SWARA – Saat kamu ingin memulai suatu usaha, tentunya kamu memerlukan modal usaha yang tidak sedikit. Banyak orang yang kebingungan mencari modal untuk memulai bisnis baru. Padahal, sebagai pelaku UMKM, kamu bisa memanfaatkan bantuan dari penyedia pinjaman online.

 

Ada banyak sekali penyedia pinjaman online yang memberikan pinjaman untuk modal UMKM. Kamu hanya perlu mencari pinjaman online yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat ini.

 

Pinjaman Online vs Pinjaman Bank

 

Baik pinjaman online maupun pinjaman dari pihak bank sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi, ketika akan memulai usaha, pinjaman online mungkin bisa memberikan bantuan yang lebih efektif.

 

Mengajukan pinjaman ke penyedia pinjaman online cenderung lebih mudah dan praktis. Biasanya, pengajuan bisa dilakukan melalui aplikasi tanpa harus mengunjungi kantor penyedia pinjaman secara langsung. Hal ini tentu berbeda dengan pinjaman bank yang cenderung lebih konvensional.

 

Selain itu, umumnya pihak bank juga menetapkan syarat yang terlalu banyak bagi calon peminjam.

 

Banyaknya syarat bisa menyulitkan kamu untuk mendapatkan dana pinjaman modal usaha. Belum lagi kalau kamu memiliki riwayat kredit yang tidak terlalu baik. Ini akan sangat mempengaruhi keputusan bank dalam menyetujui pengajuan pinjamanmu.

 

Beberapa penyedia pinjaman online di Indonesia memberikan layanan pinjaman tanpa BI checking. Jadi, meskipun riwayat kreditmu tidak terlalu baik, pengajuanmu masih tetap memiliki peluang untuk diterima. 

 

Memilih Pinjaman Online untuk Modal UMKM 

 

Sebagian besar pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM, mendapatkan modal awal mereka dari pinjaman. Ketika kamu berencana untuk mengajukan pinjaman online, cobalah pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

 

  • Kemudahan pengajuan

 

Salah satu keunggulan pinjaman online dibandingkan dengan pinjaman bank adalah kemudahan dalam pengajuan. Akan tetapi, tidak semua penyedia pinjaman online bisa menepati janji mereka untuk memberikan cara pengajuan yang mudah.

 

Kamu tentu ingin bisa mendapatkan pinjaman modal bisnis tanpa proses yang sulit. Salah satu pinjaman online yang terpercaya dalam memberikan pinjaman dengan mudah adalah Tunaiku.

 

Di Tunaiku, pengajuan pinjamanmu akan diproses dengan waktu yang cepat. Setelah pengajuanmu disetujui, proses pencairan dana pun tidak akan memakan waktu lama.

 

Jadi, kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk mencari pinjaman modal usaha tanpa syarat yang menyulitkan. 

 

  • Kredibilitas

 

Tentunya, kredibilitas dari penyedia pinjaman online tidak boleh kamu abaikan. Karena berbasis online, banyak orang yang mengaku sebagai penyedia pinjaman online, tapi malah melakukan modus penipuan.

 

Oleh karena itu, cari tahu kredibilitas dari penyedia pinjaman yang kamu pilih. Penyedia pinjaman online yang terpercaya pasti sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Informasi mengenai daftar penyelenggara Fintech yang sudah terdaftar oleh OJK bisa kamu lihat langsung di situs resmi OJK

 

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan ulasan dari nasabah lain untuk mengetahui kredibilitas suatu pinjaman online. Ulasan bisa kamu lihat dengan mengunjungi halaman aplikasi pinjaman di Play Store atau App Store. 

 

  • Besar pinjaman

 

Hal yang satu ini juga tidak boleh luput dari bahan pertimbanganmu. Kamu tentu sudah memiliki nominal modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha. Carilah penyedia pinjaman online yang bisa memberikan dana pinjaman sesuai kebutuhanmu.

 

Setiap penyedia pinjaman biasanya menetapkan besaran maksimal untuk pengajuan pinjaman. Kemudian, ketika memberikan dana pinjaman, pihak peminjam juga akan mempertimbangkan data dirimu. 

 

  • Bunga cicilan

 

Besarnya bunga cicilan akan menentukan berapa banyak jumlah yang harus kamu bayar pada akhirnya. Kalau kamu tidak mempertimbangkan hal ini, bisa-bisa kamu merasa terlalu berat untuk melunasi cicilan pinjaman nantinya.

 

Beberapa penyedia pinjaman online mungkin menetapkan bunga cicilan yang lebih besar bila dibandingkan dengan bank. Akan tetapi, Tunaiku memberikan suku bunga pinjaman yang ringan, yaitu hanya 3-4 persen per bulan.

 

Bunga cicilan yang ringan memungkinkan kamu untuk melakukan cicilan pinjaman tanpa merasa terbebani. Oleh karena itulah, besaran suku bunga juga patut menjadi pertimbanganmu dalam memilih pinjaman online.

 

Apabila kamu mempertimbangkan hal-hal di atas, kamu pasti bisa mencari menentukan pinjaman online yang paling tepat untuk UMKM yang kamu jalankan. Carilah penyedia pinjaman yang bisa memenuhi kebutuhanmu dengan mudah dan ringan.