SWARA DARI AMAR BANK РDewasa ini peluang bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang berbau dengan jasa. Tak bisa dimungkiri  orang-orang zaman sekarang suka dengan hal yang berbau instan dan mudah. Nah, salah satu bisnis jasa dengan potensi untung besar yang bisa kamu coba adalah bisnis laundry.

 

Kalau melihat peluang bisnis dari laundry ini, banyak orang yang berminat untuk membukanya. Sayangnya, beberapa orang masih mengurungkan niat karena belum ada modalnya. Padahal, untuk membuka bisnis ini kamu hanya perlu modal kurang lebih Rp6 juta.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Nah, bagaimana cara membuka bisnis laundry hanya dengan modal 6 juta? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

 

1. Buat plan bisnis yang matang

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka bisnis laundry modal 6 juta adalah membuat bisnis planning-nya.

 

Apa saja sih yang harus ada di bisnis plan? Berikut beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab:

 

  • Apa keunikan dari bisnis kamu?
  • Bagaimana bisnismu menghasilkan profit?
  • Apa saja yang akan menjadi pengeluaran tetap kamu?
  • Dalam bisnis yang kamu jalankan, apa masalah pelanggan yang ingin kamu selesaikan?
  • Apa harapan pelanggan yang kamu jawab dalam bisnis kamu?
  • Bagaimana metode pemasaran yang akan kamu jalankan?
  • Di manakah kamu bisa mendapatkan modal tambahan?

 

2. Buat plan keuangan yang matang

 

Seain bisnis plan, kamu juga harus membuat perencanaan keuangan yang matang. Bisnis tanpa perencanaan keuangan yang matang sama saja berjalan tanpa arah. Bahkan, modal utama kamu akan ludes tanpa arah. Dengan memiliki plan keuangan, kamu jadi tahu bagaimana modal tersebut bisa menghasilkan profit. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu jadikan acuan adalah:

 

  • Bagaimana pembagian atau alokasi modal kamu?
  • Berapa lama target pembalikan modal?
  • Bagaimana alur modal kamu bisa menghasilkan profit?
  • Bagaimana sistem pembagian profit dengan rekan bisnis?

 

3. Usahakan sudah punya tempat

 

Sebenarnya yang mahal untuk memulai usaha adalah tempat atau lokasi bisnis. Kabar baiknya, bisnis laundry bisa kamu jalankan di rumah sendiri. Maka sebisa mungkin kamu memiliki space khusus untuk membuka bisnis laundry ini. Dengan begitu, modal Rp6 juta bisa kamu alokasikan khusus untuk biaya operasional.

 

4. Pilih mesin cuci dengan harga murah

 

mesin cuci untuk bisnis laundry modal 6 juta
Sumber: Unsplash

 

Pilihlah mesin cuci dengan harga yang murah sebagai langkah awal kamu membuka usaha. Saat ini, harga mesin cuci bisa kamu dapatkan dengan rentang Rp2-5 juta. Akan lebih baik jika kamu memiliki mesin cuci sendiri sehingga alokasi modal bisa dialihkan ke biaya operasional lain.

 

Baca juga: Rincian Modal Usaha Laundry Mulai Rp10-50 juta, Lengkap!

 

5. Cari partner bisnis

 

cari rekan bisnis bisnis laundry modal 6 juta
Sumber: Unsplash

 

Alih-alih mempekerjakan karyawan, lebih baik kamu mencari partner yang mau diajak kerjasama dalam membangun usaha. Bahkan, kamu bisa patungan modal untuk membuka bisnis laundry yang lebih besar lagi. Misalnya, kamu memiliki modal Rp6 juta dan partner bisnis memiliki modal Rp6 juta, maka total modal yang kalian punya senilai Rp12 juta.

 

Tentunya, kamu harus memperhitungkan bagimana sistem bagi hasil dari usaha nantinya. Tidak perlu terburu-buru untuk mempekerjakan karyawan jika source yang ada sekarang bisa kamu maksimalkan dengan baik. Namun, perlu digaris bawahi bahwa mencari partner kerja haruslah yang betul-betul bisa dipercaya.

 

6. Maksimalkan pemasaran offline

 

Pemasaran bisnis laundry masih optimal dilakukan secara konvensional (offline). Kamu bisa membuat browsur untuk disebarkan di berbagai kalangan.

 

Kamu juga bisa bekerja sama dengan beberapa kos-kosan, kantor, apartemen, untuk mendapatkan target pasar yang lebih beragam.

 

Berikan beberapa promosi khusus untuk pelanggan yang loyal terhadap bisnismu dan lakukan pemasaran word of mounth.

 

7. Coba pemasaran digital

 

Selain memaksimalkan pemasaran offline, kamu juga harus memaksimalkan pemasaran digital. Cobalah dengan membuat sosial media untuk memperkenalkan apa saja keunggulan bisnis laundry kamu.

 

Kamu bisa membangun komunitas dan mendapatkan banyak pelanggan dengan memanfaatkan fitur-fitur sosial media. Bahkan, kamu bisa menggunakan iklan di facebook untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dan tertarget.

 

8. Putar profit menjadi modal usaha lanjutan

 

Kesalahan banyak pebisnis pemula adalah terlalu terburu-buru ingin menikmati hasil bisnisnya. Nah, untuk bisnis kecil apalagi untuk starter. Ada baiknya profit yang diperoleh diputar lagi menjadi modal untuk mengembangkan usaha.

 

Misalnya, jika bulan pertama kamu mendapatkan profit Rp3 juta, kamu bisa menyimpannya untuk membeli mesin cuci terbaru. Dengan begitu, peningkatan produktivitas bisnismu akan semakin membaik dan daya output semakin berkembang.

 

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis Laundry yang Bisa Diterapkan

 

9. Selalu lakukan inovasi

 

lakukan inovasi untuk bisnis laundry modal 6 juta
Sumber: Unsplash

 

Coba untuk lebih banyak memperhatikan pelanggan. Coba ajak mereka ngobrol apa saja keresahan selama menggunakan jasa laundry kamu. Selain itu coba gali juga apa saja harapan terkait industri bisnis jasa laundry. Jika memungkinkan perlahan kamu bisa menyelesaikan keresahan dan memenuhi harapan mereka melalui sistem bisnis yang kamu bangun.

 

Rincian Buka Usaha Laundry dengan Modal 6 Juta

 

Berikut rincian yang bisa kamu gunakan untuk memperkirakan pengeluaran membuka bisnis laundry dengan modal kurang lebih Rp6 juta.

 

  • Sewa tempat (rumah sendiri): Rp0
  • Mesin cuci (aset sendiri): Rp0
  • Renovasi usaha (pengecatan dll): Rp1,5 juta
  • Timbangan: Rp600 ribu
  • Kimia laundry: Rp420 ribu
  • Plastik dan kresek: Rp350 ribu
  • ATK: Rp50 ribu
  • Publikasi: Rp500 ribu
  • Tambah daya listrik: Rp600 ribu
  • Bayar rekening listrik: Rp400 ribu
  • Lain-lain: Rp1.58 juta

 

Total Rp6 juta.

 

Sekian artikel mengenai cara membuka bisnis laundry modal 6 juta yang bisa kamu coba. Perlu diingat bahwa kebutuhan tiap orang untuk berbisnis tentu berbeda. Namun, contoh di atas bisa kamu jadikan referensi sebagai patokan perkiraan membuka bisnis laundry, selamat mencoba!

 

Butuh Tambahan Modal untuk Buka Bisnis Laundry? Ajukan di Tunaiku

 

Apabila kamu membutuhkan modal tambahan untuk kelancaran usaha, kamu bisa ajukan di Tunaiku. Tunaiku merupakan platform pinjaman digital yang dinaungi oleh PT. Bank Amar Indonesia Tbk. dan terdaftar serta diawasi oleh OJK.

 

Kamu bisa mengajukan pinjaman dengan limit Rp20 juta dan panjang tenor 20 bulan hanya bermodalkan KTP. Tunaiku telah banyak membantu kebutuhan nasabah dalam berbagai bidang, mulai dari kebutuhan harian, modal tambahan, biaya pendidikan anak, renovasi rumah, hingga traveling.