Beranda > Finansial > 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Digital. Tertarik Mencobanya?

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Digital. Tertarik Mencobanya?

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Digital. Tertarik Mencobanya?watermark

TUNAIKU.COM – Disrupsi digital memang sudah nggak bisa dibendung lagi. Saya perhatikan, gerai retail tutup karena kalah saing dengan e-commerce. Taksi konvensional bangkrut karena jasa taksi online. Media cetak pun kian tergerus eksistensi media digital. Mau nggak mau, kita memang mesti keluar dari zona nyaman dan beradaptasi dengan perubahan.

 

Sekarang adalah masa kejayaan bisnis digital. Perlahan tapi pasti, perusahaan-perusahaan startup mulai unjuk taringl Nah, sebagai anak muda, kita tentu nggak boleh melewatkan kesempatan untuk jadi pemain terdepan di industri ini.

 

Karena punya angan-angan untuk membangun bisnis startup, saya pun mencari tahu bagaimana caranya agar bisnis digital yang saya rintis bisa berkembang. Buat kamu yang punya keinginan serupa, simak dulu sejumlah tips sukses menjalankan bisnis digital yang saya rangkum berikut ini!

 

Artikel terkait: Kiat sukses menjalankan bisnis sendiri.

  1. Ingin Menjalankan Bisnis dengan Sahabat? Pahami Dulu 5 Hal Ini!
  2. Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Simak 20 Kiat Ampuh Ini
  3. 4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang ke Bank

 

1. Kenali berbagai peluang bisnis digital di Indonesia

Berdasarkan hasil riset We Are Social yang saya peroleh dari Tech in Asia, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 132,7 juta orang. Dengan pasar sebesar itu, peluang bisnis digital memang terbukti sangat menjanjikan.

 

Paling nggak, ada lima peluang bisnis digital yang tumbuh subur di Indonesia, yaitu e-commerce, marketplace, transportasi dan akomodasi, finansial, dan jasa digital. Kelima bidang ini punya potensi persaingan yang cukup berat, jadi kamu mesti menjual konsep yang berbeda. Namun di luar itu, masih ada bidang-bidang lain yang nggak kalah layak untuk dieksplorasi.

 

2. Temukan solusi yang dibutuhkan masyarakat

Saya membaca wawancara Anantya Van Bronckhorst, pendiri perusahaan agensi digital Think.Web dengan Kontan.co.id. Menurutnya, saat ini bisnis digital memasuki tren gelombang ketiga, yaitu menawarkan solusi terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat. Nah, kamu tentu perlu peka dengan kebutuhan masyarakat dan mampu menawarkan solusi yang berbasis teknologi.

 

Sebagai contoh, ojek online membantumu menghindari kemacetan di jalan. AC di rumah butuh direparasi? Tinggal cari tukangnya lewat aplikasi ponsel untuk datang ke rumah. Berbelanja pun cukup via internet, nggak perlu buang tenaga dan BBM demi datang ke gerai.

 

Nah, jika bisnisamu mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang dialami masyarakat, peluangnya untuk tumbuh pun akan semakin besar.

 

3. Kembangkan aplikasi mobile

Saat ini, sebagian besar orang mengakses internet melalui smartphone. Makanya, saat membangun suatu bisnis digital, kamu juga wajib mengembangkan aplikasi mobile.

 

Aplikasi smartphone yang dibuat dengan baik bakal menjadi daya tarik untuk mendongkrak bisnismu. Untuk itu, pastikan aplikasimu cukup ringan, gampang diakses, serta punya antarmuka yang mudah digunakan.

 

4. Optimalkan teknologi untuk berinteraksi dengan konsumen

Interaksi dengan konsumen jelas penting. Konsumen yang merasa diperhatikan pasti nggak akan ragu untuk kembali lagi, atau bahkan merekomendasikan bisnismu kepada orang lain.

 

Nah, agar interaksi berjalan mulus, pastikan kamu mengoptimalkan teknologi yang ada. MIsalnya, memasang fitur chat di aplikasimu, memanfaatkan chatbot, hingga melakukan upaya marketing lewat media sosial.

 

Artikel terkait: Bingung mau bisnis apa?

  1. KTA Tunaiku Sukses Bantu Nasabah Ini Membuka Bisnis Clothing Line!
  2. Beautypreneur, Menjadi Pengusaha di Bidang Kecantikan
  3. Pendiri ‘Di Bawah Pohon’: 4 Tips Merintis Bisnis Barbershop di Indon…

 

5. Jangan takut mengambil risiko

Yang namanya bisnis tentu nggak lepas dari risiko, termasuk bisnis digital. Kerugian dan kegagalan bisa saja menimpamu. Namun, jangan sampai perasaan takut gagal malah menghentikan langkahmu untuk memulai bisnis ini, ya. Toh kamu nggak akan pernah tahu sukses atau nggaknya sebelum benar-benar mencoba.

 

 

kredit tunai

 

 

 

 

Nah, mudah-mudahan lima tips sukses menjalankan bisnis digital yang saya jabarkan di atas bisa bermanfaat buat kamu. Siapa tahu, kamu bisa menjadi seperti Nadiem Makarim atau William Tanuwijaya, kan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!
Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett