Beranda > Finansial > 9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30

9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30watermark

TUNAIKU.COM – Bayangkan, jika nanti diusia 30 tahun,  kamu sudah memiliki pekerjaan yang tetap, dan nggak pernah mengalami kesulitan keuangan?Memiliki waktu untuk berlibur dan bisa bersenang-senang dengan sahabat ataupun keluarga.Wah, pastinya ini jadi impian semua orang ya!

 

Bisa saja sih asal kamu sudah punya peta rencana hidup yang jelas dan mempersiapkannya sejak dini. Soalnya, di usia 30an kamu biasanya sudah akan disibukkan dengan pekerjaan baru apabila belum mendapatkan pekerjaan yang tetap atau bahkan mengurus rumah tangga.

 

Asyiknya, apabila pengelolaan keuangan kamu sudah stabil maka beberapa tantangan hidup yang akan terus datang pastinya akan mudah terselesaikan. Nah, agar bisa menikmatinya maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

 

Simak 9 tips jitu ini agar keuanganmu stabil sebelum usia 30 tahun.

 

Artikel terkait: Menata Rapi Keuangan Bagi Pemula

  1.   7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate
  2. 6 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Buat Mahasiswa yang Sulit Ngatur Duit
  3.   10 Cara Hidup Hemat meski Kamu Kurang Pandai Mengatur Keuangan

 

1. Membuat Rencana Jangka Panjang

 

Memiliki keinginan dan tujuan besar seperti menikah, membeli rumah atau mobil, dapat mendorongmu menyusun rencana jangka panjang. Setidaknya kamu memiliki beberapa target dalam hidup kamu. Rencana jangka panjang ini termasuk didalamnya adalah anggaran pengeluaran. Kamu bisa memulainya dengan menabung, meskipun jumlahnya tidak besar.

 

2. Mandiri Secara Finansial

 

Manfaatkan masa mudamu untuk mengeksplorasi diri. Seringlah mencoba hal-hal baru, menambah kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat. Untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan, kamu perlu meningkatkan kualitas diri dengan berbagai pengalaman sehingga kamu lebih siap menghadapi berbagai tantangan.

 

3. Lunasi Semua Hutang

 

Berhutang sebetulnya bukan merupakan kebiasaan yang baik. Berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak berhutang, jika tidak berada di situasi yang mendesak. Apabila sudah terlanjur, prioritaskan untuk melunasi hutang-hutang mu begitu memperoleh pendapatan.

 

4. Membuat Asuransi Diri

 

Kita tidak akan bisa memprediksi kebutuhan-kebutuhan mendesak di masa depan. Untuk itu segera asuransikan dirimu, baik kesehatan, jiwa, maupun harta benda. Tidak membuat asuransi untuk kebutuhan diatas dapat mengacaukan keuanganmu.

 

5. Mempunyai Rincian Pengeluaran

 

Cukup penting bagi kamu untuk membiasakan diri mencatat semua pengeluaran kebutuhan. Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan struk pembayaran semua aktivitas transaksi setiap harinya. Memiliki rincian pengeluaran bisa membantumu membuat rencana keuangan.

 

6. Memiliki Tabungan Dana Pensiun

 

Pensiun dari pekerjaan mungkin masih jauh dari bayangan kamu saat ini. Tetapi, menabung sejak dini dapat membantumu mencapai tujuan pensiun. Sebelum pensiun, tabungan yang ada tersebut dapat kamu gunakan untuk berinvestasi obligasi, saham, emas, properti, atau reksa dana.

 

7. Jangan Mudah Puas Dengan Pendapatan

 

Setiap menerima gaji, biasanya kamu memiliki keinginan berbelanja banyak kebutuhan. Jangan mudah puas dengan pendapatanmu. Tetap biasakan untuk hidup hemat yakni, tetap mengontrol pengeluaran dan menetapkan skala prioritas.

 

8. Batasi Limit Kartu Kredit

 

Bagi kamu yang memiliki kartu kredit, sebaiknya biasakan untuk membatasi penggunaan limitnya. Lebih baik lagi, apabila kamu mampu menggunakan kartu kredit tersevut saat situasi mendesak. Keuangan kamu bisa saja semakin meinipis, akibat bunga kartu kredit yang cukup tinggi dan biaya administrasi yang dikenakan.

 

9. Mempunyai Pekerjaan Sambilan

 

Jika kamu masih merasa memiliki waktu yang cukup banyak usai menyelesaikan pekerjaan kantor sebaiknya cari pekerjaan sambilan yang bisa kamu lakukan. Misalnya membuka bisnis kecil-kecilan yang tidak memerlukan keahlian khusus. Hal ini akan membantu meningkatkan jumlah pendapatanmu.

 

Menstabilkan keuangan untuk jangka panjang membutuhkan proses yang cukup lama. Jadi, jangan tunda lagi untuk mempersiapkan strategi mengatur keuangan ketika usia kamu masih di angka 20an. Semoga tips ini bisa jadi referensi yang bermanfaat ya!

 

Artikel terkait: Kamu dan pasanganmu perlu mempertimbangan soal keuangan bersama. Simak tips berikut!

  1.   7 Manfaat Transparansi dalam Mengatur Keuangan Bersama Pasangan
  2. Pentingkah Punya Tabungan Bersama Sebelum Menikah? Perhatikan 7 Hal Ini!
  3. Jangan Menceritakan Masalah Keuangan kepada Orang Lain. Simak 4 Alasannya

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

CTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett