Beranda > Finansial > 5 Langkah Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisnis

5 Langkah Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisnis

KENNY CAROLINEKenny Caroline
5 Langkah Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisniswatermark

TUNAIKU – Ingin mengembangkan usaha namun terkendala dengan permodalan? Nah, sekarang sih solusinya sudah banyak ya, salah satunya adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ke bank atau institusi pemberi pinjaman lainnya.

 

Tetapi sebelum mengajukan KTA, ada baiknya pengusaha membuat perencanaan bisnis yang didasari pada beberapa pertimbangan dan faktor. Misalnya saja, momentum. Apakah bisnis yang digeluti sedang atau memiliki potensi untuk naik daun atau tidak. Bila ya maka seorang pengusaha yang cerdas nggak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan segera memulai bisnisnya.

 

Kalau kamus sudah membuat perencanaan yang mendetail, kini saatnya kamu mengajukan KTA dan mulai berbisnis. Nah, agar dana KTA kamu bisa diolah dengan optimal, berikut ada lima langkah yang bisa dilakukan dan bermanfaat untuk membantu pengembangan bisnis kamu.

 

Artikel Terkait: Bisnis kopi.

  1. 10 Kedai Kopi Kekinian yang Wajib Kamu Coba
  2. Perbandingan Harga 5 Kedai Kopi Susu yang Sedang Hits di Jakarta
  3. Ingin Buka Kedai Kopi Sendiri? Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan

 

1. Gunakan untuk hal yang produktif

Langkah pertama yang harus kamu ambil terkait pemanfaatan KTA adalah menggunakan dana pada hal-hal yang benar-benar produktif. Contohnya, bila kamu hendak mengembangkan usaha bakso keluarga, kamu bisa menggunakan dana tersebut melalui pembelian alat baru atau mesin penggiling.

 

Bila kamu merintis usaha tekstil maka kamu bisa mengalokasikan dana pinjaman untuk menambah armada mesin jahit. Hal ini juga berlaku bila kamu menggeluti bidang bisnis yang lain seperti konveksi ataupun kuliner. Kalau kamu melakukan hal ini, dijamin penggunaan dana KTA kamu akan maksimal dan produktif.

 

2. Selalu sediakan dana membayar angsuran

Meminjam berarti harus mengembalikan. Kredit Tanpa Agunan haruslah kamu angsur sesuai dengan jumlah dan periode waktu yang telah disepakati dengan pihak bank. Amatilah perkembangan bisnis yang kamu lakukan dengan KTA. Bila sudah mendatangkan profit maka sudah saatnya kamu mulai menyisihkan sejumlah dana untuk membayar pinjaman.

 

Usahakan agar kamu selalu menyisihkan dana dari setiap pemasukan. Hal ini penting untuk menghindari tunggakan utang karena jumlah bunga yang membengkak. Bayar pula angsuran tepat waktu agar kamu nggak terbeban di bulan berikutnya. Ingat, dalam bisnis pun, pelunasan utang adalah prioritas dan kewajiban utama.

 

3. Hindari bisnis yang nggak pasti

Karena dana yang kamu miliki adalah dana pinjaman maka kamu harus bijak ketika memilih bentuk pengembangan bisnis. Jangan asal memilih agar nggak rugi. Amati keadaan pasar dan pilihlah peluang yang kemungkinan besar akan mendatangkan keuntungan. Langkah ini agak tricky memang, karena kamu harus memiliki insting kuat dalam memilih bisnis yang tepat agar pemanfaatan KTA tepat guna.

 

Artikel Terkait: Solusi buka usaha baru.

  1. Jajal Bisnis Food Truck Pakai Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku, Yuk!
  2. Kiat Sukses Berbisnis Kafe Lewat Pinjaman Tanpa Agunan!
  3. 5 Jenis Pinjaman KTA dengan Bunga Rendah

 

4. Jangan menggabung uang pinjaman dengan uang pribadi

Jangan sekali-kali menggabung uang pinjaman dengan uang pribadi. Kamu harus super hati-hati dalam mengelola keuangan bisnis kamu. Hal ini krusial demi menjaga kontrol atas jumlah pengeluaran maupun pemasukan. Kamu akan lebih mudah mengukur finansial bisnis saat pembukuannya jelas dan nggak campur baur dengan sumber uang lain. Selain itu, kamu juga bisa menghindari penggunaan uang yang ceroboh. Contohnya ya dengan menggunakan dana pinjaman untuk membeli barang mewah yang sebenarnya nggak perlu.

 

5. Berinvestasi dari keuntungan bisnis

Ketika pengembangan bisnis yang kamu lakukan sudah mendatangkan keuntungan maka sudah tiba pula waktunya kamu berinvestasi. Jangan diamkan uang yang kamu dapatkan. Sediakan dana untuk investasi. Ketika dirasa sudah cukup, putarlah keuntunganmu untuk meraih keuntungan lebih banyak.

 

Investasi yang bisa kamu coba ada banyak jenisnya mulai dari saham, reksadana, tabungan emas batangan, hingga properti. Selain bisa mendatangkan keuntungan tambahan, investasi juga membuat dana pinjaman kamu menjadi semakin produktif.

 

Itulah lima langkah yang bisa kamu ambil saat mendapatkan KTA untuk pengembangan bisnis. Semoga nggak salah langkah ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

pinjaman tunai, tunaiku, KTA, amar bank indonesia, pinjaman online, pinjaman mudah, pinjaman tanpa agunan

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett