Terdapat begitu banyak ide usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu tekuni. Meski berupa bisnis kecil di rumah, tapi keuntungan yang bisa kamu dapat cukup besar, lho

 

Melakukan bisnis sendiri di rumah memungkinkan kamu untuk bekerja dengan lebih fleksibel. Tidak heran, banyak orang yang akhirnya melepaskan pekerjaan kantoran untuk menekuni usaha rumahan.

 

Nah, berikut adalah rekomendasi ide usaha rumahan modal kecil cuan besar yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu.

 

1. Bisnis yang lagi booming saat ini, katering sehat

10 usaha rumahan modal kecil

 

 

Banyak masyarakat di kota-kota besar yang sudah menyadari pentingnya memiliki pola hidup sehat. Ini membuat peluang bisnis katering sehat juga semakin menjanjikan.

 

Sebagai contoh, kamu membutuhkan modal sekitar Rp4 juta untuk modal awal membuat 100 pax membuat katering sehat pada hari pertama. Modal tersebut dipakai dengan ringian berikut:

 

  • Rp3.500.000 untuk membeli bahan baku seperti nasi merah atau nasi shirataki, ikan dori, dada ayam, sayuran organik
  • Rp500.000 untuk membeli kotak dan alat makan sekali pakai, dilengkapi dengan tas belanja

 

Kamu bisa mematok harga penjualan 1 pax katering sehat seharga Rp50 ribu sampai dengan Rp60 ribu. 

 

Dengan demikian, laba kotor yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai Rp1 juta sampai Rp2 juta setiap harinya.

 

2.  Dropshipper, usaha rumahan modal kecil untung besar

 

Di era internet seperti sekarang, model bisnis dropship lebih banyak digemari dibandingkan menjadi reseller. Dropshipper umumnya akan meminta supplier untuk mengirimkan barang kepada pembeli atas nama dropshipper itu sendiri. 

 

Jadi, dropshipper seolah-olah adalah penjual produk. Padahal, dropshipper hanya bertugas untuk mempromosikan barang.

 

Model bisnis seperti ini biasa ditemukan untuk penjualan produk kosmetik dan skincare. Keuntungan yang kamu dapatkan umumnya berasal dari selisih penjualan barang.

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

Misalnya, jika produk skincare yang dijual supplier seharga Rp320 ribu dan seorang konsumen mau membeli produk yang sama seharga Rp400 ribu, kamu mendapatkan keuntungan sebesar Rp80 ribu dari transaksi tersebut.

 

3. Reseller, usaha rumahan yang lagi tren

 

Berbeda dengan dropshipper, reseller adalah orang yang menjual kembali produk supplier kepada konsumen. Jadi, kamu memang membutuhkan modal untuk menyetok barang.

 

Produk barang elektronik dan aksesorisnya menjadi produk yang paling banyak dijadikan peluang usaha untuk para reseller. Dengan modal yang masih terbatas, kamu bisa mulai mencoba menjual kembali aksesoris barang elektronik. 

 

Kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp4 juta sebagai modal pertama menjadi reseller. Keuntungan didapat dari selisih harga jual kepada konsumen dan harga pembelian kamu dari supplier.

 

4. Usaha rumahan modal kecil dengan budidaya ikan hias

 

10 usaha rumahan modal kecil

 

Tahu kan kalau ikan cupang sedang digemari selama setahun terakhir? Nah, kamu bisa mencoba peluang usaha dengan membudidayakan ikan hias. 

 

Beberapa ikan hias dibanderol dengan harga yang cukup beragam mulai dari Rp2 ribu saja hingga puluhan juta rupiah, lho.

 

Jika kamu juga memiliki hobi memelihara ikan hias, kamu bisa mencoba peluang usaha jenis ini. Modal yang kamu butuhkan untuk membeli ikan hias sekitar Rp1 juta.

 

Nah, rata-rata jenis ikan tersebut dijual dengan kisaran harga kurang dari Rp50 ribu. Kamu bisa menjual kembali dengan kisaran Rp50 ribu hingga Rp70 ribu per ekornya setelah dibudidayakan.

 

5. Laundry pakaian usaha rumahan dengan bantuan teknologi

 

Jika kamu memiliki mesin cuci di rumah, bagaimana jika memanfaatkannya untuk membuka usaha rumahan modal kecil seperti laundry pakaian saja? 

 

Dengan bantuan teknologi, pakaian bisa dicuci dan bahkan dikeringkan hanya dalam hitungan jam saja, lho. Untuk membantu merapikan pakaian, kamu bisa menggunakan setrika uap atau steamer yang sudah menyesuaikan dengan tipe pakaian.

 

Artikel Terkait: 7 Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Rumah

 

Jika kamu sama sekali belum memiliki alatnya, modal untuk menjalankan usaha laundry memang cukup mahal. Kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5-7 juta untuk membeli mesin cuci dan setrika. 

 

Belum lagi kamu juga harus memperhitungkan biaya air dan listrik yang digunakan. Namun, kamu bisa mematok harga sekitar Rp10-20 ribu per kilogram untuk hasil laundry.

 

6.  Usaha rumahan modal kecil dengan berjualan kado dan souvenir

 

Budaya memberikan hadiah membuat peluang berjualan kado dan souvenir secara daring pun ikut menjamur. Kamu bisa memulai usaha ini dengan menyediakan kado untuk berbagai acara.

 

Kamu bisa menyediakan buket bunga, cokelat, bingkai foto, hingga bantal bergambar unik. Modal yang dibutuhkan untuk usaha rumahan ini akan sangat tergantung dengan jenis kado dan souvenir apa yang kamu jajakan. 

 

Modal untuk paket cokelat mungkin hanya menghabiskan uang sebesar Rp100 ribu. Namun buket bunga asli bisa jadi menghabiskan modal hingga Rp800 ribu.

 

7.   Berjualan pakaian dan aksesoris bekas secara daring

10 usaha rumahan modal kecil

 

Usaha rumahan modal kecil berikutnya adalah berjualan pakaian dan aksesoris bekas atau biasa disebut sebagai barang preloved. Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu mengetahui supplier yang menjual pakaian bekas masih bagus untuk dipakai.

 

Modal yang diperlukan untuk membeli pakaian bekas memang cukup besar berkisar Rp3 hingga Rp6 juta untuk ukuran satu keranjang besar tanpa disortir. 

 

Jika kamu memiliki selera fashion yang baik, kamu bisa menjual beberapa pakaian dan aksesoris yang bagus dengan harga mulai dari Rp150 ribu hingga Rp300 ribu per piece-nya.  

 

8.    Usaha rumahan modal kecil dengan berjualan makanan ringan

 

Berjualan makanan ringan tidak membutuhkan modal yang besar. Jika memiliki waktu lebih, kamu bisa menjalankan usaha ini dengan memproduksi beberapa jenis makanan ringan.

 

Contoh makanan ringan yang bisa dijual berupa keripik singkong, sumpia, kacang, sale pisang hingga pastel. Kalau tidak dibuat sendiri, kamu juga bisa membeli dari produsen rumahan.

 

Artikel Terkait: Bolehkah Rumah Tinggal Dijadikan Tempat Usaha?

 

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini sekitar Rp500 ribu per harinya untuk membeli kebutuhan bahan makanan. Adapun kamu bisa memulai dengan menjual makanan tersebut dalam bentuk kemasan seharga Rp5-10 ribu.

 

9. Makeup artist, usaha rumahan modal kecil berbentuk layanan jasa

 

Jika kamu memiliki keahlian dalam hal merias wajah, mengapa tidak mencoba menjadi make-up artist saja?

 

Modal yang dibutuhkan seorang makeup artist sebenarnya tidak cukup banyak. Kamu bisa membeli beberapa alat makeup dengan modal Rp3 juta saja. 

 

Nah, jika hasil makeup kamu cukup baik, kamu bisa mendapatkan imbalan jasa hingga Rp800 ribu, lho.

 

10.  Menjadi guru private daring

 

Jika kamu memiliki keahlian dalam salah satu mata pelajaran tertentu, kamu bisa menjadi guru private di berbagai platform edukasi daring. Ada banyak platform yang saat ini terbuka untuk merekrut jasa guru online.

 

Menjadi guru private secara daring tidak membutuhkan modal. Asalkan kamu memiliki cukup kuota internet dan jaringan internet lancar.

 

Di atas adalah contoh 10 ide usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu tekuni. Dengan berbekal keyakinan dan modal yang cukup, percayalah bisnis kamu ini bisa terus eksis. Selamat mencoba!