SWARA – Belum lama ini akhirnya saya sempat juga menonton Spider-Man: Homecoming. Meski bukan fanboy Marvel, saya termasuk salah satu penonton setia film-film superhero. Film ini adalah salah satu yang saya tunggu-tunggu.

 

Dibumbui dengan guyonan ala Marvel, film ini melebihi ekspektasi saya yang terlanjut merosot gara-gara franchise Spider-Man sebelumnya. Sony mengambil keputusan yang benar dengan meminjamkan Spidey untuk digarap oleh Marvel dan dimunculkan dalam lini jagat sinematiknya. Hasilnya, reboot Spider-Man yang sama sekali baru dibandingkan sekuel-sekuel sebelumnya. Kamu nggak akan menyaksikan Paman Ben dibunuh untuk ketiga kalinya di film ini.

 

Sesudah menyaksikan filmnya yang ditutup dengan post-credit scene yang sangat mencerahkan, saya pun tertarik untuk mengulik beberapa fakta seputar Spider-Man: Homecoming. Ternyata, bukan nggak mungkin, film ini bisa jadi film franchise Spider-Man dengan keuntungan terbesar, lho. Nggak aneh sih, mengingat filmnya memang oke dan bisa memuaskan penonton, baik yang fans atau pun bukan fans. Selain itu saya juga menemukan beberapa fakta menarik soal keuangan film ini. Simak yuk!

 

Modal lebih sedikit

Film-film superhero Hollywood memang identik dengan bujet nan wah. Dikutip dari The Numbers, dana yang digelontorkan untuk menggarap Spider-Man: Homecoming ‘cuma’ sebesar 175 juta USD  atau sekitar Rp2,3 triliun.

Pengeluaran film terbaru Spidey ini nggak sebesar franchise sebelumnya, yaitu The Amazing Spider-Man 2 (2014) yang menelan dana hingga US$200 juta. Sementara, biaya produksi termahal untuk franchise ini dipegang oleh Spider-Man 3 (2007) di angka US$258 juta.

 

Artikel terkait: Bingung mau nonton film apa?

  1. 5 Film Ini Ajarkan Perencanaan Keuangan yang Wajib Ditonton
  2. 5 Film Penggugah Jiwa yang Layak Ditonton Olehmu di Bulan Puasa
  3. 7 Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan

 

Pendapatan di minggu pertama paling besar

Jika dibandingkan dengan film superhero lainnya yang sama-sama diputar pada musim panas 2017 ini, Spider-Man: Homecoming menempati urutan kedua setelah Guardians of the Galaxy 2 (US$146 juta) dan melampaui debut Wonder Woman (US$103 juta).

Sementara itu, untuk pemutaran minggu pertamanya di Amerika Serikat, Spider-Man: Homecoming berhasil memuncaki box office dengan mengantongi pendapatan hingga US$117 juta. Ini menjadikannya sebagai film Spider-Man dengan pendapatan tertinggi kedua di minggu pertama. Posisi puncak masih dipegang oleh Spider-Man 3 dengan pendapatan US$151 juta.

Meski begitu, kalau untuk kategri film superhero tungal Marvel non-sequel produksi MCU (Marel Cinematic Universe), pendapatan minggu pertama Homecoming ini ada di urutan paling puncak. Ia berhasil mengungguli Iron Man yang sebelumnya berada di peringkat pertama dengan pendapatan US$98 juta.

 

Menghasilkan US$571,7 juta hanya dalam dua minggu

Spider-Man: Homecoming memang baru diputar di bioskop selama kurang lebih 17 hari atau 2,4 minggu. Tapi, dilansir oleh Box Office Mojo, film ini sudah berhasil mengantongi total pendapatan sebesar US$571,7 juta secara global. Sepertinya nggak butuh waktu lama untuk melampaui The Amazing Spider-Man 2 yang hanya mencatat pendapatan global sebesar US$708,9 juta sepanjang pemutarannya selama 108 hari. Kalau pendapatannya terus naik, bukan nggak mungkin film ini bisa jadi film yang menghasilkan keuntungan paling besar dari semua franchise film Spider-Man.

 

Artikel terkait: Fakta keuangan lain yang layak kamu tahu

  1. Cari Tahu Tentang Uang Rupiah Desain Baru Lewat 6 Fakta Ini
  2. 5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Program Rumah Murah
  3. 5 Fakta Unik Uang Rupiah, Kira-kira Kamu Sudah Tahu Belum, Ya?

 

Dijamin mengubah hidup Tom Holland

Berhubung filmnya masih hangat, saya belum memeroleh informasi berapa bayaran Tom Holland ketika berperan sebagai Spider-Man. Yang jelas, Holland telah menandatangani kontrak untuk bermain dalam enam film Marvel. Nilai kontraknya, jelas bisa mengubah hidup pria yang baru saja menginjak usia 21 tahun ini.

Untuk diketahui, Tobey Maguire memperoleh berturut-turut US$4 juta, US$17,5 juta dan US$15 juta dari trilogi Spider-Man yang diperankannya. Sementara, Andrew Garfield mengantongi bayaran US$500 ribu dan US$1 juta untuk dua film yang dibintanginya. Mengingat jumlah film yang lebih banyak, sangat mungkin jika bayaran yang didapatkan Tom Holland bakal melebihi dua pemeran Spider-Man sebelumnya.

 

Itu dia beberapa fakta keuangan seputar Spider-Man: Homecoming. Lumayan untuk menambah wawasan kamu soal film Spider-Man terbaru ini. Buat yang belum nonton, silakan nonton dan nilai sendiri apakah film ini memang cocok dapat keuntungan sebesar itu atau nggak. Happy watching!

 

Nah, bagaimana dengan artikel hari ini, Kawan Tunaiku? Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan jangan lupa, kamu juga bisa merasakan mudahnya melakukan pengajuan pinjaman di Tunaiku dengan klik di sini!

 

_______________________________________________________________________________________________________

PAULUS RISANGPAULUS RISANG