Beranda > Finansial > Ini Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Investasi BitCoin

Ini Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Investasi BitCoin

Ini Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Investasi BitCoinwatermark

TUNAIKU.COM – Fenomena bitcoin sempat membuat heboh dunia beberapa waktu lalu. Banyak orang konon mendadak kaya raya gara-gara nilai tukar bitcoin yang terus meningkat. Pada pertengahan tahun 2013, nilai tukar bitcoin mencapai angka 260$, padahal 2 tahun sebelumnya harga 1 bitcoin hanya setara 30 sen. Tidak heran jika akhirnya banyak orang menjadi milyuner dadakan akibat berbisnis bitcoin.

Salah satunya adalah Charlie Shrem, mahasiswa berumur 23 tahun ini membeli ribuan bitcoin di tahun 2013 yang akhirnya membuatnya jadi milyuner. Namun, apakah investasi menggunakan bitcoin ini benar-benar aman? Apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum kamu ingin mencoba berinvestasi?

 

Masalah keamanan penyimpanan harus diperhatikan

Model penyimpanan adalah sebuah dompet virtual yang bisa dipasangi kunci privat. Namun, hal ini tidak bisa memberikan jaminan keamanan karena tempat penyimpanan tersebut berada dalam jaringan internet.

Sewaktu-waktu, bisa saja tempat penyimpanan tersebut diretas oleh penjahat cyber. Salah satu kasus yang sempat menghebohkan adalah pembobolan bitcoin yang pada pusat penyimpanan bitcoin di Amerika Serikat. Kerugian saat itu ditaksir mencapai angka jutaan dolar.

 

Artikel Terkait: Bermacam-macam Bentuk Investasi

  1. 5 Alasan Ini Bikin Nggak Ragu untuk Investasi atau Reksadana
  2. Ini Dia 5 Jenis Investasi yang Tepat Untuk Biaya Pendidikan Anak
  3. 6 Jenis Investasi Dana Pensiun yang Cocok untuk Karyawan Pemula

 

Waspada fluktuasi nilai mata uang

Perlu diketahui bahwa nilai bitcoin sangat mudah terpengaruh isu-isu global, apalagi banyak investor yang kini beralih pada jenis investasi ini. Ketika ada berita positif, nilai jual bitcoin bisa jadi sangat tinggi. Namun ketika ada kabar negatif, tidak jarang investor juga beramai-ramai menjualnya hingga membual harga bitcoin turun drastis. Bahkan naik turunnya harga bitcoin ini kabarnya bisa mencapai 50% lho. Lumayan beresiko untuk investasi, ya?

 

Sangat rawan terjadi penipuan

Pemahaman tentang investasi bitcoin ini memang belum merata di kalangan masyarakat. Bahkan, banyak juga investor yang sekadar ikut-ikutan tanpa tahu betul seluk beluk bisnis ini. Akibatnya, hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa kali terjadi kasus penipuan dengan memanfaatkan ketidaktahuan para investor. Banyak pihak mengaku mampu mengelola bitcoin investor namun ternyata bisnis tersebut abal-abal.

 

Nilainya belum universal

Pemahaman tentang konsep bitcoin yang belum merata tentu berpengaruh pada keterbatasan penggunaan mata uang ini. Pastinya belum semua merchant atau toko mau menerima pembayaran dengan menggunakan bitcoin.

Meski ada beberapa merchant online yang mau menerima, kebanyakan merchant offline pun menolak mata uang virtual ini. Tentu saja hal ini akan menjadi kerugian tersendiri bagi kamu yang ingin berinvestasi dengan bitcoin.

 

Berpotensi membahayakan ekonomi negara

Izin penggunaan bitcoin memang masih menjadi perdebatan. Di beberapa negara penggunaan bitcoin ini dibebani dengan pajak dan biaya transaksi khusus, namun di beberapa negara lain bitcoin juga bebas digunakan.

Hal ini tentu erat kaitannya dengan ketakutan pemerintah apabila terjadi pergeseran penggunaan mata uang. Nantinya jika semua orang beralih untuk menggunakan bitcoin, pendapatan negara dari pajak bisa jadi berkurang.

 

Artikel Terkait: Hati-hati Juga dalam Berinvestasi

  1. Waspada! Jangan Sampai Kamu Terjebak Investasi Bodong!
  2. Ragu Menyimpan Emas di Rumah? Ini Dia 5 Tips agar Investasi Emasmu Tetap Aman!
  3. Dari Tanaman Gelombang Cinta Hingga Batu Akik, Yuk, Kenali Dulu Apa Itu Monkey Business Biar Nggak Terjebak Investasi Bodong!

 

Setelah tahu berbagai risiko yang harus kamu waspadai ketika berinvestasi bitcoin ini, ada baiknya kamu pertimbangkan ulang apakah kamu sudah butuh bentuk investasi yang cukup berisiko ini?

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett