Beranda > Finansial > 10 Kiat Agar Bisnis Kue Makin Laris dan Sukses

10 Kiat Agar Bisnis Kue Makin Laris dan Sukses

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
10 Kiat Agar Bisnis Kue Makin Laris dan Sukseswatermark

TUNAIKU.COMBisnis kue memang nggak ada matinya! Nggak sekadar kue yang ada di toko roti, tetap sudah banyak artisan sampai kafe yang turut menjual kue. Kini, kamu mencari kue model apa saja ada kok! Tinggal pilih di etalase atau pesan ke artisan kalau custom kue dengan model tertentu.

Saya yang nggak begitu suka kue manis, lebih suka memesan kue artisan. Saya memesan kue less sugar yang lebih sehat. Nggak hanya saya saja kok, ternyata banyak juga peminat kue artisan ini. Melihat kesuksesan bisnis kue ini, rasanya jadi tertarik buat memulai bisnis juga.

 

Artikel Terkait: Tips Memulai Bisnis Kue

  1. 5 Tren Kue Pengantin yang Populer di Tahun 2018
  2. Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran
  3. Yuk Dekor Sendiri Stoples untuk Kue Keringmu Agar Lebih Menarik

 

Sebelum ikut membuka bisnis kue, bisa belajar dulu yuk dari Ella Harvery pemilik dari Strawberry Lane Cake Company. Dalam wawancaranya dengan Create.net, ia berbagai 10 tips sukses memulai bisnis kue!

 

1. Gabung dalam lembaga kursus

Untuk menambah keterampilan bikin kue, kamu bisa kok gabung kursus yang digelar oleh pemerintah. Dengan ikut lembaga kursus ini, kamu akan dilatih oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. Untung-untung, kalau mereka memberikan pelatihan secara gratis, pasti jadi lebih hemat lagi.

 

2. Perbanyak latihan

Sekali, dua sampai puluhan kali nggak berhasil juga bikin kue? Jangan pantang menyerah dong! Kamu harus terus latihan untuk sukses bikin kue enak dan berkualitas. Saat kamu bikin kue, minta teman, keluarga, dan tetangga untuk mencicipinya. Dari masukan mereka, kamu bisa improve cita rasa kue yang kamu buat.

 

3. Ciptakan ciri khas

Ketimbang membuat berbagai jenis kue, ada baiknya untuk fokus pada satu jenis saja. Misalnya, kue pernikahan, kue ulang tahun, atau cupcake. Setelah memilih, kamu harus bikin ciri khas sehingga bisa jadi branding dari toko rotimu. Pilih juga nama toko roti yang catchy dan mudah diingat oleh pelanggan.

 

4. Jangan lupa untuk riset

Penting hukumnya melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis kue. Kamu harus tahu selera pasar agar bisa menciptakan kue dengan bentuk dan rasa yang populer di masyarakat. Lalu, bagaimana cara riset? Kamu bisa mendatangi beberapa toko kue dan icip-icip kue rekomendasi mereka. Asik banget, bukan?

 

5. Ciptakan resep rahasia

Setelah melakukan banyak latihan dan mencoba berbagai bahan, kamu pun sukses menciptakan banyak resep rahasia. Nggak perlu takut bereksperimen, kamu bisa menerima pesanan dengan rasa dan bentuk sesuai permintaan. Dari sini, kamu bisa menciptakan kue-kue berkualitas dengan rasa yang unik.

CTABARU1

Mobile Site CTA

6. Siap kerja dalam waktu lama

Memang, sih, dengan mempersiapkan segalanya dari awal, semua pekerjaanmu akan lebih praktis dan cepat. Namun, hal ini akan sedikit sulit dilakukan ketika kamu baru memulai bisnis. Bahkan, ada satu orang yang saya kenal, harus bangun dari jam 2 pagi untuk menyiapkan semua adonan. Hemm, harus kuat ya!

 

7. Memasang harga yang realistis

Ada satu teknik memasang harga yang layak buat ditiru. Kamu harus mulai menghitung semua pengeluaran dan membuat batas minimal harga untuk kue yang akan dijual. Jangan sampai memasang harga kue di bawah batas minimal tersebut.

 

Artikel Terkait: DIY Fashion yang Bisa Kamu Coba di Rumah

  1. DIY Jeans Lama Supaya Tampak Baru
  2. DIY Kaos Polos Dengan Cara Sederhana Berikut Supaya Lebih Kekinian
  3. Buat Jeans Kamu Lebih Keren dan Gaya dengan 5 Jenis DIY ini!

 

Atau kamu nggak akan dapat untung. Lebih baik memasang harga yang sedikit mahal. Daripada memasang harga murah lalu harus menaikkannya karena nggak bisa balik modal.  

 

8. Membuat website

Cara efektif untuk mempromosikan bisnismu adalah dengan membuat website. Dari website ini, para calon pembeli bisa melihat tampilan dan harga kue yang kamu jual. Kalau memang nggak ada bujet untuk bikin website, bisa dengan membuat blog gratis.

 

9. Menggunakan sosial media untuk promosi

Sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter bisa jadi media promosi yang efektif. Apalagi, ketiganya bisa diakses secara gratis.Jadi nggak salah bila sosial media ini sering jadi media marketing untuk bisnis kue.

 

10. Kemasan dan dekorasi kue harus menarik

Kemasan dan dekorasi kue harus benar-benar diperhatikan agar disukai para pembeli. Sebisa mungkin memilih supplier yang terpercaya untuk menyediakan bahan dekorasi hingga kemasan. Lakukan survei terlebih dahulu atau minta rekomendasi teman. Dengan begini, kamu bisa hemat uang karena nggak perlu buang-buang uang untuk barang yang nggak bagus.

 

Jika 10 kiat di atas bisa kamu lakukan dengan konsisten dan bersungguh-sungguh, sepertinya rahasia sukses ala Ella Harvery ini akan bikin bisnis kue laris dan makin sukses.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett