SWARA–Teknologi yang kian lama kian berkembang membuka peluang pekerjaan yang baru bagi masyarakat, yakni menjadi pengusaha atau pemilik suatu bisnis startup. Namun, membangun suatu usaha tentunya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kerja keras dan inovasi yang bisa memastikan bahwa usaha yang akan dibangun dapat bertahan lama. Kalau kamu merasa ragu dan nggak percaya diri, maka tips dari tiga sosok ini mungkin bisa menjadi motivasi untuk kamu yang ingin memulai suatu usaha.

 

Dian Sastro, terinspirasi ketika sedang menginspirasi

Siapa yang tak kenal Dian Sastrowardoyo atau yang juga akrab disapa Dian Sastro? bintang papan atas yang sukses membintangi film Ada Apa dengan Cinta. Tak hanya menjadi aktris kenamaan, ia pun memiliki beberapa bisnis yang terbilang cukup maju.

 

Ternyata, niat Dian Sastro untuk membuka suatu usaha dimulai ketika dia menjadi brand ambassador dari sebuah program mikro bisnis untuk sebuah bank BUMN sekitar tahun 2004 dan 2005. Program tersebut menyediakan pinjaman bagi anak-anak muda yang ingin membangun suatu usaha dan Dian Sastro bertugas untuk memberikan semangat kepada mereka. Pola pikirnya mulai berubah ketika dia melakukan roadshow di 27 kota bertatap muka langsung dengan anak-anak muda yang bersemangat untuk memulai usaha. Tak dinyana, semangat anak-anak muda tersebut menginspirasi Dian Sastro untuk berencana membuka usaha.

 

Achmad Zacky, inspirasi yang datang dari masalah

Hidup itu harus bermanfaat bagi orang lain, nggak cukup hanya dengan biasa saja. Itu yang menjadi pedoman Achmad Zacky, pendiri Bukalapak. Dengan ilmu yang dimilikinya, ia berpikir apa yang bisa diperbuat sehingga bisa menjadi bermanfaat untuk orang lain.

 

Di tengah banyaknya masalah yang harus dihadapi oleh negeri ini, akhirnya ia berhasil mendirikan bisnis e-commerce yang cukup terkenal di Indonesia: Bukalapak. Ia berharap, bisnis yang ia dirikan bisa mendatangkan manfaat bagi orang banyak.

 

Artikel Terkait: Seluk beluk bisnis jasa titip (jastip).

  1. Jasa Titip Beli Sedang Menjadi Tren, Tertarik Mencobanya?
  2. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan
  3. Jastip Alias Jasa Titip Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan!

 

Kevin Aluwi, ingin mengubah pandangan masyarakat

Kevin Aluwi mendirikan Gojek dengan maksud untuk mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap tukang ojek. Dia memahami bahwa tukang ojek sangatlah dibutuhkan dalam mendukung kegiatan masyarakat. Dari situ dia melihat adanya kesempatan dan akhirnya memutuskan untuk membangun usaha Gojek bersama dengan rekannya, Nadiem Makarim. Kevin Aluwi juga mengaku bahwa pengalamannya sebagai entrepreneur memberikan banyak perubahan dalam hidupnya. Dia merasa bahwa batas antara tujuan perusahaan dengan kehidupan pribadinya semakin menipis ketika usahanya sukses.

 

Terlepas dari kisah mereka bertiga, kita bisa melihat bahwa mereka semua memulai usaha dengan melihat kesempatan yang ada. Karena itulah, kalau kamu ingin membangun suatu usaha maka kamu harus pintar-pintar melihat kesempatan yang ada. Jangan bersikap impulsif dan asal membangun usaha, karena tindakan yang seperti ini dapat berakibat buruk dan memberikan kerugian bagi kamu.

 

Artikel Terkait: Menjadi ibu rumah tangga sekaligus pebisnis.

  1. 7 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga, Dapatkan Modalnya di Tunaiku
  2. Dear Ibu Rumah Tangga, Ini 7 Peluang Bisnis Potensial di Tahun 2018!
  3. Bagi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Mulai Bisnis Online Shop, Pahami 5 Hal Ini Dulu Ya!

 

Kamu juga perlu mengerti bahwa untuk mencapai tahap yang sudah mereka raih saat ini memerlukan waktu dan usaha. Kamu pasti akan menghadapi berbagai permasalahan dan kegagalan. Jangan menyerah dan carilah akar dari permasalahan itu agar bisa menjadi solusi dan jawaban. Kalau kamu ingin memulai suatu usaha, maka kamu juga harus siap untuk jatuh dan bangkit.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


ARUNDHATI LEIKAARUNDHATI LEIKA