SWARA – Sudah memasuki pertengahan tahun 2017 nih. Apa kamu berencana menikah tahun depan? Jika iya, ada baiknya mulai mencari-cari vendor untuk setiap kebutuhan. Mulai dari pre-wedding hingga honeymoon kelak.

Ngomong-ngomong tentang pre-wedding, tren satu ini semakin menjamur di kalangan masyarakat umum. Walaupun memang sih, pos pernikahan satu yang memerlukan biaya yang lumayan.

Bujet yang umum dikeluarkan cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Tentunya bujet ini tergantung dari vendor fotografi yang kamu sewa dan konsep yang kamu gunakan, ya.

 

Sebagai gambaran, ini nih beberapa daftar harga vendor andalan pre-wedding di Jakarta:

  1. Media Photography, untuk indoor dan selama 1 jam, seharga Rp 850.000. Jika outdoor dan dengan unlimited shoot, bisa sampai Rp 3,5 juta.
  2. Ara Photo Studio, mulai dari Rp 8,9 juta
  3. The Potomoto, paket pre-weddingnya bervariasi, tergantung jumlah fotografer dan lokasi. Kisarannya Rp 8 juta – Rp 20 juta.  
  4. Axioo Photography, salah satu dari 10 vendor foto wedding terbaik di Jakarta, tarifnya bisa mencapai Rp 40 – 50 juta

 

Artikel Terkait: Menikah Hemat dan Affordable

  1. Berani Tanggalkan Gengsi dan Menikah Gratis di KUA? Yuk, Intip Caranya!
  2. Merealisasikan Pernikahan sesuai Kemampuan
  3. Resepsi Pernikahan dengan bujet 30 Jutaan? Ini 5 Trik Khusus yang Bisa Kamu Coba!

 

Jika kamu memang pengen banget pre-wedding, ada beberapa tips nih untuk bikin pre-wedding yang murah meriah tapi berkesan.

 

1. Temanya nggak perlu wah bak fairytale, yang sederhana namun memiliki makna di hatimu dan pasangan.

Fairytale sebenernya adalah cerita cintamu dan dia. Untuk pre-wedding sih, tak perlu sampai menggunakan kereta kuda. Pilih tema-tema yang dekat dengan kisah cinta kalian. Misalnya, kalian bertemu sewaktu kuliah di Yogyakarta.

Pilih lokasi di kampus di spot-spot kalian sering bertemu. Atau, dengan memperlihatkan profesi, hobi, baju adat masing-masing. Sering-sering browsing juga untuk mencari inspirasi gaya.

Untuk properti pun, manfaatkan apa yang kalian miliki atau pinjam punya teman.

 

2. Maunya memang ke Bali atau London sekalian, tapi sebenarnya spot-spot asyik nan aestetik dekat rumah juga bisa, kok.

Memilih lokasi yang terlalu jauh berarti kalian harus memikirikan biaya transportasinya, lho. belum lagi butuh waktu yang cukup banyak. Makanya, pilih lokasi yang nggak terlalu jauh, tapi suasananya asyik dan mendukung konsep pre-wedding.

Sasar lokasi yang gratis juga, Kawan Tunaiku. Hunting berbagai tempat di kotamu yang kira-kira belum komersil dan memang menjadi fasilitas umum. Misalnya, Taman Suropati, Pelabuhan Kota Tua, Katedral, dan Kota Tua. Jeli-jeli saja berdiskusi dengan sang fotografer.

 

3. Manfaatkan potongan harga atau kupon-kupon diskon untuk jasa vendor.

Di akhir tahun atau mendekati hari-hari spesial, biasanya akan ada tawaran potongan harga khusus. Rajin-rajin sambangi situs fotografer profesional yang kalian incar.

Kupon diskon juga bisa kalian dapatkan dari situs web diskon seperti Groupon, Lakupon, dan Ensogo. Lumayan lho, potongan harga yang diberikan bisa mencapai 20%.

 

4. Atau, kerja sama dengan fotografer amatir yang baru memulai karir.

Simbiosis mutualis, nih. Kalian bisa menjadi objek foto sang fotografer sebagai bagian dari portoflionya, dan harga yang dibayar tentu lebih bersahabat.

Lebih seru lagi jika kamu bisa kerja sama dengan teman sendiri. Sesi fotopun jadi lebih nyaman dan santai.

 

5. Dandan sendiri aja dulu, kalau MuA untuk wedding aja.

Pre-wedding seharusnya tak butuh dandanan se-wah seorang pengantin, kan? Makanya, dandan sendiri aja sudah cukup. Walaupun kemampuan dandanmu nggak sehebat MuA profesional, setidaknya wajahmu terlihat berseri dan manis. Bisa menghemat biaya banget, nih!

 

Artikel Terkait: Finansialmu dan Pasangan  

  1. 5 Hal Keuangan Yang Wajib Dibahas Sebelum Kamu Menikah
  2. Atasi 5 Masalah Keuangan yang Biasa Dialami Pasangan Muda Ini Lewat Pinjaman Uang Tanpa Jaminan!
  3. 3 Cara Membuat Prioritas Pengeluaran Setelah Menikah

 

Kawan Tunaiku, kira-kira itulah 5 tips untuk bikin pre-wedding murah meriah namun berkesan yang bisa kamu terapkan nanti. Intinya sih, asal kamu jeli dan kreatif, hasil pre-wedding sederhana ini pun pasti bisa kalian pajang dengan bangga di dinding rumah. Selamat mencoba, ya!

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!