SWARA – Dalam hidup, kamu pasti pernah mengalami dilema soal karier. Saya percaya, ini adalah bagian dari quarter life crisis yang dialami setiap orang. Kebingungan yang serupa juga saya rasakan sewaktu lulus kuliah.

 

Saat itu, saya melamar kerja untuk lulusan sarjana akuntansi dengan setengah hati, sebab nggak benar-benar mengerti karier seperti apa yang sebenarnya dicari. Sampai akhirnya, saya memperoleh pencerahan dari sebuah seminar karier.

 

Ibarat cari jodoh, menemukan karier yang cocok juga merupakan sebuah perjalanan. Nah, cobalah ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini pada diri sendiri agar kamu bisa segera menemukan karier yang tepat.

 

1. Hal apa yang kamu sukai?

Kejarlah passion-mu. Kalimat ini sering banget saya dengar, bahkan kerap menjadi jargon iklan rokok. Kenyataannya, nggak semua orang bisa melihat passion-nya dengan jelas. Namun, kita bisa mulai dengan menjawab hal-hal apa saja yang membuatmu tertarik dan tergugah untuk memusatkan energi, waktu, dan perhatian. Nggak perlu yang muluk-muluk, mulai saja dari hal yang kecil.

 

Sebagai contoh, saya suka membaca, terutama kisah fiksi. Saya bukan orang yang pintar ngomong, makanya saya lebih suka menuangkan pikiran dan pengalaman saya ke dalam tulisan. Selain itu, saya juga betah nongkrong di depan komputer seharian.

 

Artikel Terkait: Apa Pekerjaan yang Paling Ideal Buatmu?

  1. Ini Pilihan Karier yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiakmu!
  2. 9 Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan yang Bisa Kamu Coba
  3. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?

 

2. Kemampuan macam apa yang kamu kuasai?

Kemampuan ini bisa dibagi menjadi dua, hard skill dan soft skill. Hard skill berhubungan dengan kemampuan teknis yang kamu miliki, misalnya pemrograman atau bahasa asing. Biasanya, kemampuan teknis ini berhubungan dengan latar akademis, bakat, atau pelatihan.

 

Sementara, soft skill adalah kemampuan yang berhubungan dengan sikap dan karakter dirimu. Misalnya, kemampuan berbicara, analisis, kepemimpinan, kerja sama, maupun memecahkan masalah.

 

Kamu bisa mencari tahu hal ini dengan mengenal lebih dulu tugas-tugas macam apa yang bisa kamu selesaikan dengan baik. Kalau bingung, kamu juga bisa meminta pendapat orang lain soal kelebihanmu.

 

3. Lingkungan kerja seperti apa yang sesuai dengan kepribadianmu?

Lingkungan kerja yang pas untuk introvert nggak sama dengan yang disukai seorang extrovert. Seorang introvert mungkin lebih tertarik dengan lingkungan kerja yang tenang, sementara extrovert lebih menyukai kantor yang bising dan sibuk. Selain itu, frekuensi berbicara di depan umum, ketemu klien, serta kerja sama tim juga menjadi faktor yang layak dipertimbangkan.

 

4. Tempat macam apa yang ingin kamu tinggali?

Lingkungan yang ingin kamu tinggali sedikit banyak bisa menentukan pilihan kariermu. Ketika memilih suatu pekerjaan, kamu mungkin harus menetap di daerah tersebut selama rentang waktu tertentu. Nah, sebisa mungkin, lingkungan tempat tinggalmu harus bikin betah, kan?

 

Apakah kamu kelak ingin menetap di pusat kota, di pinggiran kota, atau lebih senang tinggal berpindah-pindah? Tertarik punya apartemen atau lebih suka rumah tapak? Suka tinggal lebih dekat dengan alam, atau area permukiman justru lebih menarik buatmu?

 

Artikel Terkait: Kiat Wawancara Kerja

  1. Hati-Hati, Jangan Sampai Kamu Melakukan 9 Hal Ini Saat Interview Kerja!
  2. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman
  3. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!

 

5. Gaya hidup seperti apakah yang kamu harapkan?

Saya suka dengan gaya hidup yang sederhana dan minimalis. Sementara, orang lain mungkin lebih tertarik dengan gaya hidup yang lebih glamor. Gaya hidup memengaruhi besaran gaji yang kamu butuhkan. Apa pun itu, pilihlah karier yang sanggup mencukupi kebutuhan dan gaya hidupmu. Atau sebaliknya, sesuaikan gaya hidup dengan gaji yang kamu terima.

 

Nggak mudah menemukan karier ideal yang mampu memenuhi semua kriteria yang kamu inginkan. Kita tetap harus realistis dalam menentukan pilihan karier. Namun, dengan menjawab pertanyaan di atas, kamu bakal lebih mengenal dirimu sendiri dan jadi selangkah lebih dekat dengan karier impian.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 


PAULUS RISANGPAULUS RISANG