SWARA DARI AMAR BANK – PT. Bank Amar Indonesia (Amar Bank) diundang hadir dalam acara “World Cyber Security Summit” yang diadakan oleh Trescon Cybersec pada Kamis, 15 Maret 2023 di Jakarta dengan tema “Redefining Cyber Security for a Safer Digital World-Staying Vigilant”.

 

Dalam hal ini, Amar Bank diwakili oleh Head of Cyber Security, Oliver Valentino Simanjuntak sebagai pembicara membahas soal pentingnya cyber security dalam dunia digital termasuk dalam industri perbankan yang telah ia implementasi di Amar Bank.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Lihat beragam produk dan layanan Amar Bank, yuk! Nikmati kemudahan dengan penggunaan digital banking di sini.

 

Ia menjelaskan bahwa Amar Bank sudah lahir secara digital sejak tahun 2014, Amar Bank bukanlah sebuah bank konvensional yang kemudian bertransformasi ke ranah digital. Menurutnya, Amar Bank secara DNA telah mengimplementasikan nilai-nilai digital.

 

Berawal dari peluncuran Tunaiku sebagai platform pinjaman digital dan pada tahun 2020, Amar Bank juga meluncurkan mobile-only bank berbasis cloud pertama di Indonesia, yang mengadopsi teknologi Artificial Intelligence.

 

Amar Bank adalah salah satu pioner bank digital yang senantiasa menjaga keamanan data nasabah. Pelajari tentang produk Amar Bank di sini.

 

Baca juga:

 

Implementasi Cyber Security di Amar Bank

 

ini gambar acara cyber security amar bank trescon
Sumber: Amar Bank doc

 

Oliver membeberkan bagaimana cara tim mengimplementasikan cyber security yang ada di Amar Bank.

 

Ia menjelaskan bahwa di Amar Bank, pihaknya terlebih dahulu membangun tim yang memiliki skill set dan mindset untuk bertumbuh. Lalu, setelah tim terbentuk dengan solid, pemahaman akan cyber security hadir untuk membantu memenuhi keamanan data.

 

Hal yang paling ditekankan, menurut Oliver, yakni bagaimana membuat semua pihak sepakat dan paham soal pentingnya cyber security.

 

Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana cara menyelaraskan semua pihak soal proses implementasi cyber security yang efektif tanpa membuat tim merasa terhambat atas berbagai regulasi yang harus diikuti.

 

Maka dari itu, Oliver mengungkap bahwa pihaknya harus mampu menyelaraskan bahasa dari berbagai pihak. Misalnya ketika berdiskusi dengan tim bisnis, maka perlu memahami sisi keuangan. Saat berbicara dengan tim pengembang maka perlu memahami sisi teknologinya dan mengerti sudut pandang IT, dan seterusnya

 

“Sebagai Tim Cyber Security, kami berusaha agar kehadiran kami dapat dirasakan oleh anggota tim lainnya. Kami akan terlibat dalam proyek mereka, berusaha memahami apa masalah dan kebutuhan mereka, termasuk berkomunikasi dengan bahasa yang bisa mereka pahami,” ungkap Oliver.

 

Setelah pemaparan dilakukan oleh berbagai pembicara dan sesi QnA selesai, acara World Cyber Security Summit yang diadakan oleh Trescon kemudian ditutup dengan foto bersama.

 

Amar Bank telah banyak meraih penghargaan sebagai perbankan digital. Yuk, kenalan dengan beragam produk Amar di sini.