SWARA – Mengingat antrean haji yang sampai bertahun-tahun lamanya, ibadah umroh pun jadi alternatif bagi mereka yang ingin segera ke tanah suci. Karena permintaan yang membanjir plus keuntungan yang menjanjikan, wajar bila pengusaha biro perjalanan berlomba-lomba menawarkan paket ibadah umroh dengan harga kompetitif.

Tapi, nggak semua biro perjalanan umroh bisa dipercaya, lho. Nyatanya, tak sedikit oknum yang “bermain” dengan menawarkan paket umroh abal-abal. Hal ini tentunya merugikan kita sebagai konsumen.

Nah, agar terhindar dari biro perjalanan umroh abal-abal ini, pastikan kamu selalu memperhatikan hal-hal berikut!

 

1. Selalu bandingkan harga paket antarbiro. Jangan tergiur dengan penawaran yang kelewat murah!

Nggak ada salahnya mencari tarif paket umroh yang paling murah, apalagi jika budget-mu terbatas. Tapi, jangan langsung tergiur dengan harga yang murahnya di luar kewajaran. Sekadar info, harga tiket pesawat PP normalnya adalah sekitar 1.000 USD atau sekitar Rp 13 juta. Jadi, jangan tertipu jika ada biro travel yang menawarkan paket umroh lengkap termasuk akomodasi dan konsumsi dengan harga di bawah itu, meskipun ngakunya harga promo.

 

2. Tolak saja bila biro tersebut menawarkan pembayaran di depan untuk keberangkatan yang nggak jelas kapan.

Ada biro perjalanan yang menawarkan biaya murah dengan pembayaran di muka dan rentang keberangkatan yang cukup lama. Hati-hati, sebab uangmu bisa saja “diputar” dulu atau malah dibawa kabur. Seharusnya, kamu sendirilah yang menentukan waktu keberangkatanmu, bukan mereka.

 

3. Pastikan biro perjalanan tersebut sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama RI

Kementerian Agama RI cukup selektif dalam mengeluarkan izin penyelenggaraan ibadah haji dan umroh kepada biro perjalanan. Agen yang telah mengantongi izin dari Kemenag tentu lebih bisa dipercaya untuk mengurus perjalanan kamu ke tanah suci. Cara mengecek izinnya pun ternyata gampang, cukup klik laman situs resmi Kemenag ini.

 

4. Jangan ragu untuk datang langsung ke kantornya.

Biar lebih yakin kalau biro perjalanan umroh yang kamu pilih bukanlah abal-abal, jangan ragu untuk mendatangi kantornya secara langsung. Soalnya, nggak jarang biro umroh bodong menggunakan alamat kantor fiktif.

 

Dengan langsung mendatangi kantornya, kamu bisa memastikan keberadaan agen perjalanan tersebut sekaligus menilai bagaimana pelayanan mereka terhadap konsumen. Selain terjamin perusahaannya, kamu tentunya ingin memperoleh pelayanan yang terbaik, ‘kan?

 

5. Cari tahu pula bagaimana reputasi dan kinerja biro travel tersebut

Kantor yang tertata apik plus pelayanan yang ramah masih tidak menjamin reputasi dan kinerja perusahaan tersebut. Nggak sedikit biro travel yang meyakinkan di depan, tapi pelayanannya carut marut ketika berangkat ke tanah suci.  Jangan ragu menggali bagaimana tingkat kepuasan konsumennya. Apakah banyak yang komplain dengan kinerja biro travel tersebut? Memanfaatkan sebanyak-banyaknya informasi di internet untuk mencari nama-nama biro yang meyakinkan bisa dijadikan alternatif persiapan. Kalau masih ragu, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau rekan yang sudah pernah berangkat umroh.

Berangkat ke tanah suci adalah niat mulia bagi kamu seorang muslim. Namun sayangnya, banyak oknum nggak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini untuk menipumu. Maka, jadilah calon jamaah umroh yang cermat dan waspada, ya. Jangan sampai uang yang kamu kumpulkan untuk beribadah dengan susah payah justru hilang dengan sia-sia.