SWARA – Di era digital seperti sekarang ini, pelaku UMKM harus tahu cara memasarkan produk secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Facebook Ads. Sebenarnya seberapa penting Facebook Ads bagi pemilik UMKM? 

 

Apa Itu Facebook Ads?

 

Facebook Advertising atau Facebook Ads merupakan sebuah layanan berbayar dari Facebook. Layanan ini memungkinkan Facebook untuk mengiklankan unggahanmu, sehingga hasil unggahan bisnismu di Facebook dapat dilihat oleh lebih banyak orang. 

 

Kamu bisa menyesuaikan target audiens yang ingin disasar berdasarkan kelompok kategori. Misalnya berdasarkan lokasi audiens, usia, minat, gender, dan lain sebagainya. 

 

Nominal yang harus kamu bayarkan untuk penggunaan Facebook Ads tergantung pada jangkauan yang kamu inginkan. Semakin besar biaya yang dibayarkan, maka semakin luas juga jangkauannya. 

 

Kalau jangkauannya semakin luas, maka unggahanmu di Facebook bisa dilihat oleh lebih banyak audiens. Jadi, peluang untuk memasarkan produk juga semakin besar. 

 

Keuntungan Facebook Ads bagi UMKM 

 

Saat ini, Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menjangkau banyak masyarakat agar tertarik untuk memakai produkmu. 

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Facebook Ads untuk bisnis UMKM. Keuntungan itu antara lain: 

 

  • Banyaknya pengguna Facebook

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pengguna Facebook sudah sangat banyak. Para pengguna itu menghabiskan banyak waktu bermain Facebook. Mereka juga memiliki latar belakang yang bermacam-macam.

 

Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menjangkau audiens sebanyak mungkin. Jadi, akan semakin banyak orang yang terpapar dengan informasi mengenai produk yang kamu jual. 

 

  • Menargetkan audiens yang spesifik

 

Di Facebook Ads, kamu bisa memilih sendiri pengguna dengan latar belakang yang ingin kamu jadikan target. Kategori penargetan yang disediakan juga sangat spesifik, jauh lebih spesifik dibandingkan dengan fitur advertising di platform media sosial lainnya. 

 

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa memastikan bahwa unggahanmu diiklankan kepada audiens yang tepat. Unggahanmu hanya akan dilihat oleh orang-orang yang memang cocok dengan produkmu. 

 

  • Mengukur hasil pemasaran dengan Facebook Ads 

 

Kamu tentu perlu tahu performa dari setiap kampanye pemasaran yang kamu jalankan. Hal ini juga berlaku untuk Facebook Ads bagi bisnis UMKM. 

 

Facebook Ads menyediakan laporan analisa yang bisa diukur. Kamu bisa mengetahui berapa jumlah penayangan iklan, jumlah klik, dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa membuat pengukuran dan menganalisa kesuksesan dari penggunaan Facebook Ads.

 

Dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lebih besar dan ternama, UMKM mungkin masih kesulitan untuk melakukan pemasaran secara luas. Oleh karena itu, Facebook Ads bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mengembangkan UMKM yang kamu miliki.

 

Tips Menggunakan Facebook Ads untuk Mengembangkan UMKM

 

Meskipun Facebook Ads sangat cocok digunakan oleh UMKM, pada kenyataannya tidak sedikit pemilik bisnis yang gagal memanfaatkan layanan tersebut dengan baik. Jika tidak dipersiapkan dengan benar, Facebook Ads tidak bisa membantumu untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan tips berikut ini untuk bisa memanfaatkan Facebook Ads dengan baik: 

 

  • Buat konten yang menarik

 

Konten yang kamu unggah akan menjadi faktor utama yang dilihat oleh pengguna Facebook. Untuk bisa membuat konten yang menarik, kamu harus mempertimbangkan aspek visual, aspek penulisan atau deskripsi, dan call to action (CTA). 

 

Buatlah konten visual yang berbeda dengan unggahan Facebook biasa, sehingga bisa menarik perhatian orang hanya dalam satu detik saja. Sertakan copy atau teks yang sesuai dengan visual tersebut. 

 

Setelah itu, jangan lupa cantumkan CTA, yaitu instruksi yang mengarahkan audiens untuk melakukan suatu tindakan terhadap bisnismu. Contohnya seperti frasa “ayo beli sekarang” atau “baca selengkapnya”. 

 

  • Berani bereksperimen

 

Kalau kamu baru saja mencoba Facebook Ads, wajar jika kamu tidak bisa langsung sukses seperti bisnis-bisnis lainnya. Jika mengalami kegagalan, jangan berkecil hati. Di sinilah kamu sebagai pemilik UMKM harus berani bereksperimen dengan Facebook Ads. 

 

Mungkin kamu perlu mencoba beberapa kali untuk mengetahui strategi seperti apa yang paling tepat dalam menggunakan Facebook Ads. Facebook Ads menyediakan laporan, jadi gunakan laporan itu untuk mengukur performa strategi, lalu jadikan bahan evaluasi. 

 

  • Menentukan format iklan

 

Di Facebook Ads, kamu bisa menentukan sendiri konten seperti apa yang ingin kamu pasarkan. Konten iklan bisa berbentuk video, foto, carousel, dan lain sebagainya. 

 

Jangan asal memilih format iklan sesuai selera pribadi. Pertimbangkan selera audiens. Misalnya, kalau kamu menargetkan anak muda, maka konten berbentuk video mungkin akan menarik, karena anak muda lebih suka melihat konten yang interaktif. 

 

Jika kamu ingin UMKM yang kamu miliki sukses, kamu bisa memanfaatkan Facebook Ads dalam strategi pemasaran. Jangan lupa untuk menentukan target audiens yang spesifik, supaya kamu pun bisa menargetkan iklan dengan maksimal.