SWARA – Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang sering menganggap tanggal tua sebagai sebuah momok menakutkan. Tentu saja ini terjadi karena kebanyakan orang memiliki kondisi keuangan yang makin menipis, sedangkan kebutuhan tetap harus terpenuhi. Banyak orang menjadi gelisah dengan kondisi keuangannya menjelang tanggal tua. Agar kamu tidak gelisah dan tetap aman di tanggal tua, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatur keuangan.

 

  • Membuat daftar anggaran pengeluaran

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuat daftar anggaran selama sebulan. Hal ini penting dilakukan agar seluruh pemasukan dan pengeluaran bisa terlihat, sehingga kamu juga bisa memperkirakan. Saat menerima gaji di awal bulan, sebaiknya segera buat anggaran apa saja yang harus kamu keluarkan. Mulai dari membayar cicilan, kebutuhan sehari-hari, hingga dana darurat. Kemudian jika ada sisa, kamu bisa menggunakannya untuk biaya hiburan maupun ditabung.

 

  • Memanfaatkan hiburan gratis

Terkadang tidak disadari bahwa uangmu banyak keluar untuk menikmati hiburan saja. Mulai dari sekarang sebaiknya kamu lebih bijak dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Kamu bisa memanfaatkan hiburan gratis yang tidak kalah menyenangkan. Misalnya saja, kamu bisa mengurangi kebiasaan nonton di bioskop, kemudian menggantinya dengan menonton film secara gratis di televisi maupun DVD di rumah.

 

  • Membawa bekal makanan dari rumah

Terkadang uang kita habis sekadar untuk membeli makanan saja. Oleh karena itu sebaiknya kamu mulai membiasakan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Dengan membawa bekal, hasratmu untuk jajan di luar bisa lebih terkontrol. Kamu tidak perlu gengsi membawa bekal dari rumah. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mengonsumsi makanan rumah yang lebih sehat.

 

  • Memanfaatkan promosi

Tidak ada salahnya kamu memanfaarkan promosi yang banyak dilakukan oleh toko-toko, baik online maupun offline. Banyak promosi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran dalam belanja. Namun jangan lupa untuk tetap memeriksa kualitas produk tersebut ya.

 

  • Menggunakan sepeda, berjalan kaki, atau kendaraan umum untuk transportasi

Apabila selama ini jarak sekolah, kampus, maupun kantor tidak terlalu jauh, kamu bisa menggunakan sepeda, kendaraan umum, maupun berjalan kaki. Jangan terus-menerus menggunakan mobil maupun motor. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa menerapkan pola hidup lebih sehat.

 

Kamu juga turut membantu mengurangi polusi kendaraan di jalan. Tapi jangan lupa untuk menghitung total biaya yang digunakan untuk transportasi, jangan sampai malah lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan saat menggunakan transportasi pribadi.

 

Itu tadi beberapa cara yang bisa diupayakan untuk mengatur keuangan, agar saat tanggal tua keuanganmu tetap aman. Selamat mencoba!