SWARA – Mengatur uang itu gampang-gampang susah. Namun juga sangat penting. Karena itu diperlukan kebijaksanaan level dewa untuk mengelola keuangan setiap bulannya. Hehe. Saya berlebihan ya? Tapi, percaya deh, salah satu yang bisa bikin hidup tentram itu adalah jago atau nggak-nya kamu dalam mengatur finansial.

 

Soalnya, kalau kamu sudah memahami seluk belum pengelolaan finansial pribadi kamu, hampir bisa dijamin kamu akan beroleh kebebasan finansial itu sendiri.

 

Nah, ternyata kelihaian seseorang dalam mengelola keuangan itu bisa diketahui dari beberapa hal, lho. Setelah membaca beberapa artikel, ternyata ada tandanya seseorang sudah jago mengatur keuangan atau nggak. Nah, ini dia 10 tanda kalau kamu sudah jago mengatur keuangan. Kamu termasuk nggak, nih, kira-kira? Hehe.

 

1. Punya pendapatan tetap

Punya pendapatan tetap berarti kamu memiliki arus pemasukan permanen setiap bulannya. Apakah itu dari pekerjaan kamu ataupun keuntungan dari bisnis pribadi yang kamu rintis. Karena kamu punya sumber pendapatan tetap, kamu pun selalu merasa aman setiap bulan. Alias nggak ada acara deg-degan bakal kekurangan menjelang tanggal tua.

 

2.  Tahu jumlah pengeluaran setiap bulan

Ketika kamu rutin mengelola keuangan, akan timbul pola pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Mengetahui aliran setiap rupiah yang kamu hasilkan beserta destinasinya menandakan kamu sudah dewasa dalam mengatur finansial. Dengan demikian, nggak ada satu rupiah pun yang tersesat ke dunia gaib ataupun masuk ke parit. Hehe.

 

Artikel Terkait: Pengetahuan finansial yang perlu kamu tahu

  1. 7 Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari Kalau Nggak Mau Gaji Sudah Ludes di Awal Bulan
  2. 5 Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Tanpa Disadari Kamu Gunakan Sehari-hari
  3. Jarak Kampus Jauh dari Rumah, Lebih Baik Ngekost atau Tinggal di Rumah?

 

3.  Mampu membayar tagihan tanpa masalah

Pendapatan tetap yang kamu terima setiap bulannya bakal membuat kemampuan kamu dalam membayar tagihan setiap bulan bertambah. Kamu bisa membayar bermacam-macam tagihan mulai dari internet, telepon, kartu kredit, cicilan rumah, tanpa harus mengeluh kekurangan uang sama sekali. Ya, salah satu wujud kemerdekaan finansial itu ya bebas dari utang, atau bebas dari beratnya membayar utang.

 

4. Bisa membeli barang yang kamu inginkan

Seorang teman pernah berkata bahwa tanda hidup mapan adalah ketika dia mampu membeli barang yang dia idamkan tanpa harus mengintip price tag-nya terlebih dahulu! Mungkin terdengar lucu ya, tetapi jika kamu sudah bisa berperilaku seperti ini, artinya kamu sudah merdeka. Alias nggak pusing dengan urusan uang.

 

5. Menabung!

Kamu adalah manusia merdeka secara finansial jika kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk tabungan baik itu untuk tabungan hari tua, tabungan pendidikan anak, maupun tabungan emergency. Tabungan itu sangat penting. Seseorang yang sudah dewasa dan jago mengatur keuangan mustahil melewatkan hal ini.

 

 

Artikel Terkait: Trik finansial yang perlu kamu terapkan sejak usia muda sekarang!

  1. Gaji Pas-Pasan, Bukan Berarti Hidup Melarat. Ini Cara Pintar Untuk Tetap Bisa Hidup Enak!
  2. Waspadai Kesalahan Investasi yang Biasa Dialami Umur 20-an
  3. Bagaimana Cara Berinvestasi Valuta Asing untuk Pemula? Ini Kiatnya!

 

6.  Visioner

Visioner yang saya maksudkan dalam hal ini adalah kamu bisa membayangkan masa tua yang sejahtera berdasarkan kondisi keuangan kamu sekarang. Jika sejak muda kamu nggak terbelit utang dan sudah punya aset investasi serta tabungan, dijamin deh kamu empunya masa tua yang bahagia!

 

7. Profil kamu di mata bank ‘bersih’

Memiliki profil yang bersih di mata bank berarti kamu nggak memiliki tunggakan utang atau masalah pada saat pembayaran cicilan pinjaman di masa lalu. Pihak bank justru akan dengan senang hati membantu kamu bila mengajukan pinjaman di masa depan.

 

8. Nggak punya tagihan kartu kredit

Bebas dari tagihan kartu kredit itu adalah kebebasan yang hakiki. Hehe. Nggak disangkal, membayar cicilan kartu kredit setiap bulan itu sangat menguras kantong dan batin. Apapun jenis tagihannya, mulai dari rumah, mobil, atau alat elektronik. Sebaliknya, kalau kamu nggak memiliki beban sejenis ini, maka kamu adalah manusia yang merdeka. Atau setidaknya ya, kamu bisa menyelesaikan dengan baik setiap bulannya.

 

9. Prinsip berhati-hati

“Besar pasak daripada tiang”. Kamu mengerti betul makna dari perumpamaan itu dan sebisa mungkin menghindari untuk berada dalam kondisi demikian. Seyogyanya, pengeluaran itu lebih kecil daripada pemasukan.

 

Kalau lebih besar, malah bisa terjebak dalam utang dan cicilan. Jangan sampai deh. Kamu yang sudah jago mengatur keuangan, nggak akan pernah terjebak dalam kondisi seperti ini. Kamu justru bisa menyisihkan sebagian untuk tabungan dan investasi.

 

10. Investasi

Nah, ini dia nih strategi keuangan yang nggak bakal dilewatkan sama kamu-kamu yang mengaku khatam dalam mengelola keuangan. Investasi dalam bentuk reksa dana, saham, deposito, atau tabungan pendidikan bukan lagi hal yang yang asing buat kamu. Kamu sudah bermain dengan hal ini demi menjamin masa depan yang cerah.

 

Bagaimana? Apa kamu sudah memiliki 10 tanda tersebut? Kalau iya, saya acungi jempol dan pengen belajar dari kamu. Soalnya saya sendiri masih dalam proses untuk meraih kemerdekaan finansial saya sendiri. Demi masa depan yang tentram jiwa dan raga. Hehe. Semangat!