Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Menjadi content creator saat ini digadang memiliki potensi yang besar. Benar kah demikian? Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara jadi content creator dan apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan, yuk simak artikel ini sampai habis.

 

Nah, sebelum membahas bagaimana cara jadi content creator, sebaiknya kita telusuri dulu apa sih sebenarnya content creator itu? Bagaimana proses kerjanya? Apakah betul berpotensi?

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Apa itu Content Creator?

 

 

Sederhananya, content creator adalah seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah konten di media digital. Main job dari seorang content creator itu dimulai dari proses penyusunan strategi konten, riset ide konten, pembuatan konten, hingga evaluasi konten.

 

Di sebuah perusahaan, seorang content maker memiliki tanggungjawab untuk memastikan konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga membantu proses pemasaran dan meningkatkan penjualan.

 

Namun, menjadi content creator juga bisa dilakukan dengan sendiri-sendiri. Kamu bisa melihat berapa banyak content creator di media sosial yang sukses mendapatkan banyak kerjasama dengan brand lokal hingga luar.

 

Baca juga: Sukses Sebagai Freelancer, Tiru Rahasia Content Creator Jenn Im

 

 

Potensi Bekerja sebagai Content Creator

 

Saat ini menjadi seorang content creator memiliki potensi yang lumayan besar. Sebab, semua hal baik yang berkaitan dengan bisnis, pendidikan, hiburan, dan lainnya beralih ke bidang digital.

 

Peran content creator di sini tentu sangat dibutuhkan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari instansi tertentu ke ranah digital untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

 

Tak heran, bila saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba merekrut seorang content creator untuk join di perusahaannya membantu proses digital marketing.

 

Bukan hanya berpotensi bagi dunia korporat. Kamu pun bisa mendatangkan banyak keuntungan jika menjadi self content creator. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan jika konten yang kamu buat itu banyak dikonsumsi oleh publik. Bisa saja kamu mendapatkan banyak kerjasama dari berbagai brand atau mungkin diajak menjadi pembicara kreatif.

 

Intinya, saat ini potensi seorang konten kreator itu sangat tinggi. Lalu, bagaimana cara jadi content creator? Simak caranya di sini.

 

Cara Jadi Content Creator

 

 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi content creator, sebenarnya tidak ada cara yang pasti dan menjamin. Ada 2 cara untuk menjadi content creator, bisa dari pekerjaan yang diberikan oleh lembaga lain atau sebagai karyawan biasa atau memilih menjadi self working.

 

1. Self working

 

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi content creator (self working) kamu bisa memulainya dengan cara membuat akun khusus atau bisa juga dari akun pribadi yang sudah ada.

 

Selanjutnya, kamu tinggal membuat niche dari kontenmu. Maksudnya, kamu tentukan poin pokok yang akan menjadi bahasan kamu seterusnya.

 

Contoh, kamu ingin membuat konten dengan niche self development, politik, agama, atau mungkin comedy. Niche inilah yang akan menjadi dasar dan ciri khas dari kontenmu ke depannya.

 

Setelah menentukan niche, langkah selanjutnya adalah menentukan konten pilar. Di sini, kamu bisa melakukan riset konten dari akun-akun yang serupa dengan niche-mu. Riset adalah hal penting dalam sebuah pembuatan konten.

 

Setelah mengetahui riset dan sudah melakukan penjadwalan, maka eksekusi lah planmu sedemikian rupa. Ingat, menjadi content creator self working itu membutuhkan waktu. Jangan sampai kamu menyerah hanya karena kontenmu kurang diminati. 

 

Teruslah evaluasi dan buat konten sampai akhirnya kamu memiliki konten yang meledak dan mengantarkan pada ledakan konten berikutnya.

 

2. Cara jadi content creator dari agency/karyawan

 

Sebenarnya untuk menjadi content creator dari pekerjaan kantoran memang tidak serumit self working. Namun, kamu tetap membutuhkan langkah-langkah di atas untuk mendapatkan portfolio.

 

Ya, menjadi seorang karyawan yang bergerak dalam hal creative industry memang diperlukan portfolio untuk membuktikan bahwa kamu layak untuk direkrut.

 

Kamu bisa membuat portfolio melalui akun pribadi, membuat konten di akun tersebut dan mengumpulkan banyak portfolio dalam berbagai niche.

 

Bisa juga kamu mengumpulkan portfolio dari mengikuti berbagai freelance atau dari bootcamp atau online course.

 

Yuk, upgrade alat untuk meningkatkan kualitas kontenmu. Ajukan saja pinjaman di Tunaiku, dapatkan limit pinjaman hingga 20 juta dengan tenor selama 20 bulan hanya dengan modal KTP. Ajukan di sini.

 

Baca juga: Pilih Jadi Content Creator Youtube dan Instagram? Ikuti 5 Tips Ini!

 

Perlengkapan Content Creator

 

 

Mungkin kamu sudah paham step awal untuk cara menjadi content creator dan mulai memutuskan berkarier sebagai content creator. Nah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli beberapa perlengkapan penunjang.

 

Disclaimer terlebih dahulu, bahwa sebenarnya kamu tidak perlu memiliki seluruh perlengkapan di bawah ini untuk mulai membuat konten. Kamu bisa banget untuk membuat konten dimulai dengan apa yang ada sekarang saja. Tidak perlu menunggu sempurna untuk memulai sesuatu.

 

Namun, untuk sebagai penunjang dan kemudahan dalam berkarier, kamu tentunya disarankan memiliki beberapa perlengkapan profesional content creator yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Tripod

 

Tripod sangat diperlukan oleh kamu yang berminat jadi creator content. Sebab, dengan adanya tripod kamu bisa menghasilkan kualitas konten yang stabil.

 

Tripod berfungsi sebagai penyangga agar kamera yang kamu gunakan untuk berswafoto atau mengambil video itu tetap stabil dan tidak goyang.

 

Tak hanya itu, tripod juga berfungsi bagi kamu yang ingin menjadi self working. Tripod bisa berfungsi sebagai penyangga untuk mengambil frame dari berbagai macam angle.

 

Saya rasa, bagi seorang pemula pun kamu membutuhkan tripod ini. Jangan khawatir masalah harga, kamu bisa membeli tripod yang murah saja. Biasanya, tripod dijual mulai dari Rp50.000.

 

2. Laptop/Ipad/Komputer

 

Perlengkapan seperti laptop/komputer memang kamu butuhkan untuk menunjang proses pembuatan kontenmu. Sebab, dengan laptop kamu bisa lebih leluasa untuk mengedit video atau foto yang sudah kamu buat.

 

Namun, bagi kamu yang belum memiliki laptop, bisa banget kok untuk memulai membuat konten bermodalkan smartphone. Tentunya untuk hasilnya tidak sebagus jika kamu mengedit melalui aplikasi yang ada di laptop, ya! Enggak apa-apa, kok. Mulai aja dulu!

 

3. Kamera

 

Untuk mendapatkan gambar atau video dengan kualitas tinggi, tentu kamu memerlukan sebuah kamera. Kamera adalah alat penunjang primer bagi profesional konten. Namun, untuk pemula, kamu bisa memotret atau merekam melalui sebuah handphone.

 

Namun, bagi kamu yang sudah cukup untuk membeli kamera, maka lebih baik untuk membelinya saja. Sebab, tentu saja dengan kualitas video atau gambar yang baik, penontonmu akan lebih suka dengan konten yang kamu buat.

 

4. Smartphone

 

Baik seorang pemula maupun profesional wajib untuk memiliki alat yang satu ini. Ya, Smartphone, kamu tentu tidak bisa membuat konten tanpa ini. Bagi pemula, kamu bisa menggunakan smartphone untuk merekam dan mengambil gambar. Bagi profesional, kamu bisa menggunakan untuk menunjang konten pendukung lainnya.

 

Tentu saja, smartphone yang kamu gunakan harus dengan spesifikasi yang mumpuni, ya. Bisa dengan spesifikasi mulai dari RAM 8 GB dengan kualitas kamera yang baik.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

5. Mic/Audio recorder

 

Mic dan audio recorder tentu sangat dibutuhkan bagi kamu yang membuat konten video atau audio. Kamu yang menggunakan mic dan audio recorder tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan suara yang jernih.

 

Nah, mic ini pun bisa kamu pasang di sekitar kamera atau dijepitkan di area baju. Bagi pemula maupun profesional sangat wajib menggunakan alat ini. Tenang saja, mic atau audio recorder banyak dijual mulai dari harga Rp100.000.

 

6. Ring light

 

Ring light berguna untuk membantu penerangan bagi kamu yang ingin membuat konten video maupun gambar. Alat ini wajib dimiliki agar konten yang kamu hasilkan menarik untuk dilihat. Ring light ini sudah familiar dan banyak dijual di toko-toko elektronik. Harganya pun cukup murah mulai dari Rp50.000 an

 

Mau beli perlengkapan untuk ngonten tapi terkendala biaya? Pinjam di Tunaiku yuk! Pinjaman cepat diproses hanya dengan modal KTP. Ajukan di sini.

 

Itulah artikel mengenai cara jadi content creator dan apa saja perlengkapan yang dibutuhkan. Menjadi content creator adalah pekerjaan yang potensial untuk dijadikan karier. Namun, apapun pekerjaannya, pasti kamu akan mendapatkan berbagai hambatan. Tetap semangat, ya!