SWARA – Bagi pecinta serial drama Korea, kamu pasti tahu dengan drama berjudul Start Up yang sedang tayang sejak Oktober lalu. Drama ini menceritakan tentang perjuangan generasi muda dalam membangun start up sekaligus memberikan pelajaran membangun bisnis yang inspiratif.

 

Selayaknya drama Korea pada umumnya, Start Up banyak memuat kisah drama dari kehidupan pribadi para tokohnya. Namun, di luar drama kehidupan pribadi tersebut, kamu bisa mengambil beberapa pelajaran positif dalam usaha mereka merintis sebuah perusahaan teknologi. 

 

7 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Drama Korea Start Up

 

Dilansir dari IDN Times, berikut ini beberapa pelajaran berharga yang bisa kamu ambil sebagai panduan saat akan membangun bisnis dari drama Korea Start Up

 

  • Pentingnya peran mentor

 

Sehebat apa pun kamu dalam berbisnis, kamu tetap memerlukan mentor bisa membimbing dalam membangun bisnis. Seorang mentor bisa memberikan kamu pandangan baru dan ide-ide terkait keputusan bisnis yang akan kamu ambil.

 

Biasanya, mentor adalah orang yang telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak darimu. Jadi, mentor bisa membagikan pengetahuannya kepadamu, sehingga panduan dari mentor bisa kamu jadikan bahan pertimbangan ketika akan membangun bisnis.

 

  • Survei lapangan

 

Sekadar memiliki ide dan keinginan untuk menciptakan suatu bisnis tidaklah cukup. Kamu harus memahami seperti apa situasi pasar, supaya produk dari bisnismu bisa memenuhi permintaan masyarakat luas.

 

Di sinilah survei lapangan menjadi sangat penting. Survei bisa memberikan gambaran seperti apa keadaan yang sebenarnya di masyarakat dan apa yang perlu kamu lakukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. 

 

  • Perlu ada business plan yang jelas

 

Ketika merintis suatu bisnis, kamu tentu memerlukan dana sebagai modal. Modal tersebut jumlahnya tidak sedikit, karena itulah banyak pebisnis yang mencari dana dengan bantuan investor.

 

Untuk bisa menarik perhatian investor, kamu perlu menyediakan business plan yang jelas. Tanpa business plan yang jelas, investor tentu tidak mau mengambil resiko dengan menginvestasikan dananya untuk bisnismu.

 

  • Mengenal tren

 

Di era digital seperti sekarang ini, tren di tengah masyarakat cepat sekali berubah-ubah. Sebagai seorang pemimpin dalam suatu bisnis, kamu harus bisa memahami tren tersebut.

 

Dengan mengenal tren, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang hal-hal yang diminati oleh calon konsumenmu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk menarik perhatian mereka terhadap produk-produkmu. 

 

  • Bisnis tidak melulu soal uang

 

Saat membangun bisnis, tentunya kamu memiliki harapan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Kamu pun memerlukan modal yang besar untuk bisa memulainya. Sekilas, hal-hal ini membuat bisnis terkesan sebagai suatu sarana mencari uang. 

 

Akan tetapi, sebenarnya uang bukanlah segalanya ketika berbisnis. Ada hal-hal yang tidak bisa dibayar dengan uang, seperti relasi atau networking, kepercayaan, dan hubungan yang solid dengan tim. 

 

  • Pintar memilih rekan kerja

 

Rekan kerja yang tepat akan menentukan hasil akhir yang bisa kamu capai dalam rencana untuk membangun bisnis. Melalui drama korea Start Up, kita bisa belajar bahwa memilih rekan kerja tidak bisa sekedar didasari oleh rasa kenal, tetapi memang rekan kerja yang kamu butuhkan dan berkualitas.

 

Kamu tidak akan bisa berjuang sendirian untuk membangun bisnis yang sukses. Kamu memerlukan bantuan dari rekan kerja. Pertimbangkanlah dengan matang siapa yang pantas menjadi rekan kerjamu sebelum memulai. 

 

  • Pentingnya punya pengalaman kerja

 

Kalau kamu belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu tidak akan bisa membangun bisnis dengan baik. Pengalaman kerja bisa mengajarkan banyak hal, termasuk perjuangan yang diperlukan ketika kamu berada pada posisi paling bawah di sebuah perusahaan.

 

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, kamu bisa tahu bagaimana cara yang baik untuk memperlakukan karyawan. Dengan begitu, karyawan dan anggota tim akan memandangmu sebagai pemimpin yang baik. 

 

Skill Penting untuk Membangun Bisnis

 

Tidak hanya mengajarkan tentang pelajaran dalam membangun bisnis, drama korea Start Up juga mengajarkan kita tentang keterampilan penting yang diperlukan untuk membangun bisnis, seperti: 

 

  • Kepemimpinan 

 

Skill kepemimpinan atau leadership merupakan skill yang sangat penting ketika kamu akan memulai bisnis. Kemampuan memimpin yang baik akan menjadi fondasi dalam bisnismu.

 

Pemimpin yang baik harus bisa berempati dengan karyawan dan anggota timnya. Tunjukkan kepedulian dan jangan bersikap superior dengan tidak bersedia menerima kritik. Kamu juga harus bisa memecahkan masalah ketika bisnismu berhadapan dengan situasi mendesak. 

 

  • Networking

 

Agar bisnismu bisa dikenali oleh banyak orang, kamu harus bisa membangun relasi atau networking. Melalui networking, kamu tidak hanya akan bisa mempromosikan bisnismu, tetapi juga membangun kerja sama dengan orang-orang hebat lainnya dalam industri yang sejalan denganmu. Bahkan, networking juga bisa membantumu mendapatkan modal dari investor bila kamu berhasil menjalin kerja sama yang baik. 

 

  • Problem solving

 

Problem solving atau pemecahan masalah menjadi skill yang juga diperlukan untuk bisa membangun bisnis. Dalam berbisnis, kamu akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam masalah. Karena itu, kamu harus mampu memikirkan cara untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. 

 

Itulah beberapa pelajaran mengenai skill dan cara membangun bisnis yang bisa kamu dapatkan dari drama korea Start Up. Dari pelajaran-pelajaran ini, semoga kamu semakin terinspirasi untuk mendirikan bisnis dengan cara yang tepat, ya!