SWARA – Apa yang paling kamu tunggu-tunggu saat Bulan Ramadhan tiba? Memaksimalkan waktu ibadah? Dapat nasi takjil gratis untuk buka puasa? Atau justru buka bersama dengan keluarga, teman, dan komunitasmu? Wah, tentu kamu harus susun rencana sejak jauh-jauh hari, ya! Kalo nggak, jadwal bubernya bisa bentrok dengan pertemananmu di lingkungan lain.

Kawan Tunaiku, sebelum membuat rencana kegiatan Ramadhan ada baiknya kamu membaca artikel di bawah ini. Ternyata beberapa kegatan di bulan suci ini justru membuatmu lebih boros dibandingkan bulan biasa lainnya. Lalu apa saja sih yang bisa membuat isi dompetmu terkuras?

 

1. Melonjaknya harga kebutuhan

Untuk yang satu ini tentu kamu sudah tahu karena memang jadi rahasia umum. Harga kebutuhan bahan pokok saat ramadhan memang melonjak naik dikarenakan meningkatnya permintaan di pasar. Otomatis alokasi dana untuk kebutuhan rumah tanggamu pun bertambah. Untuk ini kalian harus lebih pintar dalam mengelola keuangan rumah tangga.

 

2. Menu buka puasa berlebihan

Seharian menahan lapar dan dahaga tentu menjadi ujian saat bulan ramadhan. Maka saat berbuka menjadi waktu yang paling dinanti-nanti. Sayangnya, beberapa orang menjadi kalap saat berbuka puasa. Beragam makanan dan minuman dibeli untuk disantap di saat buka. Padahal, belum tentu akan habis saat itu juga. Makanan akhirnya terbeli dengan sia-sia.

 

3. Terlalu sering buka bersama

Kebiasaan satu ini merupakan kebiasaan yang bagi sebagian orang wajib hukumnya. Momen seperti ini bisa jadi untuk ajang reuni kumpul, dari teman TK, SD, hingga kuliah. Semakin banyak teman, makin sering jadwal buka bersama. Makin sering buka bersama inilah yang nantinya membuatmu makin sering mengeluarkan uang. Sedangkan, untuk menu buka puasa sendiri harganya lebih mahal.

 

Artikel Terkait: Lebaran sebentar lagi!

  1. Hindari 5 Destinasi Wisata Ini Saat Libur Lebaran
  2. Yuk, Jajal 5 Bisnis Sampingan Berikut Selama Ramadan!
  3. Lebaran Sebentar Lagi, Yuk Mulai Persiapkan Empat Hal Ini!

 

4. Termakan promo

Beberapa swalayan dan mall biasanya mengadakan promo besar-besaran saat mendekati lebaran. Dari sini kamu akan terpancing, mengingat biasanya harga kebutuhan naik. Jika tidak memilah dengan bijak, justru semakin boros karena membeli barang yang belum begitu mendesak.

 

5. Hunting baju lebaran

Lebaran juga terasa tidak lengkap tanpa adanya baju baru. Sayangnya, justru kebanyakan malah membeli baju mendekati waktu lebaran yang mana harganya cenderung naik. Mengapa mulai sekarang tidak dibiasakan untuk membeli baju 2-3 bulan sebelum bulan puasa, kemudian baju tersebut disimpan dan baru dipakai saat lebaran? Bukankah itu juga berarti mengenakan baju baru?

 

6. Kembang api

Khusus untuk kebutuhan satu ini umumnya adalah konsumsi anak-anak. Buat kamu yang sudah berkeluarga dan punya anak, tentu harus menyisihkah uang lebih untuk membeli mainan yang biasa dimainkan usai subuh ini. Ada baiknya untuk kebutuhan ini sangat diminimalisir atau bahkan sama sekali tidak dianggarkan. Selain membuang-buang uang, mainan ini pun berbahaya jika orang tua tidak mengawasi dengan ketat.

 

Artikel Terkait: Mudik lebaran 2017

  1. Belum Dapat Tiket Mudik? Ikutan Mudik Gratis Aja!
  2. Ini Kriteria Sepeda Motor yang Nyaman Untuk Perjalanan Mudik
  3. Dana Mepet Menjelang Mudik, Manfaatkan KTA Tunaiku Untuk Hal Ini!

 

Pun biasanya perusahaan akan memberikan THR dalam jumlah yang lumayan. Tapi perlu kamu ingat juga bahwa ada kebutuhan untuk pulang kampung, memberikan THR keponakan, dan lain sebagainya. Alangkah lebih bijak untuk berhemat selama Bulan Ramadhan.

Bagaimana kalau uang yang biasanya dialokasikan untuk foya-foya selama bulan suci, digantikan untuk sedekah saja? Bukankah justru itu yang melipatkangandakan pahala nantinya?

 

Butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!