TUNAIKU.COM – Menjadi sukses itu nggak hanya bermodalkan semangat ‘45. Ada beberapa nilai yang harus kita miliki, bahkan wajib kita kuasai. Karena, jalan menuju sukses itu pasti berliku dan tidak mudah. Kita pun harus mempersenjatai diri dengan amunisi-amunisi nilai kesuksesan agar bisa mengalahkan hambatan tersebut. Nah, belajar kesuksesan itu bisa dari film, lho! Apalagi, sebentar lagi penghargaan Oscar 2017 digelar.

Oscar 2017 akan dilangsungkan pada Minggu (26/2/2017) waktu setempat, atau Senin (27/2/2017) waktu Indonesia. Nah, 5 film di bawah ini merupakan film-film yang masuk dalam nominasi Oscar 2017. Di kategori paling bergengsi, Best Picture, ada ‘La La Land’, ‘Hidden Figures’, dan ‘Arrival’. Sementara di kategori lain, Best Animated Feature Film, ada ‘Zootopia’ dan ‘Moana’. Yuk, belajar kesuksesan dari tokoh utama perempuan di 5 film nominasi Oscar 2017 berikut ini.

 

Melawan stigma negatif dari Katherine, Dorothy, dan Mary, ‘Hidden Figures’

Konon, jenis kelamin perempuan dan ras kulit hitam di Amerika Serikat merupakan kelompok yang dipandang sebelah mata. Tapi, kisah nyata luar biasa dari Katherine G. Johnson, Dorothy Vaughan dan Mary Jackson mengubah cara pandang tersebut. Tiga perempuan keturunan Afrika-Amerika ini adalah jenius yang bekerja di NASA sebagai otak di balik salah satu operasi terbesar dalam sejarah: peluncuran astronot John Glenn ke orbit. Film ini menggambarkan bagaimana trio visioner ini berhasil mematahkan stereotip jenis kelamin dan ras untuk mengejar mimpi besar.

Sorotan utama di film ini adalah karier para perempuan dan kulit hitam. Ketiga perempuan ini berhasil membuktikan bahwa mereka dapat berhasil walau seorang perempuan dan berkulit hitam. Film ini diangkat dari kisah nyata, dan di kehidupan nyata pun kita tidak jauh dari pandangan-pandangan tertentu. Begitu juga dalam karier atau bisnis yang kita kejar. Mungkin ada beberapa hambatan karena kita dianggap tidak mampu atau dipandang berbeda. Jangan sampai hal tersebut mematahkan semangatmu, ya!

(Artikel terkait: 10 Film yang Wajib Kita Tonton di 2017)

 

Pantang menyerah dari Mia, ‘La La Land’

Tampaknya, film satu ini nggak asing lagi buat penikmat film bioskop Tanah Air. La La Land mengisahkan Mia, seorang aktris, dan Sebastian, seorang musisi jazz yang berdedikasi, berjuang untuk memenuhi kebutuhan sambil mengejar impian mereka. Film ini mengeksplorasi dua pilihan sulit dalam kehidupan asmara, cinta atau impian.

Banyak yang ngaku baper usai menonton film ini. Soalnya, film yang mendapat 14 nominasi Oscar 2017 ini memang membuat kita berpikir, kalau dihadapkan antara cinta dan impian, yang mana yang akan kita pilih? Hanya saja, bukan di poin itu sebetulnya pelajaran yang bisa kita petik. Mia sudah ingin menyerah karena berulang kali tidak berhasil lolos audisi membintangi film besar. Ia merasa seperti mempermalukan dirinya sendiri. Tapi, ia kembali bangkit. Dan, benar saja, usahanya membuahkan hasil. Coba kalau ia menyerah begitu saja? Pantang menyerah tentu bisa jadi pelajaran kesuksesan dari tokoh utama perempuan ini.

 

Ketekunan dari Louise Banks, ‘Arrival’

Louise Banks, seorang ahli linguistik, ditugaskan memimpin sebuah misi yang melibatkan kehidupan luar angkasa. Sebuah wahana antariksa misterius mendarat di seluruh dunia. Banks ditugaskan mencari tahu apa dan tujuan mereka datang ke Bumi. Sementara keadaan semakin kacau dengan ketidakpastian, Banks dan tim berusaha mengalahkan waktu untuk menemukan jawaban. Ia pun bekerja keras menguasai bahasa alien agar tidak ada hambatan dalam berkomunikasi dan memahami maksud makhluk luar angkasa.

Kita bisa belajar bagaimana ketekunan Banks mempelajari bahasa alien membantunya dan umat manusia mempersiapkan diri menghadapi masa depan. Ia terus memupuk rasa penasaran yang tinggi. Hal itu membawanya menjadi lebih tekun bekerja. Kita pun bisa mewujudkan impian dengan tetap tekun mengejarnya. Konsisten pada apa yang ingin kita capai.

(Artikel terkait: 5 Cara Sukses Mengatur Uang dengan Gaji 3 Jutaan per Bulan)

 

Optimis dari Judy Hopps, ‘Zootopia’

Kalau menonton trailer-nya, kita akan langsung dikenalkan dengan kota Zootopia! Zootopia diperkenalkan sebagai kota metropolitan tempat berbagai hewan hidup dan berkembang. Film ini menyoroti pengalaman seru Judy Hopps, kelinci pertama yang bergabung dengan kepolisian. Ketika sudah bergabung, ia mulai merasa betapa sulitnya menegakkan hukum itu. Ia pun bertekad untuk membuktikan dirinya. Judy kemudian mengambil kesempatan untuk memecahkan kasus misterius.

Walau polisi lain atau warga lain pesimis dapat memecahkan kasus tertentu, tidak begitu dengan Judy. Judy selalu mendalami pekerjaannya sebagai polisi. Ia akan bertindak layaknya polisi. Ia pernah menghadapi mafia yang dianggap menakutkan, tapi Judy tetap optimis menghadapinya. Ternyata, mafia itu tidak semenakutkan yang digambarkan hewan-hewan lain. Nah, kita bisa belajar bagaimana rasa optimis itu penting dalam mengejar kesuksesan. Di sekitar kita mungkin banyak orang yang akan membuat kita berkecil hati, tapi jangan sampai kita yang menjatuhkan diri sendiri.

 

Keberanian dari Moana, ‘Moana’

Film animasi yang juga dibuat oleh kru film ‘Zootopia’ ini bercerita tentang petualangan seorang remaja perempuan pemberani yang berlayar mengarungi samudera untuk membuktikan dirinya bisa memulihkan keadaan sukunya dan menyelesaikan pencarian yang belum pernah berhasil dilakukan nenek moyangnya. Selama perjalanan, Moana bertemu manusia setengah dewa, dan bersama-sama, mereka melintasi laut terbuka yang melakukan perjalanan penuh aksi, menghadapi makhluk api yang sangat besar dan mustahil dikalahkan.

Moana jadi putri Disney favorit di era modern ini. Kenapa? Sosok Moana mengajarkan bahwa perempuan itu kuat. Sejak Moana kecil, di sukunya, pria adalah segalanya. Perempuan dianggap sebelah mata. Ketika sukunya mendapati musibah, Moana tetap bersemangat dan berpendirian teguh kalau ia bisa membantu membangkitkan kembali sukunya. Ia pun berjuang seorang diri. Keberanian adalah nilai tak terkira dari sosok Moana.

 

Bagaimana artikel yang kamu baca hari ini? Sebelum keluar laman ini, yuk, kenalan dulu sama Tunaiku. Dijamin nggak bakal menyesal. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

Di era teknologi ini, kita dipermudah dengan pinjaman yang diproses secara digital tanpa agunan. Langsung aja kita ajukan di link berikut ini: Tunaiku.