SWARA – Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim di seluruh dunia. Namun sakit maag sering kali menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Kamu yang tidak mempunyai riwayat sakit maag pun bisa terserang penyakit ini di awal-awal puasa. Hal ini bisa saja terjadi karena tubuhmu belum terbiasa untuk berpuasa.

Nah, agar puasamu tetap khusyuk dan terbebas dari sakit maag, lakukan 5 tips ampuh yang patut kamu coba ini, yuk!

 

1. Mulai konsumsi makanan yang kaya serat saat sahur

Selalu usahakan makan sahur. Jika kamu meninggalkan sahur, resiko mengalami sakit maag saat puasa akan lebih tinggi dikarenakan perut yang kosong. Saat sahur pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian, agar-agar, dan gandum.

Makanan kaya serat mengandung karbohidrat kompleks yang  membutuhkan waktu lambat untuk dicerna dan diserap ke dalam tubuh. Dengan melambatnya proses pencernaan, pengosongan lambung pun berjalan lebih lambat. Sakit maag dipicu dari kosongnya lambung, sehingga asam lambung naik yang mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan nyeri.

 

2. Habis sahur, sebisa mungkin jangan langsung berbaring

Kebiasaan yang selalu dilakukan setelah santap sahur adalah berbaring untuk tidur sejenak. Ternyata hal ini mampu memicu sakit maag. Ketika kamu berbaring dengan perut kenyang, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras sehingga perut terasa tidak nyaman dan mual.

Akan timbul rasa nyeri pada daerah ulu hati dan rasa panas pada tenggorokan seiring meningkatnya asam lambung. Makanan yang terdapat di lambung akan turun secara lancar ke dalam organ pencernaan lain jika tubuh berposisi tegak. Agar tidak kembali tidur setelah sahur, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang membuatmu tetap terjaga atau kamu bisa tidur kembali 1-2 jam setelah makan. Kamu juga bisa tidur dalam posisi setengah duduk atau tidak berbaring.

 

Artikel terkait: Puasa sudah tiba!

  1. Ini 4 Resep Takjil Murah Meriah, Bikin Pasangan Makin Sayang
  2. Yuk, Jajal 5 Bisnis Sampingan Berikut Selama Ramadan!
  3. Hindari Kebiasaan yang Bikin Boros Saat Bulan Puasa ini, Yuk!

 

3. Jangan ragu untuk berolahraga saat puasa

Banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk absen berolahraga. Padahal olahraga bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan stres yang menjadi pemicu sakit maag. Stres akan merangsang tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan lambung dan menyebabkan sakit maag. Di samping itu, para ahli menemukan bahwa stres mampu merangsang area pada otak yang meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri, termasuk nyeri uluhati.

 

4. Kamu juga harus lebih memerhatikan menu berbuka puasa

Saat buka puasa tiba, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan bersantan. Kamu bisa berbuka dengan teh hijau hangat dengan madu atau air putih hangat. Hal ini untuk membiasakan lambung agar tidak bekerja terlalu keras saat buka puasa dan menghindari naiknya asam lambung.

Selain itu porsi dalam berbuka juga harus diperhatikan. Konsumsi makanan secara perlahan dengan porsi kecil, beri jeda waktu jika ingin dilanjutkan dengan menu makan yang lebih berat. Hindari makanan yang dapat membuat sakit maag kambuh seperti makanan berlemak, pedas, dan asam.

 

Artikel terkait: Produktif di saat puasa

  1. Manfaatkan Program Tunaiku Prioritas untuk Persiapan Lebaran
  2. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Menghasilkan Uang Sambil Ngabuburit
  3. 5 Kebiasaan yang Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat Bulan Puasa Tiba

 

5. Yang terakhir, perhatikan jumlah konsumsi air putih

Kurangi minuman yang mampu memicu naiknya asam lambung seperti kopi, teh, atau soda. Lebih baik perbanyak konsumsi air putih dan susu saat makan sahur. Minum segelas susu saat sahur dapat mengurangi gejala sakit maag dan ulkus peptik. Air putih akan mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Dengan mengkonsumsi air putih secara berkala sejak berbuka hingga sahur membuat tubuh tetap terasa segar dan fit selama berpuasa. Kamu dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

 

Butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!