atau menikah. Titik. Tapi, menabung saja nggak cukup. Kenyataannya, biaya hidup terus melambung. Mulai dari harga makanan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Pusing nggak sih mikirinnya? Saya sendiri juga pusing.

 

Kalau membiarkan uang di tabungan, ya nggak bakal jalan. Dan pastinya, nilai uang kamu bakal tergerus inflasi. Lupakan pula soal arisan dengan tetangga, keluarga atau teman kuliah. Cara ini juga nggak bakal bikin uang kamu jalan alias diam di tempat.

 

Nah, buat mengakalinya, perempuan harus pintar cari solusi. Salah satunya adalah dengan berinvestasi. Yep, I said it right. Investasi.

 

Lho, bukannya investasi itu mainannya kaum Adam ya? Siapa bilang? Wong, Menteri Keuangan Indonesia saja Sri Mulyani, kok. Kurang yakin? Bagaimana dengan Madam Christine Lagarde, si managing director International Monetary Fund? Masih kurang? Nih, ada perempuan kece bernama Geraldine Weiss. Beliau adalah salah satu perempuan pertama yang terjun ke dunia finansial dan menjadi salah seorang investor sukses di dunia.

 

Jadi sebenarnya, perempuan dan investasi itu bukan musuh, girls. Bukan pula, kenalan sekedar lewat. Investasi justru bisa membantu kamu untuk merencanakan keuangan di masa depan dan mewujudkan mimpi kamu. Apapun itu yang membutuhkan sokongan dana. Investasi pun sebenarnya nggak serumit yang dipikirkan orang kebanyakan. Yang kamu butuhkan cuma mencari tahu dan tanya sini-situ, termasuk sama ‘mbah’ Google.

 

Artikel Terkait: Investasi apa yang cocok buat kamu?

  1. Investasi Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Baik?
  2. 3 Tips Memilih Reksadana untuk Investor Pemula, Agar Dapat Hasil Maksimal!
  3. Jenis Investasi yang Cocok untuk Kamu Berdasarkan Zodiak

 

Pilihan instrumen investasi

Saat ini ada ada berbagai instrumen investasi yang bisa kamu coba. Sebenarnya nggak ada investasi yang sesuai jenis kelamin sih, he-he. Saya cerita soal berdasarkan pengalaman saya aja. Seandainya saya ingin investasi, saya inginnya yang mudah, praktis dan fleksibel. Nggak neko-neko.

 

Jadi tanpa mengurangi rasa hormat, berikut beberapa investasi buat kamu perempuan yang ingin mencoba.

 

1. Perhiasan dan emas

Emas atau jenis perhiasan berharga lainnya cocok buat perempuan. Selain nggak ribet, alias tinggal beli di toko emas, investasi jenis ini juga bisa kamu gunakan di saat-saat tertentu seperti ke kondangan.

 

Tapi kalau kamu memilih emas batangan, lebih baik kamu menyimpannya di bank. Bank biasanya memiliki layanan untuk ini. Jenis investasi ini bisa untuk jangka pendek dan panjang. Setahu saya sih, emas kebanyakan buat jangka panjang karena tren harganya cenderung meningkat seiring waktu.

 

2. Properti

Membeli properti sangat dianjurkan buat perempuan. Soalnya, jenis investasi ini nggak mengharuskan kamu untuk memelototi grafik pergerakan saham setiap waktu. Ada banyak jenis properti yang bisa kamu jajal. Mulai dari apartemen, kos-kosan, ataupun rumah tinggal.

 

Ini namanya long term investment. Kamu membeli produk dan bisa menyewakannya kembali kepada orang. Jenis investasi ini memberikan untung jangka panjang.

 

3. Asuransi kesehatan

Berinvestasi asuransi kesehatan itu sangat penting. Berbeda dengan lelaki, perempuan bisa terserang penyakit spesifik seperti kanker payudara atau kanker serviks. Belum lagi dengan penyakit saat kamu berusia lanjut.

 

 

Dan kamu pun pasti tahu kalau biaya kesehatan itu mahal banget! Ini bukan bermaksud menakuti. Tapi bukankah lebih baik mengantisipasi sejak dini dari pada kesulitan finansial di masa tua?

 

Oh ya, saat ini juga sudah banyak perusahaan asuransi kesehatan yang digabung dengan investasi saham atau reksa dana. Bisa dua kali mendayung tiga pulau terlampaui tuh.

 

4. Reksa dana

Investasi jenis ini juga tergolong sederhana. Cocok buat perempuan pekerja, ibu rumah tangga, sampai mahasiswi. Nggak perlu ribet. Karena, dana yang kamu miliki akan dikelola oleh agen atau manajer investasi. Mereka juga bakal membantu kamu memilih produk reksa dana sesuai profil dan preferensi kamu. Yang kamu perlu lakukan adalah meneliti profil manajer investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Artikel Terkait: Agar hari tuamu lebih sejahtera

  1. Yuk, Buat Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan dan Tujuan Keuanganmu!
  2. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!
  3. Menabung Tidak Akan Membuat Kaya, Begini Seharusnya!

 

5. Produk fashion

Saat ini, definisi barang fashion bukan cuma sekedar penunjang penampilan. Kamu justru bisa menjadikan produk fashion sebagai investasi. Apalagi kalau kamu hobi mengoleksi barang bermerek seperti baju, tas, atau sepatu. Pada dasarnya, semua barang bermerek bisa dijual kembali karena peminatnya juga banyak di pasaran. Bahkan banyak yang semakin vintage, harganya semakin mahal, lho.

 

Jadi nggak salah dong kalau sekarang saatnya kamu menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk investasi. Perempuan harus mandiri dan merdeka secara finansial. Agar selalu siap hidup dalam situasi apa pun.

 

Selain baik untuk diri kamu sendiri, buat yang sudah menikah pun turut menyokong perekonomian keluarga. Jadi, jangan khawatir kalau dikira mata duitan atau money-oriented. Yang penting hidup di masa depan terjamin dan aman. Ya nggak?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE