Beranda > Finansial > Atasi Utang Menumpuk dengan Pinjaman Tanpa Agunan. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman!

Atasi Utang Menumpuk dengan Pinjaman Tanpa Agunan. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman!

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Atasi Utang Menumpuk dengan Pinjaman Tanpa Agunan. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman!watermark

TUNAIKU.COM – Kebutuhan mendesak kerap datang di saat yang nggak terduga. Lebih seringnya lagi, kebutuhan mendesak justru datang di saat saya nggak siap memenuhinya, misalnya saat kondisi keuangan sedang kurang baik. Kalau sudah begitu, biasanya saya akan memanfaatkan keberadaan kartu kredit untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan tersebut.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Keuangan

  1. 10 Cara Hidup Hemat meski Kamu Kurang Pandai Mengatur Keuangan
  2. 7 Manfaat Transparansi dalam Mengatur Keuangan Bersama Pasangan
  3. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate

 

Namun sebenarnya, bergantung kepada kartu kredit bukanlah pilihan yang tepat, terutama karena pengguna berisiko terjebak dalam lingkaran utang yang mematikan. Sudah banyak lho, teman saya yang menjadi korban keganasan kartu kredit karena kesulitan melunasi tagihannya. Oleh karena itu, akhirnya saya memilih untuk ‘berpindah hati’ ke Kredit Tanpa Agunan (KTA).

 

Dibandingkan sistem kredit biasa, KTA mengharuskan kita untuk disiplin dalam membayar. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi mengkhawatirkan kemungkinan utang yang menumpuk. Pencairan dana KTA juga tergolong lebih mudah dan cepat sehingga kamu bisa mengandalkannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak, termasuk untuk melunasi utang atau tagihan kartu kreditmu.

 

Tertarik mengajukan pinjaman? Perhatikan 5 hal ini terlebih dahulu!

 

1. Perhatikan status kartu kreditmu

Untuk mengajukan KTA, kamu harus terlebih dahulu menjadi pengguna kartu kredit. Selain itu, status kreditmu juga nggak boleh macet, ya! Artinya, kamu hanya boleh mengajukan KTA kalau tunggakan tagihanmu tidak melebihi 6 bulan.

 

2. Pilih KTA dengan biaya terendah

Pilih KTA dengan biaya terendah, apalagi jika kamu akan menggunakannya untuk melunasi utang dan tagihan kartu kreditmu. Jangan malas browsing untuk membandingkan harga, ya! Selain itu, pastikan kamu memilih produk KTA yang sesuai dengan kemampuanmu; jangan sampai masalahmu justru bertambah akibat mengajukan KTA.

 

3. Hitung dan rencanakan penggunaan KTA

Sebelum menggunakan KTA, cobalah membuat hitungan sederhana terlebih dahulu. Pertimbangkan jumlah dana yang ingin kamu cairkan dan pikirkan bagaimana caramu melunasinya. Jangan lupa mengecek biaya pembayaran KTA setiap bulannya agar beban pelunasannya bisa kamu perkirakan sejak awal.

 

Artikel Terkait: Melakukan Pinjaman Sebagai Modal Usaha

  1. Bolehkah Melakukan Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha? Ini yang Harus Diperhatikan
  2. 5 Tips Mudah Dapat Modal Bisnis Lewat Pinjaman Tanpa Agunan
  3. 4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang ke Bank

 

4. Disiplinlah dalam membayar

Terlepas dari segala keunggulannya, kamu perlu tahu bahwa produk kredit ini memiliki bunga dan denda keterlambatan yang cukup tinggi. Untuk mencegahmu terlilit utang tambahan, pastikan kamu selalu disiplin dalam membayar, ya.

 

5. Kurangi penggunaan kartu kredit dan perbaiki gaya hidup

Agar terbebas dari utang dan tagihan kartu kredit yang menumpuk, perbaiki gaya hidupmu dan jangan menjadi orang yang konsumtif! Kurangi pula penggunaan kartu kredit yang berpotensi membuat utangmu semakin membengkak.

 

cta2

 

 

 

 

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!
Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett