SWARA – Tantangan saat puasa ternyata tidak hanya sekadar menahan lapar, dahaga, dan juga amarah. Kita juga menghadapi serangkaian penyakit yang bisa saja menyertainya. Iya memang benar bahwa dengan berpuasa menjadikan kita lebih sehat.

Namun, jika tidak dapat mengatur pola makan, istirahat, dan emosi, alih-alih sehat, yang ada kita justru sakit.

Nah, sebenarnya penyakit apa saja yang bisa muncul saat puasa? Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk pencegahannya? Yuk, simak sama-sama, Kawan Tunaiku!

 

1. Bau mulut

Bau mulut dan napas tidak sedap menjadi ciri-ciri seseorang sedang menjalankan ibadah puasa. Bau mulut terjadi akibat kurang cairan dalam tubuh.

Namun, penyakit ini bisa dihindari dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari (2 gelas saat sahur dan 6 gelas saat berbuka atau malam hari) dan perbanyak konsumsi buah-buahan.

Mengonsumsi yogurt saat sahur juga bisa membunuh bakteri-bakteri yang ada di usus, yang juga bisa menyebabkan bau nafas kamu tidak sedap. Dicoba, yuk!

 

2. Asam lambung naik

Penyakit ini umumnya terjadi di minggu pertama puasa. Asam lambung inilah yang nantinya akan menjadikan penyakit maag. Ini bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur dan makanan yang disantap saat berbuka.

Untuk menghindarinya, lebih baik tidak menyantap makanan yang terlalu manis, pedas, asam, dan berlemak. Perbanyak juga minum air putih dan menghindari es. Selain itu biasakan rutin untuk sahur.

 

Artikel Terkait: Jaga Kesehatan di Saat Puasa, Yuk!

  1. Bebas Sakit Maag Saat Puasa? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini Aja!
  2. Hati-Hati, Lewatkan Sahur Berakibat Fatal Bagi Kesehatan!
  3. Hai Calon Bunda, Ini Dia 5 Tips Puasa di Saat Hamil

 

3. Sembelit

Gejala ini bila dibiarkan lama-lama akan menjadi ambeien. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya cairan dan serat.

Oleh karena itu, cara pencegahannya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah pepaya. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa.

 

4. Sakit ginjal

Perubahan warna pada air seni menjadi tanda gejala penyakit ginjal. Warna kuning tua pada air seni menunjukkan bahwa kamu mengalami dehidrasi. Nah, untuk menangani penyakit ini tentunya minum air putih yang banyak dan konsumsi makanan seimbang.

Usahakan perbanyak makan sayuran dan buah sehingga tidak hanya daging saja yang menjadi menu andalan berbuka puasamu.

 

5. Tekanan darah rendah

Darah rendah ditandai dengan letih, lemas, lesu tidak bertenaga, pucat, bahkan pusing saat bangkit dari duduk atau tidur.

Jika gejala ini terjadi padamu, ada baiknya kamu menambah kadar garam dalam masakan sahur dan berbuka puasa.

 

6. Sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena kurangnya pasokan gula dalam makanan. Penyakit ini bisa saja makin parah kalau kamu juga memiliki tekanan darah rendah.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah menghindari kopi, tidur minimal 7 jam sehari, dan perbanyak makanan berserat serta bergizi.

 

Artikel Terkait: Resep Masakan yang Bisa Kamu Coba

  1. Ini 4 Resep Takjil Murah Meriah, Bikin Pasangan Makin Sayang
  2. Untuk Kencan Hemat Saat Valentine, Coba 3 Resep Makanan Murah Meriah Ini, Yuk!
  3. 3 Resep Sarapan Sederhana Sebelum Berangkat Kerja

 

Itu tadi 6 penyakit yang biasa terjadi saat puasa. Sebenarnya kunci pencegahan penyakit di atas adalah menjaga pola tidur dan makan selama puasa.

Dengan melakukan upaya pencegahannya, kamu pun akan terhidar dari penyakit musim puasa sehingga bisa lebih khusyuk menjalankan ibadah di Bulan Ramadan.

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!