Beranda > Finansial > 7 Cara Memperluas Network demi Kesuksesan Bisnis dan Karier

7 Cara Memperluas Network demi Kesuksesan Bisnis dan Karier

KENNY CAROLINEKenny Caroline
7 Cara Memperluas Network demi Kesuksesan Bisnis dan Karierwatermark

TUNAIKU.COM – Sebagian besar orang yang berkecimpung d dunia bisnis pasti paham bahwa membangun jaringan (network) adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan kata lain, kalau ingin bisnismu berkembang, jangan malas untuk bergaul dengan orang-orang dari berbagai bidang.

 

Seorang junior kampus pernah bertanya kepada saya, “Apa sih untungnya punya banyak network?”. Jawaban saya waktu itu: Banyak. Dimulai dari bertambahnya koneksi dalam bidang usaha, bertambahnya teman untuk bertukar pikiran terkait perkembangan bisnis terkini, bertambahnya pengetahuan, sampai bertambahnya kesempatan untuk mengembangkan diri. Selain itu, kepercayaan orang lain untuk berbisnis denganmu pun pasti akan meningkat.

 

1. Bergabung dengan organisasi profesional

Organisasi profesional bisa jadi tiketmu untuk mengembangkan karier atau bisnis. Dengan bergabung di sebuah organisasi, peluangmu untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki keahlian, profesi, serta minat yang sama pun akan bertambah. Dengan sendirinya, kamu sudah membangun relasi dengan orang-orang yang relevan.

 

Artikel Terkait: Tips untuk meraih kesuksesan dalam karier.

  1. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman
  2. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu
  3. 5 Alasan Kamu Sulit Dapat Promosi Jabatan di Kantor

 

2. Menghadiri acara sosial

Acara-acara sosial seperti pesta, kegiatan amal, atau sekadar bermain golf pun ampuh membantumu membangun jaringan. Umumnya, acara-acara sosial semacam ini justru memiliki nuansa yang akrab, santai, dan informal sehingga kamu hanya perlu membawa diri dengan cara yang tepat.

 

3. Rajin mengikuti seminar

Acara-acara seperti forum dan seminar adalah ajang yang tepat untuk mengembangkan dirimu. Selain mendapatkan ilmu dari materi yang disampaikan, kamu pun memiliki kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang baru. Caranya sangat mudah! Cukup beranikan dirimu untuk mengajak peserta lain berkenalan. Setelah itu, jangan ragu menggali keahlian dan pengetahuan dari kenalan barumu, ya!

 

4. Berinteraksi secara aktif

Jangan hanya bergaul dengan satu atau dua kelompok orang saja. Untuk memperkaya pola pikir, kreativitas, dan ide-idemu, jangan malas berinteraksi dengan berbagai komunitas yang berbeda, termasuk komunitas yang dianggap anti-mainstream.

 

5. Memanfaatkan internet

Sudah saatnya kamu membuat profil karir atau bisnis di internet. Saat ini, banyak tersedia situs maupun jejaring sosial yang berorientasi pada karier dan bisnis seperti LinkedIn. Cobalah membuat profil yang menarik, lugas, dan jelas untuk mempromosikan diri dan pengalaman kariermu. Percaya deh, kamu dapat dengan mudah mendapatkan relasi baru dengan bidang kerja serupa di sana.

 

Artikel Terkait: Dapatkan penghasilan tambahan dari hobi ini.

  1. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!
  2. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan
  3. Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilan

 

6. Menentukan target

Menentukan target yang realistis adalah salah satu faktor krusial untuk mencapai tujuanmu. Terkait perluasan network, kamu bisa menentukan target jangka pendek seperti mengantongi satu atau dua kartu nama baru setiap minggunya. Dengan menentukan target yang harus dikejar setiap minggu atau bulan, tentunya semangat dan motivasimu akan terus terpacu.

 

7. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Jika ingin kariermu berkembang, tentunya poin yang satu ini tidak boleh kamu lupakan. Ingat, komunikasi adalah bagian terpenting dalam membangun relasi dengan siapa pun. Untuk itu, jangan malas melakukan percakapan yang remeh sekalipun dengan relasi barumu. Misalnya, di awal perkenalan kamu bisa menanyakan hobi, profesi, atau lokasi kantornya. Jangan langsung menodong relasi barumu untuk berinvestasi pada usahamu, ya! Hati-hati, dia bisa kabur, lho. He-he.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Semakin jelas kan, kenapa memperluas network sangat penting untuk dilakukan? Buat kamu yang belum melakukannya, coba deh, memulainya perlahan-lahan. Sementara buat kamu yang sudah melakukannya, berusahalah mempertahankan dan terus memperluas jaringanmu, ya. Semoga berhasil.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett