SWARA – Sebagai seorang foodies amatiran, timeline IG saya biasanya dibanjiri dengan postingan dari akun-akun food blogger atau restoran dan warung makan populer. Kebetulan, sekitar satu atau dua bulan belakangan, lagi ramai banget nih ngomongin yang namanya salted egg. Eh, tapi ini bukan sekadar telur asin dari Brebes ya!

 

Salted egg itu apa sih?

Kalau diterjemahkan, artinya sih memang telur asin. Namun, kalau biasanya kamu makan telur asin sebagai lauk, kini kamu bisa menikmati tampilan telur asin yang lebih hits. Dua tahun belakangan, muncul cara baru menyantap kuliner gurih nagih ini dengan cara mengubahnya menjadi saus.

Yup, salted egg dibuat dari kuning telur asing yang dilumatkan, dicampur mentega, kemudian dicairkan dengan susu atau santan. Baru deh dimasak sampai kental dan disandingkan dengan berbagai jenis makanan, mulai dari nasi sampai roti!

 

Berawal dari Singapura, kini hadir di dapur Indonesia

Seorang food blogger, Endan Indriani, menyebutkan, salted egg ini awalnya jadi tren di Singapura, sebelum akhirnya masuk ke dapur Indonesia. Alhasil, seperti yang saya lihat di feed IG, ada banyak kuliner dengan olahan salted egg sauce. Jadi penasaran kan mau nyicipin?

Kali ini, saya berikan 5 rekomendasi restoran dengan menu salted egg paling populer di Jakarta! Yuk icip bareng!

 

Artikel terkait: Wisata Kuliner, Yuk, Minggu Ini!

  1. 5 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungi
  2. Tren Bisnis Oleh-oleh Kuliner dari Para Seleb Tanah Air
  3. Perbandingan Harga 5 Kedai Kopi Susu yang Sedang Hits di Jakarta

 

1. Eatlah


Konon, Eatlah adalah salah satu pelopor salted egg chicken di Jakarta, lho. Pertamanya sih, booming dari Instagram dengan kedai pertama di PIK. Nah, seiring berjalannya waktu, Eatlah buka cabang di Jakarta Selatan dan Utara.

Ada empat menu andalan yang ditawarkan. Mulai dari Chicken Salted Egg, Dory Salted Egg, Chicken Sambal Matah, dan Chicken Wing Salted Egg. Harga per kotaknya terjangkau, antara Rp35 ribu hingga Rp45 ribu.

Lokasi: Jl Bumi 26 – Jl Cipete Raya 55H – Jl Susilo Raya 342 – Food Plaza, PIK – Jl Sumagung III, K.Gading – Bintaro Sektor 5.

 

2. Salt Inc.

? Salted egg chicken jumbo with extra extra cheese ?? . . . GOFOOD?? ? Taman Permata Buana ? Taman Ratu ? Kelapa Gading ? @henjiwong

A post shared by 1st Salted Egg Chicken In Indo (@salt_inc) on


Sehari-harinya, restoran ini ramai banget dikunjungi Go-Food. Gimana nggak? Siraman saus telur asin berpadu keju, gurih-gurih asin di atas menu utamanya yang berupa seafood, ayam, kentang, dan pasta. Kalau masih belum puas, bisa juga ditambahkan keju mozarella, lho.

Dibanderol dengan harga Rp50 ribu, beberapa menu andalan yang bisa kamu coba di sini, yakni Salted Egg Dory, Salted Egg Prawn, Salted Egg Chicken, Salted Egg Calamary, dan  Salted Egg Fries.

Lokasi: Jalan Surya Wijaya No. 8, Greenville, Puri Kembangan, Jakarta Barat.

 

3. Kuali Sei Enam


Lokasinya, ada di PHX Grogol yang memang hits di kalangan anak gaul Jakarta Barat. Menu andalan mereka, yaitu Salted Egg Yolk Rice Bowl yang bisa dinikmati dengan harga di bawah Rp30 ribu. Oh iya, kalau bosan dengan topping ayam, coba cicip menu cumi (Rp40 ribu) dan ikan (Rp30 ribu).

Lokasi: PHX Grogol. 

 

4. Nomz Jakarta


Di Nomz Kitchen & Pastry, ada satu menu salted egg yang benar-benar menggugah selera. Namanya, Salted Egg Yolk Lava Croissant. Alih-alih makan pakai nasi, salted egg-nya disajikan dengan roti croissant yang gurih! Saus salted egg-nya pun lumer dengan aromanya yang khas. Oh ya, menu ini lumayan banyak di-review positif oleh para food blogger. Apalagi, harganya juga lumayan terjangkau, yakni Rp30 ribu per porsi.

Lokasi: Grand Indonesia Shopping Town, Lantai Ground, East Mall, Jakarta Pusat.

 

Artikel Terkait: Hobi Makan Nggak Apa-apa, Asal Kesehatan Tetap Terjaga!

  1. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  2. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  3. Fast Food: Makanan Favorit Saat Deadline, Solusi Cepat Menuju Obesitas

 

5. Island Creamery 


Kalau kamu sedang jalan-jalan di Mal Kota Kasablanka, coba, deh, mampir ke Island Creamery. Ini merupakan salah satu dessert parlour yang nge-top dengan es krim dan cake.

Nah, salah satu pencuci mulut andalan mereka, adalah Golden Lava Cake. Dibanderol Rp42 ribu, kue cokelat yang disajikan hangat ini punya isian salted egg yolk yang langsung lumer saat diiris. Coba tambahkan satu scoop es krim deh, pasti perpaduannya cocok.

Lokasi: Kota Kasablanka, Puri Indah Mal, Flavor Bliss, dan Summarecon Mall Bekasi.

 

CAT 3

 

 

 

 


WINNY WITRA MAHARANI

WINNY WITRA MAHARANI