Beranda > Finansial > Agar Sepeda Motormu Tak Jadi Sasaran Maling, Ini 5 Tips Mengamankannya

Agar Sepeda Motormu Tak Jadi Sasaran Maling, Ini 5 Tips Mengamankannya

Agar Sepeda Motormu Tak Jadi Sasaran Maling, Ini 5 Tips Mengamankannyawatermark

TUNAIKU.COM – Mudahnya proses pembelian sepeda motor membuat motor-motor keluaran terbaru cepat berseliweran di jalan. Hal ini bisa memancing tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Meski fitur keamanan sepeda motormu semakin canggih, para maling ini nggak kalah lihai dalam menentukan dan menggasak sasaran.

Nah, biar sepeda motormu nggak mudah jadi sasaran pencuri, mendingan kamu ikuti lima tips mengamankan sepeda motor yang dirangkum oleh Tunaiku berikut ini.

 

1. Jangan malas untuk mengunci stang dan menutup lubang kunci setiap kali parkir

Sepeda motor keluaran baru umumnya sudah dilengkapi dengan key shutter yang menggunakan sistem magnet untuk menutupi lubang kuncinya. So, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai pengaman lapis pertama motor kamu setiap kali parkir, baik di rumah maupun tempat umum.

 

Memang sih, mengunci stang dan mengamankan lubang kunci dengan key shutter tidak membuat maling jera. Tapi, setidaknya ini bisa menghambat aksi pencurian.

 

2. Pasang beberapa pengaman tambahan untuk sepeda motormu

Nggak ada salahnya membuat sepeda motormu lebih aman dengan memberinya sejumlah pengaman tambahan. Cara paling gampang adalah menggembok rem cakram depan. Kamu juga bisa menambahkan kill switch di tempat tersembunyi agar sepeda motormu tidak bisa dihidupkan meskipun kuncinya berhasil dibobol.

 

Selain itu, melepas kabel busi juga jadi cara sederhana untuk bikin maling bingung dan melepaskan motor buruannya. Menutupi sepeda motormu dengan cover anti-air juga lumayan mencegah motormu jadi incaran. Semakin banyak pengamannya, semakin rendah kemungkinan motormu digasak orang.

 

3. Punya dana lebih? Pasang saja alarm dan pelacak GPS

Kalau kamu punya dana lebih, nggak ada ruginya memasang alarm dan GPS tracker pada sepeda motor kamu. Pelacak GPS nggak cuma mampu melacak posisi motormu, ada beberapa jenis yang membuat kamu mampu mematikan mesin motor hanya dengan satu perintah dari ponselmu. Tentunya, opsi ini patut dipertimbangkan terutama bila sepeda motormu cukup mahal.

 

4. Hindari parkir di bagian ujung serta letakkan sepeda motor di tempat yang terjangkau CCTV

Maling biasanya mengincar motor yang terletak paling ujung, karena motor inilah yang paling gampang dibawa kabur tanpa menarik perhatian. Makanya, biar lebih aman, pastikan motormu diparkir di sela-sela motor yang lainnya.

 

Saat parkir, lebih baik pilih-pilih tempat. Sebaiknya, parkirkan kendaraanmu di tempat parkir yang dijaga petugas parkir resmi atau terpantau CCTV. Hindari parkir di tempat sepi dan minim cahaya.

 

5. Terakhir, manfaatkan asuransi untuk meminimalkan kerugian

Kita nggak tahu kapan musibah akan menimpa kita. Meski sudah mengamankannya dengan maksimal, terkadang kita nggak bisa menghindari kemalangan. Maka dari itu, nggak ada salahnya menyisihkan sedikit uang untuk mengasuransikan sepeda motormu. Jadi, kerugianmu nggak terlalu besar kalau sepeda motormu benar-benar hilang.

 

Lewat sejumlah tips di atas, mudah-mudahan motormu terhindar dari ancaman pencurian, ya. Yang penting, selalu waspada di mana pun kamu berada!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett