Beranda > Finansial > 5 Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Tanpa Disadari Kamu Gunakan Sehari-hari

5 Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Tanpa Disadari Kamu Gunakan Sehari-hari

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Tanpa Disadari Kamu Gunakan Sehari-hariwatermark

TUNAIKU.COM – Sadarkah kamu bahwa sekarang ini kita nggak perlu lagi repot-repot datang ke bank demi melakukan berbagai transaksi sehari-hari? Saya sendiri hanya datang ke bank untuk ngapelin bagian customer service. Misalnya, saat pembukaan atau penutupan rekening tabungan, dan saat mengurus kartu ATM yang tertelan. Sisanya, bisa saya lakukan secara mandiri di luar bank.

 

Hal ini merupakan hasil dari program keuangan inklusif yang diterapkan oleh Bank Indonesia. Program inklusi keuangan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, terutama golongan dasar piramida (masyarakat berpendapatan rendah dan nggak teratur, penghuni daerah terpencil, dan orang cacat) agar lebih melek dengan layanan jasa keuangan formal.

 

Karena sasaran keuangan inklusif memang masyarakat yang unbanked, wajar saja jika layanannya berusaha menjamah pelosok. Makanya, kamu sendiri mungkin nggak sadar sudah memanfaatkannya. Nah, inilah 5 layanan inklusi keuangan digital yang tanpa disadari kamu gunakan sehari-hari.

 

1. Uang Elektronik

Saat menggunakan jasa taksi atau ojek online, saya biasa membayar secara cashless atau nontunai karena sudah memiliki saldo di aplikasinya. Inilah salah satu contoh penggunaan e-money alias uang elektronik. Saat ini, penyedia layanan e-money cukup beragam. Penyedianya mulai dari institusi perbankan hingga provider seluler.

 

Artikel terkait: Mengenal inklusi keuangan

  1. Yuk, Kenalan Dengan Program Inklusi Keuangan biar Orang Indonesia Makin Sejahtera!
  2. 4 Fakta Mengapa Generasi Milenial Perlu Produk Inklusi Keuangan
  3. Inklusi Keuangan Bakal Sukses kalau Masyarakat Mau Belajar 2 Hal Ini!

 

2. Rekening Ponsel

Hafalkah kamu dengan nomor rekening bankmu yang sederet itu? Nomor rekening memang nggak gampang dihafal di luar kepala. Jauh lebih mudah mengingat nomor ponsel sendiri.

 

Nah, tabungan zaman sekarang nggak perlu lagi menggunakan nomor rekening, lho. Cukup dengan nomor ponsel, kamu sudah bisa membuka tabungan. Layanan ini dikenal dengan sebutan rekening ponsel.

 

Rekening ponsel biasanya sudah mengintegrasikan layanan e-money di dalamnya. Selain itu, layanan ini juga punya fitur lengkap ala rekening pada umumnya, misalnya setor/tarik tunai di ATM tanpa kartu, transfer dana, hingga membayar berbagai tagihan.

 

pinjaman tunaiku

3. Tabungan Digital

Meski sama-sama menggunakan ponsel pintar, layanan tabungan digital agak berbeda dengan rekening ponsel, e-banking, ataupun m-banking. Lewat layanan ini, kamu nggak perlu datang ke bank untuk membuka rekening.

 

Cukup dengan mengunduh aplikasi di Android dan iOS, kamu sudah bisa membuka rekening secara mandiri. Beberapa contoh layanan tabungan digital yang saya tahu antara lain Jenius dari BTPN dan Cermat dari BTN.

 

4. Laku Pandai

Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, disingkat Laku Pandai, merupakan sebuah program dari Otoritas Jasa Keuangan untuk menjangkau masyarakat yang belum mendapatkan layanan keuangan. Tujuannya agar masyarakat tersebut bisa ikut menikmati layanan perbankan tanpa harus ke bank, melainkan lewat agen-agen resmi yang ditunjuk, seperti toko kelontong, gerai pulsa, hingga minimarket.

 

Sistemnya sepintas agak mirip dengan proses tarik tunai yang biasa kamu lakukan di gerai minimarket. Tapi, Laku Pandai punya fitur yang lebih lengkap seperti tabungan. Penjelasan yang lebih lengkap tentang Laku Pandai bisa kamu simak sendiri di video berikut.

Artikel terkait: Ini manfaat pinjaman tanpa agunan online

  1. Manfaatkan Pinjaman Dana Tunai untuk Acara Lamaranmu
  2. KTA Tunaiku Berhasil Kembangkan Usaha Ibu Nina!
  3. Kamu Bisa Manfaatkan Pinjaman Online untuk 4 Situasi Genting Ini!

 

5. Pinjaman uang online

Salah satu manfaat yang bisa saya rasakan dari program keuangan inklusif adalah mudahnya melakukan pinjaman uang secara online melalui layanan fintech. Salah satunya adalah Tunaiku, produk KTA online dari Amar Bank.

 

Cukup mengisi formulir lewat laptop atau smartphone yang tersambung ke internet, kamu sudah bisa mencairkan dana tunai tanpa agunan. Plafon pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jumlah cicilannya pun jelas, dapat dilihat berdasarkan tenor pinjaman yang kamu inginkan.

 

Nah, di antara layanan inklusi keuangan digital di atas, mana saja yang sudah kamu manfaatkan?

 

Lalu untuk kamu yang tertarik melakukan pinjaman online di Tunaiku, nggak usah ragu, karena pinjaman tanpa agunan di Tunaiku, prosesnya cepat dan anti ribet.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan piinjamanmu di sini!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett