Beranda > Finansial > Ini Dia Cara Mengelola Dana Pensiun Sejak Dini

Ini Dia Cara Mengelola Dana Pensiun Sejak Dini

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ini Dia Cara Mengelola Dana Pensiun Sejak Diniwatermark

TUNAIKU.COM – Sebagai kaum milenial, kita memang dikenal dengan generasi instan yang boros. Namun, jangan mau selamanya dicap demikian. Mengapresiasi lelahnya bekerja dengan belanja dan liburan memang wajar. Namun, semua itu ada batasnya. Sepanjang kamu bisa menabung dan berinvestasi untuk masa pensiun, kamu boleh menikmati masa mudamu.

 

Namanya dana pensiun memang harus dilakukan sejak dini. Dengan menanamkan dana pensiun lebih awal, kamu pun akan lebih ringan dalam jumlah alokasi pembayaran setiap bulan. Jika kamu pandai dalam memilih produk investasi, jumlahnya pun akan meningkat lebih pesat. Jadi, bisa megimbangi inflasi yang terjadi.

 

Lalu apakah ada risikonya? Yap, dana pensiun sama halnya investasi yang memiliki risiko. Jadi, risikonya akan mengikuti risiko dari jenis investasimu. Untuk itu, kamu harus pandai-pandai dalam memilih produk investasi. Sebagai saran, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan produk dana pensiun yang bisa kamu akses dan itu hampir nggak memiliki risiko.

 

Jika kamu sudah memilih produk investasi yang cocok, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengelola dana pensiun. Ini dia cara yang bisa kamu terapkan!

 

Artikel Terkait: Risiko dalam Berinvestasi

  1. Ingin Mulai Berinvestasi? Kenali 7 Jenis Risiko Investasi Ini
  2. Pahami 5 Risiko Ini Sebelum Berinvestasi Unit Link
  3. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!

 

1. Kategorikan sebagai kewajiban

Apa pun produk investasi yang kamu pilih, dana pensiun ini tentu harus kamu bayar rutin setiap bulan. Jangan sampai kamu sampai telat bayar bahkan hingga bayar di bulan berikutnya. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, kamu bisa memasukkan dana pensiun ke dalam kategori kewajiban. Jadi, seakan-akan dana pensiun adalah utang yang wajib dibayarkan.

 

2. Buat reminder atau mengikuti program auto-debet

Jika kamu memilih produk investasi dana pensiun di perusahaan asuransi, kebijakan di dalamnya memang agak ketat. Jadi, jangan sampai kamu telat dan melewatkan waktu pembayaranmu di bulan tertentu, ya. Kamu bisa membuat reminder di smarthphone-mu atau memilih program yang memberlakukan auto-debet. Dengan adanya auto-debet, risikomu terlambat dalam pembayaran pun bisa diminimalkan.

 

3. Pilih sesuai dengan kemampuan bayar

Setiap produk investasi memang berbeda-beda baik itu jumlah uang, keuntungan, dan kebijakan. Namun, pilihlah produk yang menjawab kebutuhanmu di hari tua nanti. Hal yang harus kamu perhatikan juga adalah besaran dana yang disalurkan. Sebelum mantap memilih suatu produk, hitung lagi jumlah kemampuan bayarmu. Jangan sampai dana yang kamu pilih justru memberatkanmu, ya.

 

4. Menambah investasi

Jika dirasa sedang memiliki rejeki lebih dan lagi produktif-produktifnya, kamu bisa menambah produk dana pensiun. Produk investasi tambahan yang bisa kami pilih dan pasti memberikan keuntungan besar di kemudian hari salah satunya adalah properti. Jika ada penawaran, jangan ragu untuk melakukan negosiasi. Mumpung masih muda, energi untuk mencari uang masih banyak, dan yang pasti, saat ini penawaran properti sudah semakin jarang.

 

Artikel Terkait: Berminat Investasi Properti? Baca Ini!

  1. 5 Kesulitan yang Mungkin Kamu Hadapi Ketika Ingin Coba Bisnis Properti
  2. 5 Jenis Properti yang Bisa Kamu Coba Kalau Ingin Berinvestasi
  3. Bagaimana Nasib Bisnis Properti di Tahun 2019?

 

Itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengelola dana pensiun sejak dini. Ingat, jangan tunggu nanti! Dana pensiun akan jauh lebih ringan dan menguntungkan jika dikelola sejak dini.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett