SWARA – Kebutuhan yang semakin lama semakin banyak jelas membuat beban tersendiri di anggaran keuangan, kan? Itulah yang saya rasakan beberapa waktu lalu. Padahal, saya dan istri sudah bekerja full untuk memenuhi semuanya. Sayangnya, masih belum cukup juga. Tercetuslah ide usaha sampingan yang ternyata sangat menguntungkan dari istri saya. Mau tahu apa saja? MoneySmart telah merangkumnya dalam daftar berikut. Simak, yuk!

 

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

1. Jasa jahit nonobras

Setelah search sana-sini soal usaha sampingan yang lumayan menguntungkan, akhirnya kami rekomendasi untuk membuat jasa jahit nonobras. Usaha ini cukup menguntungkan karena modalnya sedikit, tapi peluang usahanya banyak. Hanya saja, saya tak mengambilnya karena di antara saya dan istri, tak ada yang memiliki kemampuan menjahit.’

 

2. Katering

Usaha lainnya yang bisa kamu lakukan adalah catering. Usaha ini juga cukup menjanjikan terlebih modalnya juga cukup terjangkau. Dengan bujet Rp2 juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini.

 

3. Jual jajanan pasar

Usaha jual jajanan pasar ini juga cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga, terlebih bila ia memiliki kemampuan memasak yang oke. Ada banyak jajanan pasar yang bisa dijual seperti pastel, risol, dan lainnya.

 

4. Warung sarapan

Warung sarapan juga bisa jadi salah satu alternatif bisnis sampingan yang menguntungkan. Ada banyak yang bisa dijual juga di sini seperti nasi uduk, nasi ulang, nasi kuning, dan lainnya. Modalnya pun juga tak terlalu banyak.

 

5. Toko kelontong

Jualan snack, roti, rokok dan lainnya sebenarnya juga cukup menjanjikan. Modalnya bisa mulai Rp3 juta. Namun, karena kami sama-sama bekerja di luar rumah, sayangnya yang satu ini juga tak bisa direalisasikan.

 

6. Waralaba makanan dan minuman

Bagi kamu yang ingin menggaet pasar dengan makanan dan minuman yang sudah punya nama, kamu bisa memilih jual waralaba saja. Modal awalnya juga tak terlalu besar, kok, untuk memulai usaha ini. Rp2 juta saja sudah cukup.

 

7. Jualan sayur

Jualan sayur pun ternyata cukup menguntungkan. Terlebih, bila kamu buka dari pagi. Sayur dan lauk-pauk ini adalah kebutuhan harian dan tentunya pangsa pasarnya jauh lebih luas dibanding yang lain.

 

Usaha sampingan karyawan

1. Pembuatan konten

Pekerjaan freelance ini adalah salah satu yang kami ambil untuk mendapat masukan tambahan. Sebab, ini bisa dikerjakan di waktu-waktu luang dan modalnya juga hanya komputer saja. Pendapatannya? Cukup menjanjikan, kok!

 

2. Jasa penerjemah

Sedangkan bagi kamu yang pandai berbahasa, menyediakan jasa penerjemah juga salah satu usaha yang menguntungkan. Kamu juga tak perlu modal kecuali komputer dan kemampuan bahasa untuk memulainya. Tinggal cari saja situs freelancer untuk penerjemah kalau mau memulainya.

 

3. Jasa desain grafis dan multimedia

Usaha ini sebenarnya tak jauh beda dari jasa pembuatan konten. Bedanya, kamu harus mengedit foto dan menggunakan software editing. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari jalan ini juga cukup besar, lho!

 

4. Jasa pembayaran oOnline

Bagi kamu yang memiliki modal cukup besar, cobalah untuk buka jasa pembayaran online seperti PPOB. Kamu bisa menargetkan rekan-rekan kerja sebagai target pasar untuk melakukan berbagai pembayaran daring.

 

5. Kursus daring

Jago marketing, sales, digital marketing dan beberapa hal lainnya? Kenapa tak manfaatkan saja kemampuanmu itu untuk membuka kursus daring yang bersifat webinar di sela luang kantor? Kamu bisa berbagi ilmu, tapi juga bisa mendapat pemasukan tambahan, lho!

 

Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

1. Influencer

Mahasiswa jelas tak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Nah, bagi kamu yang punya follower banyak, manfaatkan saja sebagai lahan pemasukan. Salah satunya adalah dengan menjadi selebgram atau influencer. Kamu bisa dapat penghasilan yang lumayan dengan menjadi endorsement berbagai produk, lho!

 

2. Instruktur olahraga

Hobi olahraga dan memiliki badan yang atletis? Ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Modalnya cukup pakaian olahraga dan skill yang baik. Tentunya, kamu juga harus mencari komunitas olahraga, ya!

 

3. Jasa titip

Sedangkan kalau kamu adalah karyawan yang sering bepergian ke sana-sini, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa titip. Tak meski harus ke luar negeri, ke tempat-tempat lain seperti outlet ritel pun tak masalah, kok!

 

4. Reseller pakaian

Berjualan daring juga bisa kamu lakukan. Kamu bisa jadi reseller pakaian dan tak harus mengeluarkan modal untuk membelinya lebih dulu. Segala jenis pakaian bisa kamu jual. Mau itu pakaian orang dewasa atau anak-anak.

 

5. Sewa kamar

Punya kamar nganggur di rumah? Nah, mintalah izin pada orang tuamu untuk menyewakannya. Kamu bisa memanfaatkan situs booking kamar atau sewaan untuk membantu. Tentunya ini juga akan menguntungkan.

 

6. Agency SPG

Bila kamu punya banyak rekan cantik, cobalah untuk buka agensi SPG. Jasa ini cukup populer dan banyak yang mencarinya terlebih bila ada event atau pameran. Kalau bisa, sekalian buat satu paket dengan jasa MC dan kru event.

 

Nah, itulah beragam usaha sampingan yang bisa dilakukan baik oleh ibu rumah tangga, karyawan ataupun mahasiswa. Meski terlihat remeh, sebenarnya keuntungan yang bisa didapat lumayan, lho! Bila kamu kurang modal untuk membuka usaha itu, pinjam saja di Tunaiku dan dapatkan pinjaman hingga Rp20 juta.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

 

 

 

 

Mobile Site CTA