Beranda > Finansial > 12 Cara Seru Mengajarkan Anak Tentang Uang yang Bisa Kamu Coba

12 Cara Seru Mengajarkan Anak Tentang Uang yang Bisa Kamu Coba

Artikel ini ditulis oleh:
12 Cara Seru Mengajarkan Anak Tentang Uang yang Bisa Kamu Cobawatermark

TUNAIKU.COM – Kalau kamu orang tua dengan anak usia di bawah 10 tahun, kayaknya kamu mulai perlu memberi pelajaran soal uang atau keuangan pada anak-anakmu. Karena kalau anak-anak biasa belajar keuangan dari kecil mereka akanlebih bisa menghargai uang dan nggak boros, alias pintar mengelola keuangan.

 

Tentu, mengajarkan anak-anak soal uang atau keuangan ini bukan proses yang mudah. Bahkan bisa dibilang menantang. Makanya, kamu perlu menerapkan cara yang seru dan mudah dipahami oleh mereka. Agar kamu nggak bingung, kali ini saya mau berbagi 12 cara seru dan menyenangkan untuk mengajarkan anak tentang uang yang bisa kamu coba. Simak yuk!

 

1. Uang Nggak Dipetik dari Pohon

Anak kadang sering memaksa untuk dibelikan mainan saat itu juga. Repot juga kan kalo setiap ke mall anak merengek minta dibelikan mainan? Biar nggak repot, kalau uang itu nggak dietik dari pohn. Melainkan pelu usaha dan kerja keras dari ayah dan ibunya agar bisa mendapatkan uang. Terangkan sesederhana mungkin dengan bahasa yang ringan agar anak mudah paham.

 

2. Ajarkan untuk bersabar

Ajari anak untuk bersabar menunggu barang yang mereka inginkan. Mereka mungkin sudah tahu kalau uang nggak datang tiba-tiba, jadi jelaskan pada mereka kalau mereka harus menunggu sampai uang untuk membeli mainan yang mereka inginkan itu ada. Lakukan ini agar anak terbiasa dengan proses dan bisa bersabar dalam menunggu apa yang mereka inginkan.

 

3. Buat List Permintaan

Ajak anak untuk menuliskan daftar keinginannya di buku catatan. Lalu buatkan kotak kecil dari kaca untuk kamu dan anak-anak menabung. Kamu bisa mengajarkan anak-anak untuk menabung dengan sisa uang jajan mereka dan juga sisa uang setalah kamu selesai belanja.

 

Dari sini kamu bisa mengajarkan anakmu bahwa menabung adalah hal yang menyenangkan. Jangan lupa ajarkan anakmu tentang prioritas dari daftar yang mereka buat ya.

 

Artikel terkait trik mengelola keuangan di usia muda

  1.    Ini 5 Alasan Kamu Butuh Asuransi Sejak Muda
  2.    7 Aturan Keuangan yang Harus diterapkan oleh Freshgraduate
  3.    Baru Saja Menikah? Terapkan 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Ini

 

4. Mengatur Pengeluaran dengan Uang yang Dimiliki

Kamu perlu memberitahu anak bahwa barang yang mereka inginkan harus dibeli dengan uang. Maka anak-anak juga perlu menyesuaikan keinginan tersebut dengan jumlah uang yang mereka miliki. Kalau jumlahnya nggak cukup, beri mereka semangat untuk lebih sering menabung. Peribahasa besar pasak dari pada tiang juga perlu kamu ajarkan pada mereka.

 

5. Yuk Nabung di  Bank

Sesekali kamu bisa mengajak anak-anak bertransaksi di bank. Coba minta anakmu yang memberikan uang pada teller. Ini setidaknya akan memberi dia pengetahuan kalau menabung itu perlu dan mudah. Kalau dirasa anak sudah cukup besar kamu juga Kalau anakmu sudah cukup besar, misalnya sudah mulai masuk usia 7 atau 8 tahun, kamu bisa coba membuatkan rekening pribadi untuk mereka, agar bisa mulai terbiasa mengatur uang dan tabungan.

 

Pinjaman tanpa agunan tunaiku

 

6. Ajak Anak Berbelanja

Agar lebih seru dalam mengajarkan pelajaran keuangan kamu perlu mengajak anak berbelanja di mall dan pasar tradisional. Lalu beritahu mereka beda harga antara satu tempat dan tempat lainnya. Kamu juga bisa meminta anak-anak untuk memilih barang dan memberikan uangnya pada penjual.

 

7. Membeli Langsung dari Petani

Belibur bersama keluarga ke perkebunan bakal jadi opsi yang paling bagus. Kamu bisa bersenang-senang bareng anak-anak sambil belajar soal uang. Di sana kamu bisa minta anakmu memilih sayuran terbaik dan memberikan uang ke petani. Jelaskan pada anakmu kalau petani mendapatkan uang dari menanam sayur dan menjualnya.

 

8. Anak Sebagai Bill Asisten

Bagi kamu yang suka berbelanja dengan kartu kredit mungkin anak-anak akan berimajinasi dan berpikir bahwa kartu kredit itu benda ajaib. Ya, karena dengan kartu kredit mereka bisa membeli apapun yang mereka inginkan. Tinggal gesek lalu dapat deh!

 

Nah, agar anak mudah mengerti soal cara kerja si kartu ajaib tadi, kamu perlu mengajak mereka membayar tagihan kartu kredit. Lalu jelaskan kalau apa yang dibeli juga harus dibayar di kemudian hari.

 

9. Berburu Kupon

Jika kamu suka berburu voucher dan kupon jangan lupa ajak anak – anak. Jelaskan bahwa kamu dan anak bisa mendapatkan diskon atau bonus lainnya jika memiliki voucher dan kupon.

 

10. Bermain Game

Agar anak nggak stres dan bosan kamu juga bisa mencoba games online tentang konsep keuangan. Kamu bisa mengunjungi moneyandstuff.info, cufacats.org dan Usmint.gov. Disana kamu bisa dapat games yang tepat bagi si kecil.

 

Artikel terkait: Mulai berinvestasi, yuk!

  1. Ingin Berinvestasi? Yuk, Kenali Jenis Investasi Berpajak dan yang Tidak
  2. Sebelum Investasi Mata Uang Asing, Pahami Dulu 10 Hal Ini
  3. Asuransi Kesehatan, Investasi yang Tepat untuk Pekerja Lepas

 

11. Berbagi itu Indah

Ada orang yang lebih kaya dan ada sebagian pula yang kekurangan. Hal ini perlu kamu ajarkan pada anak supaya mereka mengerti untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Kamu bisa mengajak anak-anak berbagi makanan di panti asuhan saat ulang tahun mereka.

 

12.  Berjualan di Bazar Sekolah

Beberapa sekolah mengadakan bazar khusus untuk siswa-siswanya berjualan dengan pengawasan guru, Maka ajak anakmu berdiskusi soal memilih barang apa yang akan dijual dan jangan lupa bantu mempersiapkan dagangannya. Dari berjualan di bazar sekolah secara nggak langsung anak-anak diajarkan mengenai konsep keuangan dan bisnis.

 

Nah seru kan belajar soal uang bareng anak? Kamu bisa terapkan 12 cara di atas untuk mengajarkan anak-anak tentang keuangan. Dijamin anakmu bakal lebih menghargai uang. Bahkan mereka nggak lagi memaksa dibelikan barang di saat itu juga. Selamat mencoba yaa!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett