Beranda > Finansial > 5 Kebiasaan Finansial yang Positif, Cewek Usia 20-an Wajib Tahu!

5 Kebiasaan Finansial yang Positif, Cewek Usia 20-an Wajib Tahu!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
5 Kebiasaan Finansial yang Positif, Cewek Usia 20-an Wajib Tahu!watermark

TUNAIKU.COM – Sebagai perempuan berusia 20 tahunan, saya tergolong generasi millennial yang (kabarnya) selalu mengutamakan penampilan. Bukan hanya saya, lho; perempuan-perempuan seusia saya pun gampang sekali tergiur untuk membeli baju keluaran terbaru, make up pallette keluaran brand ternama, atau sekadar makanan dan minuman berbentuk menarik yang bisa diunggah ke Instagram.

 

Saking banyaknya hal yang ingin dibeli dan dilakukan, saya sampai lupa mengatur isi dompet. Alhasil, pengeluaran bulanan pun jadi nggak terkontrol! Nah, buat kamu yang sering makan mi instan di akhir bulan karena kondisi keuangan sudah menipis, coba deh menerapkan 5 kebiasaan finansial positif berikut ini!

 

1. Membiasakan diri untuk menabung

Meski otakmu sudah dipenuhi dengan segudang rencana pascamenerima gaji, pastikan kamu tetap menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung, ya. Jika perlu, jadikan menabung sebagai kewajiban pertama dan utama setalah menerima pemasukan. Nah, setalah itu kamu baru bisa membagi sisa pemasukan untuk dialokasikan ke keperluan-keperluan lainnya. Alhasil, nggak ada tuh, yang namanya gagal menabung karena kehabisan uang. Selain itu, kamu juga nggak perlu kebingungan kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendesak!

 

2. Berpikir sebelum membeli

Pastikan kamu selalu berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Kiat ini bahkan juga masih diterapkan oleh pengusaha sekelas Kelly Wong, lho. Founder Wong Kee Wanton Noodles ini mengaku tidak ingin menambah porsi barang-barang yang sesungguhnya tidak ia butuhkan. Nah, kamu pun nggak mau mengalami penyesalan setelah mengeluarkan uang, kan?

 

Artikel Terkait : Hubungan Dalam Keluarga

  1. Punya Kaka Perempuan> Ini lho Alasan Kamu Beruntung Memilikinya.
  2. Saudara Kandung Lebih Sukses? Lakukan ini agar Kamu Berhenti Merasa iri.
  3. Cara Berdebat dengan Keluarga Tanpa Menyakiti Pihak Manapun

 

3. Melek teknologi

Di zaman serba canggih ini, perempuan millennial wajib melek tekonologi! Terutama karena teknologi bisa dijadikan alat bantu yang ampuh untuk mengatur keuanganmu. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ponsel untuk mengecek saldo rekening, mencatat pengeluaran, atau bahkan melacak investasi yang kamu tanamkan. Teknologi bahkan bisa membantumu untuk berhemat dalam berbelanja, lho! Sangat mempermudah hidupmu, kan?

 

4. Menerapkan prinsip “five times coverage”

Prinsip five times coverage ini diterapkan oleh Jasmin Chong, founder dari Yoga Lab. Sederhananya, Chong hanya akan membeli sesuatu jika ia memiliki uang berjumlah lima kali lipat lebih besar dari harga barang yang akan dibeli. Nah, prinsip ini pun bisa kamu terapkan dalam hidupmu. Misalnya, jika kamu ingin membeli maskara seharga Rp50.000, setidaknya kamu harus memiliki uang sejumlah Rp250.000 di rekeningmu. Jika diterapkan dengan konsisten, prinsip ini akan sangat membantu kondisi finansialmu, lho!

 

Artikel Terkait : Persiapan Pernikahan

  1. 7 Cara Menabung Untuk Mengadakan Bridal Shower
  2. 6 Rekomendasi Jasa Wedding Organizer di Jakarta dengan Harga Terjangkau
  3. Yuk Intip Tahapan Prosesi Upacara Pernikahan Adat jawa Plus Hitung Biayanya

 

5. Membeli pengalaman

Daripada menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah, kenapa nggak mengalokasikan uang tersebut untuk membeli ilmu dan pengalaman yang berharga? Misalnya, kamu bisa menggunakan sebagian pemasukanmu untuk mengikuti kursus bahasa asing, kursus melukis, atau bahkan untuk berlibur ke tempat-tempat yang akan memperkaya pengetahuanmu. Selain itu, gairah hidupmu pun akan bertambah sehingga niscaya kamu akan merasa lebih bahagia.

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett