SWARA – Setiap pemilik usaha harus memiliki simpanan bank khusus untuk bisnisnya. Dengan adanya simpanan bank untuk bisnis, kamu tidak akan kesulitan untuk membedakan mana uang yang menjadi milik pribadi dan mana uang milik usaha. 

 

Alasan Memakai Bank untuk Bisnis

 

Dibandingkan dengan menggunakan rekening pribadi, rekening khusus bisnis bisa mendatangkan beberapa manfaat bagi usahamu, contohnya seperti: 

 

  • Bisnis terlihat kredibel

 

Bisnis yang menggunakan rekening bank khusus akan terlihat lebih kredibel di mata pembeli. Apalagi jika bisnis yang kamu jalankan bergerak secara online dan tergolong masih baru.

 

Banyak orang yang merasa ragu untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadi ketika akan melakukan transaksi. Jika nama pemilik rekening yang tertera adalah nama usaha yang resmi, bisnismu akan terlihat lebih bisa dipercaya.

 

  • Suku bunga yang lebih tinggi

 

Beberapa bank menyediakan pilihan suku bunga yang lebih tinggi untuk tabungan bisnis. Secara khusus, suku bunga ini akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan rekening tabungan individu. 

 

Dengan suku bunga yang lebih tinggi, tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga. Keuntungan ini juga bisa semakin kamu rasakan ketika menyimpan uang di bank untuk bisnis dalam jangka panjang. 

 

  • Kontrol keuangan

 

Biasanya, ketika kamu memiliki simpanan di bank, bank bisa memberikan detail transaksi yang pernah kamu lakukan dari rekening koran maupun mutasi rekening. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memantau alur pengeluaran dan pemasukan bisnismu. 

 

Selain itu, uang yang disimpan di tabungan bisnis semuanya adalah uang untuk keperluan bisnis, bukan keperluan pribadi. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk membedakan mana yang menjadi milik pribadi. 

 

Cara Mudah Memilih Bank untuk Bisnis

 

Sebagian besar bank memberikan pilihan layanan simpanan untuk individu dan juga untuk bisnis. Kamu bebas memilih bank apa saja yang kamu inginkan. Tapi, pertimbangkan juga kebutuhanmu.

 

Supaya tidak salah pilih, kamu bisa memilih bank untuk usahamu dengan melakukan 5 cara berikut ini:

 

  • Melakukan perbandingan

 

Jangan langsung menjatuhkan pilihan pada satu bank saja, tanpa melakukan riset mendalam terhadap bank lain. Setiap bank memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing pada layanannya. Sebaiknya, lakukan perbandingan mengenai tabungan bisnis antara satu bank dengan bank lainnya. 

 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan perbandingan. Mulai dari jenis layanan yang diberikan, nominal biaya administrasi, besaran suku bunga, dan lain sebagainya. 

 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan banyaknya kantor cabang dari bank bersangkutan. Sebab, terkadang kamu perlu mengurus beberapa hal penting di kantor cabang. Apabila lokasi kantor cabang tidak strategis, kamu akan kesulitan untuk mengurusnya. 

 

  • Cari tahu layanan nasabah

 

Ketika berhadapan dengan masalah di rekening, kamu perlu menghubungi pusat layanan bank untuk meminta bantuan. Namun, tidak semua bank memiliki layanan bantuan yang cukup memuaskan. 

 

Carilah bank dengan layanan nasabah yang mudah diakses, misalnya melalui telepon, email, bahkan media sosial. Jika layanan nasabah dari bank terbatas, maka kamu juga akan kesulitan untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal nantinya. 

 

  • Lihat testimoni nasabah

 

Nasabah yang sudah pernah menggunakan bank terkait bisa memberikan gambaran mengenai pelayanan di bank tersebut. Cari tahu seperti apa kualitas pelayanan bank dengan mencari tahu testimoni dari nasabah sebelumnya. 

 

Testimoni nasabah bisa kamu dapatkan dari mana saja, mulai dari media sosial sampai dengan kolom ulasan di aplikasi bank yang ada di Google Play Store atau App Store. Semakin banyak testimoni yang positif, maka kemungkinan besar bank terkait memiliki pelayanan yang sangat memuaskan. 

 

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, setiap bank memiliki fasilitas layanan yang berbeda-beda. Sesuaikan fasilitas bank dengan kebutuhan usahamu. 

 

Misalnya, kamu perlu simpanan bank untuk bisnis dengan batas nominal transaksi yang besar. Jika begitu, carilah bank yang tidak memberikan limit untuk transaksi seperti transfer. 

 

Atau, ada juga bank yang menyediakan layanan pinjaman dana bagi nasabah yang sudah memiliki simpanan. Bank ini mungkin cocok bagi kamu yang juga memerlukan pinjaman sebagai modal untuk usaha. 

 

  • Pilih bank yang memanfaatkan teknologi

 

Di era digital seperti saat ini, penting sekali memilih bank yang difasilitasi dengan kemudahan teknologi. Misalnya bank yang menyediakan layanan internet banking atau mobile banking

 

Bank yang memanfaatkan teknologi akan memudahkan kamu ketika ingin melakukan transaksi. Bahkan, ada juga bank yang bergerak secara digital sepenuhnya, sehingga kamu bisa melakukan pembukaan rekening tanpa harus mengunjungi kantor cabang bank. 

 

Salah satu contohnya seperti Senyumku, intelligent bank dari Amar Bank. Amar Bank sendiri juga menyediakan berbagai macam layanan simpanan dan pinjaman untuk bisnis. 

 

Itulah pentingnya memiliki bank untuk bisnis serta cara memilihnya. Ingatlah bahwa keputusan dalam memilih bank harus disesuaikan dengan kebutuhan usahamu.