Edukasi & Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Tahukah kamu bahwa branding sangat penting untuk bisnis UMKM? Dengan melakukan branding, bisnismu punya peluang untuk bisa berkembang dan bertahan lebih lama. 

 

Adanya brand akan membuat konsumen lebih mengenal bisnismu. Dengan begitu, bisnismu tidak akan mudah terlupakan. 

 

Tunaiku dari Amar Bank bisa bantu kamu dapatkan modal untuk maksimalkan branding usaha. Cari tahu di sini.

 

Pentingnya Branding untuk UMKM

 

Ada beberapa alasan mengapa branding sangat penting untuk UMKM. Berikut ini alasan-alasan tersebut: 

 

1. Lebih dikenal

 

Brand bisa diibaratkan sebagai identitas atau kepribadian dari bisnismu. Perannya serupa dengan identitas manusia. Identitas itulah yang membentuk karakter bisnismu. 

 

Saat bisnismu memiliki brand atau identitas, maka para konsumen akan lebih mudah untuk mengenali bisnismu. Bahkan, konsumen bisa saja merasa akrab dengan produk-produkmu. 

 

2. Originalitas

 

Bisnis yang original adalah bisnis yang asli, unik, dan tampak berbeda dengan bisnis lainnya. Kamu tentu menyadari bahwa ada banyak UMKM lain yang bisa menjadi kompetitormu. 

 

Kalau tidak melakukan branding, maka kamu bisa saja kalah dari bisnis-bisnis lain itu. Karena bisnismu tidak akan terlihat lebih original dibandingkan dengan bisnis lain. 

 

Supaya branding bisnismu semakin maksimal, coba dapatkan modal tambahan pakai Tunaiku dari Amar Bank. Cari tahu di sini!

 

3. Membangun kepercayaan

 

Bisnis yang tidak memiliki brand biasanya lebih sulit untuk mendapat kepercayaan konsumen. Contohnya seperti bisnis-bisnis online di media sosial yang tidak memiliki logo. 

 

Logo adalah salah satu bentuk dari branding. Saat bisnis yang kamu jalani sudah menjalankan branding dengan baik, bisnis kamu pun bisa lebih dipercaya. 

 

Cara Melakukan Branding untuk UMKM

 

Nah, kamu sudah mengetahui betapa pentingnya melakukan branding untuk UMKM. Lalu, bagaimana caranya untuk mulai melakukan branding?

 

1. Latar belakang bisnis

 

Pertama-tama, perhatikan latar belakang bisnismu. Coba ingat kembali, apa tujuan dari bisnis dan produk yang kamu jual? 

 

Memikirkan latar belakang bisnis akan membantu kamu untuk lebih mengenali bisnismu sendiri. Setelah itu, latar belakang ini juga bisa kamu masukkan ke dalam branding

 

Adanya latar belakang akan membuat bisnismu jadi punya rasa emosional, sehingga lebih melekat di benak konsumen. 

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

2. Menjual produk yang unik

 

Sebagai pelaku UMKM, kamu harus mempertimbangkan hal apa saja yang membuat bisnismu berbeda dari UMKM lainnya. 

 

Hal ini akan menjadi suatu keunikan sekaligus menjadi nilai jual lebih. Bisnis yang unik tentu akan lebih mudah dikenali oleh para pembeli, karena tampak lebih menonjol. 

 

3. Menjangkau pembeli lewat promosi

 

Setelah menentukan latar belakang dan keunikan bisnis, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi bagi UMKM berkaitan erat dengan branding.

 

Promosi dilakukan supaya logo, maskot, dan slogan yang kamu buat untuk brand bisnismu bisa diterima oleh masyarakat. 

 

Promosi bisa membuka kesempatan pagi calon pembeli untuk lebih mengenal bisnismu. Tanpa promosi, calon pembelimu tidak akan pernah mengetahui adanya keberadaan bisnismu.

 

Lakukanlah langkah-langkah di atas kalau kamu mau bisnis UMKM yang kamu jalani lebih berkembang dan bertahan lama. Ingat, jangan abaikan pentingnya membangun branding yang kuat untuk UMKM, ya.

 

Branding yang maksimal tentu memerlukan dana. Kamu bisa pakai Tunaiku dari Amar Bank untuk dapat modal bisnis tambahan sampai dengan Rp20 juta. Cek DI SINI.