Beranda > Finansial > Begini Mengatur Anggaran saat Liburan, Hemat dan Jauh dari Over Budget

Begini Mengatur Anggaran saat Liburan, Hemat dan Jauh dari Over Budget

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Begini Mengatur Anggaran saat Liburan, Hemat dan Jauh dari Over Budgetwatermark

TUNAIKU.COM – Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan, terkadang kamu harus mempersiapkan sejumlah uang yang cukup besar. Apalagi jika destinasi wisatamu berada di luar kota atau bahkan luar negeri. Apalagi jika kamu ingin merasakan punya pengalaman liburan terindah sekali seumur hidup.

 

Biasanya, yang terjadi ketika kamu terlalu bersemangat  untuk liburan,  akhirnya membuat pengeluaranmu jadi over. Merencanakan liburan lebh rapi terlebih soal menentukan budget liburan itu sangatlah penting.Supaya nggak over budget, coba pelajari cara mengatur keuangan berikut ini!

 

Artikel terkait: Ada banyak cara untuk mengatur keuanganmu. Pelajari cara-cara berikut!

  1. Tiru Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder Sukses Dunia Ini!
  2. 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang Baik, Begini Caranya!
  3. 9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30

 

1. Buat daftar kebutuhan liburan

Untuk liburan dengan budget tetentu, jangan mempersiapkannya terlalu mendadak. Buat daftar kebutuhan liburan dari jauh-jauh hari. Membuat daftar tersebut sangat membantu mengontrol pengeluaranmu. Pintarlah memilah dan memilih mana yang menjadi keinginan dan kebutuhan.

 

2. Bawa uang cash secukupnya

Tentukan dulu berapa budget liburanmu. Setelah itu siapkan uang untuk liburan sesuai dengan budget tersebut. Bawalah uang cash secukupnya, jangan terlalu banyak karena akan membuatmu gatal untuk menghabiskannya. Sebisa mungkin jangan membawa kartu ATM atau kartu kredit, ini mendorong kamu buat nggak membelanjakan banyak uang.

 

3. Hindari berhutang untuk liburan

Saking bersemangatnya, jangan sampai kamu harus berhutang demi bisa liburan. Ini bukan cara yang bijak untuk mengatur keuangan. Berhutang bisa membuatmu kecanduan, pasalnya kamu mendapatkan uang dengan cara yang mudah. Hal ini bisa membuatmu ketagihan.

 

4. Ajak teman yang suka berhemat

Seseorang yang suka berhemat biasanya berusaha keras untuk pintar mengatur keuaangan. Mempunyai sahabat yang suka berhemat bisa mempengaruhi mu untuk ikutt berhemat juga. Mereka bakal mengingatkanmu untuk cermat memilih kebutuhan dan hati-hati terhadap pengeluaran saat liburan.

 

5. Pantau harga tiket

Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung momen nya. Misal kamu membeli tiket transport menjelang hari lebaran, tentu harga tiketnya akan sangat mahal. Selain itu, harga tiket bisa beruba-ubah sesuai dengan permintaan pelanggan. Kamu harus telaten memeriksa perubahan harga, supaya kamu bisa mendapatkan harga terbaik.

 

6.Kurangi beli oleh-oleh

Seringkali kamu diminta oleh keluarga atau teman-temanmu untuk membawa oleh-oleh dari tempat liburanmu. Tegaskan saja jika kamu memang nggak bisa memenuhi semua keinginan mereka. Dengan budget yang cukup terbatas, beli lah oleh-oleh secukupnya.

 

7. Pilih tempat liburan lebih dari satu

Pilihlah beberapa tempat untuk menjadi destinasi liburanmu. Dengan memilih banyak tempat, siapa tahu kamu bisa memeroleh diskon dari paket travelmu. Ini bisa meminimalisir pengeluaranmu.

 

8. Pilih tempat menginap yang lebih murah

Hotel dengan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap sangat menyenangkan, tetapi tentu harganya akan sangat mahal. Untuk beristirahat, cukup pilih penginapan yang serba minimalis, misalnya motel atau guest house.
Cara-cara diatas bisa menekan biaya yang kamu keluarkan untuk liburan. Kamu harus selalu ingat, setelah liburan ada kebutuhan yang lebih penting untuk didahulukan. Liburan menyenangkan nggak harus mahal kan?.

 

Artikel terkait: Rekomendasi tujuan wisata menarik

  1. Solo Traveling saat Akhir Tahun? 5 Negara Ini Layak Dijelajahi
  2. 10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museum
  3. 10 Lokasi Wisata Seru untuk Tahun Baruan yang Anti-mainstream

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

1

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett