SWARA – Meski sebagian besar orang lebih familier dengan jenis investasi properti, lahan, saham, dan emas, faktanya ada benda-benda lain yang terkesan remeh, tetapi sesungguhnya memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Kamu hobi mengoleksi barang-barang antik? Jika diinvestasikan, barang antik atau langka justru memiliki nilai investasi yang lebih tinggi dari saham atau emas, lho!

Nah, untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi, coba periksa kembali setiap sudut rumahmu. Siapa tahu benda-benda bernilai di bawah ini bisa kamu temukan!

 

Artikel terkait: Kiat-kiat berinvestasi

  1. 5 Kiat Memilih Lahan Kosong sebagai Cara Investasi
  2. Berinvestasi Reksa Dana, 4 Jenis Biaya Ini Wajib Kamu Ketahui!
  3. Tertarik Melakukan Investasi Apartemen? Perhatikan 7 Hal Ini!

 

1. Komik yang terawat

Penggemar komik datang dari segala usia, lho. Nah, buat kamu yang sejak kecil hobi membaca komik, jangan malas merawat koleksi komikmu dan menyimpannya serapi mungkin. Kolektor komik rela membayar jutaan dolar lho, untuk komik langka yang kondisinya masih terawat.

 

2. Prangko

Prangko memiliki nilai sejarah dan wawasan yang tinggi. Nggak heran, banyak orang yang gemar berburu prangko dan rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk melengkapi koleksinya. Buat kamu yang hobi mengumpulkan prangko, nggak ada salahnya mulai mempertimbangkan benda yang satu ini sebagai modal investasi jangka panjangmu.

 

3. Action figure

Miniatur beragam karakter yang kerap disebut action figure ini juga merupakan salah satu alternatif modal investasi yang menguntungkan. Nggak jarang lho, ada orang yang rela membayar sangat mahal untuk action figure berjenis langka.

 

4. Uang kuno

Biasanya, penggemar barang-barang antik juga akan mengincar uang kuno. Meski nominalnya hanya 500 rupiah, para pemburu uang kuno biasanya rela merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya. Apalagi jika uang yang kamu miliki memiliki nominal dengan angka cantik dan gambar yang unik; dijamin pasti banyak yang mencarinya, deh.

 

5. Diecast

Replika mobil berukuran kecil ini juga cocok dijadikan sumber investasimu. Saat ini, sudah ada beberapa komunitas di media sosial yang siap membayar mahal untuk membeli diecast. Dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, nggak menutup kemungkinan nilai jual diecast bisa naik berkali-kali lipat.

 

Artikel terkait: Rahasia sukses berkarier

  1. Ini Alasan Mengapa ‘Fake It Until You Make It’ Adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan
  2. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier
  3. Sukses Berkarier Berdasarkan Zodiak, Bagaimana Caranya?

 

6. Piringan hitam

Vinyl atau piringan hitam adalah perekam musik yang populer di era tahun 50-an. Mengingat nilai sejarah yang dimilikinya cukup tinggi, para pemburu piringan hitam rela membayar sangat mahal untuk membelinya. Namun ingat, harga piringan hitam biasanya sangat bergantung pada usia dan musisinya, ya.

 

7. Mobil klasik

Semakin tua semakin mahal; itulah prinsip yang tepat dalam memandang barang antik. Nah, kalau kamu punya mobil lawas dengan spare part yang masih orisinal, jangan malu untuk tetap menyimpannya. Pastikan kamu juga tetap merawatnya baik-baik; suatu hari nanti, mobil klasikmu bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi, lho.

 

8. Kamera analog

Kamera lawas ini menjadi incaran para kolektor barang antik karena keberadaannya yang langka. Kalau kamu punya kamera analog yang masih berfungsi dengan baik, jangan lupa merawatnya, ya. Kolektor barang antik nggak akan ragu mengeluarkan biaya cukup besar untuk membelinya, lho!

 

9. Kaset tape atau CD

Zaman sekarang, untuk mendengarkan lagu kamu cukup mengunduhnya dari internet. Namun bagi penggemar musik klasik, nggak ada yang mengalahkan kenikmatan mendengarkan musik melalui kaset atau CD. Apalagi jika album tersebut berisi lagu-lagu lawas yang melegenda!

 

10. Komputer kuno

Masih menyimpan komputer lamamu? Jika iya, cobalah mendaftarkan komputermu tersebut ke situs lelang seperti e-Bay. Nggak menutup kemungkinan, barang yang kamu anggap usang tersebut justru diminati oleh para kolektor.

 

Sekarang kamu tahu kan, kalau benda-benda sederhana pun ternyata memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Yuk, simpan dan rawat barang-barangmu!