Beranda > Finansial > 4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang ke Bank

4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang ke Bank

PAULUS RISANGPaulus Risang
4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang ke Bankwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki ide bisnis yang prospektif atau tertarik untuk mengembangkan bisnismu? Ada kalanya niat mulia tersebut sulit diwujudkan karena kamu tidak memiliki modal yang cukup. Jika situasinya demikian, beberapa upaya yang bisa kamu lakukan adalah mencari investor atau meminjam uang ke bank.

 

Lembaga perbankan adalah kreditur tepercaya yang bisa kamu andalkan dalam situasi tersebut, terutama karena mereka menyediakan berbagai program kredit (seperti kredit usaha rakyat/KUR) untuk membantu mengembangkan usahamu. Nah, salah satu syarat yang perlu kamu penuhi agar kreditmu disetujui adalah menyediakan proposal bisnis.

 

Lalu bagaimana sih, cara bikin proposal bisnis yang baik agar sukses memperoleh kredit untuk usaha? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

 

1. Susun skema bisnis yang terperinci

Salah satu bagian penting yang wajib kamu cantumkan adalah skema bisnismu. Secara terperinci, pastikan kamu mencantumkan informasi-informasi berikut ini:

 

  • Ikhtisar usaha — Pada bagian ini, kamu harus menyampaikan hal-hal yang perlu diketahui kreditur, seperti profil singkat usahamu, jenis industri yang kamu geluti, keunggulan kompetitif usahamu, serta nominal yang kamu butuhkan.

 

  • Profil usaha — Pada bagian ini, jelaskan profil usahamu secara terperinci. Dengan kata lain, cantumkan nama, lokasi usaha, informasi perizinan, sejarah usaha, profil pemilik usaha, serta informasi terkait kegiatan operasional yang sedang berlangsung.

 

  • Data keuangan — Pada bagian ini, cantumkan laporan keuangan yang terperinci beserta prediksi kondisi keuangan perusahaanmu hingga 2-3 tahun ke depan. Informasi ini wajib kamu cantumkan untuk menunjukkan kesehatan bisnismu dan kemampuanmu untuk mengembalikan pinjaman.

 

  • Rencana pemasaran — Pada bagian ini, berikan informasi terkait target konsumenmu, pesaingmu beserta kelebihan dan kekurangan mereka, serta keunggulan kompetitifmu.

 

  • Rencana produksi — Pada bagian ini, jelaskan kemampuanmu untuk memenuhi kapasitas operasional dan mencapai target penjualan.

 

Artikel terkait: Kiat sukses membangun usaha

  1. Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Simak 20 Kiat Ampuh Ini
  2. Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini
  3. Ingin Menjalankan Bisnis dengan Sahabat? Pahami Dulu 5 Hal Ini!

 

2. Susun anggaran biaya yang terperinci

Informasi penting lain yang wajib kamu cantumkan adalah anggaran usahamu. Tuliskan secara mendetail pos-pos kebutuhanmu beserta nominal yang dibutuhkan untuk masing-masing pos. Lantas apa saja pos kebutuhan yang perlu kamu masukkan? Informasi itu sangat bergantung pada jenis usahamu, sih. Untuk usaha produksi barang, misalnya, pos kebutuhan yang perlu kamu cantumkan adalah biaya belanja peralatan, biaya bahan baku, biaya operasional, dan biaya promosi. Jangan mencantumkan pos-pos yang nggak perlu, ya!

 

3. Cantumkan perkiraan omzet dan klausul pengembalian pinjaman

Selain anggaran, kamu juga perlu menyusun perkiraan pemasukan dan aliran kas usaha. Isinya kurang lebih mengenai perkiraan nilai omzet dalam periode tertentu serta perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk balik modal.

 

Selain itu, kamu juga harus mencantumkan klausul pengembalian pinjaman, yaitu persentase pendapatan yang diperkirakan bisa dialokasikan untuk membayar angsuran pinjaman. Ini adalah informasi penting yang dibutuhkan bank untuk menganalisis pinjaman kamu. Jadi, pastikan angkanya realistis dan nggak muluk-muluk.

 

4. Perhatikan beberapa kiat menyusun proposal bisnis

Agar proposal bisnismu meyakinkan dan enak dibaca, perhatikan kiat-kiat berikut ini:

 

  • Gunakan bahasa yang sederhana. Hindari penggunaan akronim dan istilah-istilah teknis agar proposal kamu gampang dipahami.

 

  • Jika tersedia, sertakan dokumen-dokumen pendukung seperti bukti laporan keuangan, testimoni pelanggan, serta liputan media tentang bisnismu.

 

  • Jangan membuat proposal yang asal-asalan. Pastikan isi proposalmu komprehensif, profesional, dan menarik untuk dibaca. Kalau sulit membuatnya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan penulis profesional, lho.

 

Artikel terkait: Menjadikan hobi sebagai sumber rezeki.

  1. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!
  2. Tanpa Kita Sadari, 7 Hobi Ini Bisa Menghasilkan Uang dan Dijamin Menguntungkan!
  3. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Setelah menerapkan langkah-langkah ampuh di atas, mudah-mudahan kamu berhasil mengajukan pinjaman untuk mendanai modal usahamu, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett