SWARA AMAR BANK – Kita semua tahu bahwa menabung itu penting, terutama untuk masa depan. Namun, tidak bisa dimungkiri kalau menabung bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali kita merasa berat saat harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

 

Hal ini akan terasa semakin berat bagi yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Sebab, belum ada pemasukan tetap sehingga tidak bisa menerapkan metode langsung menabung sehabis gajian.

 

Bukan berarti tidak bisa menabung, lho. Deretan cara menabung unik bisa kamu terapkan. Cocok untuk menabung di rumah atau menabung bagi pelajar.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

1. Jangan buang uang receh

 

Seperti kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, hal ini bisa diterapkan sebagai cara menabung di rumah. Kalau mendapat uang receh, misalnya sebagai uang kembalian setelah belanja, jangan dibuang. Sebaliknya, kamu bisa menyimpan uang receh ini di dalam celengan.

 

Menabung ala tradisional seperti ini masih bisa jadi pilihan untuk menabung bagi pelajar. Cara menabung unik bisa membuatmu terkejut saat mengetahui jumlah yang dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu. Mulai dari sekarang, yuk jangan biarkan uang recehmu terbuang sia-sia.

 

cara menabung unik

 

2. Menabung di setiap tanggal tertentu

 

Jika sudah punya gaji, paling mudah adalah menabung di awal setiap kali selesai gajian. Nah, kamu bisa menerapkan sistem yang sama meski kamu tidak punya tanggal gajian.

 

Dalam sebulan, kamu bisa menentukan tanggal tertentu sebagai saatnya menabung. Misalnya setiap tanggal 5, kamu harus menyimpan sejumlah uang.

 

Buat jadwal atau reminder agar kamu tidak lupa untuk menabung di setiap tanggal lima. Selain jadwal, kamu juga bisa menentukan jumlah uang yang akan ditabung. Yuk, intip poin selanjutnya.

 

3. Menerapkan sistem 50, 30, 20

 

Kamu mungkin sudah sering mendengar metode menabung 50 30 20. Metode ini akan terasa mudah jika kamu sudah punya gaji dalam jumlah tetap.

 

Namun, kamu tetap bisa melakukannya. Hitung berapa uang jajan yang kamu terima dalam sebulan. Dari jumlah tersebut, bisa kamu sisihkan sebanyak 20% untuk ditabung.

 

Misalnya kamu mendapat uang jajan Rp50 ribu dalam sehari. Artinya dalam sebulan kamu mendapat uang jajan sebanyak Rp1.5 juta. Kamu bisa menyimpan 20% dari total tersebut, yaitu sekitar Rp300 ribu untuk ditabung.

 

Baca juga:

  1. Cara Menabung Beli Motor Cash dengan Gaji Minim, Lengkap!
  2. Cara Menabung 20 Juta dalam Setahun
  3. Cara Menabung 10 Juta dalam Tiga Bulan, Kamu Bisa Kok!

 

4. Menabung sejumlah uang tiap hari

 

Masih terkait dengan poin nomor tiga, kamu bisa menabung sejumlah uang setiap hari. Sehingga tidak akan terasa berat. Misalnya, kamu punya target menabung Rp300 ribu dalam sebulan. Agar tidak terasa berat, kamu bisa membaginya dengan menabung setiap hari. Menyisihkan uang jajan Rp10 ribu setiap hari tentu tidak akan terasa berat.

 

5. Gunakan aplikasi menabung

 

nabung untung anti buntung celengan amar bank

 

Ada banyak aplikasi menabung yang bisa membantumu dalam memantau berapa jumlah uang yang berhasil dikumpulkan. Aplikasi menabung ini juga bisa menjadi reminder agar tidak ada hari yang terlewat.

 

Salah satunya, kamu bisa menggunakan fitur Celengan di aplikasi Amar Bank. Selain mudah digunakan, semua hal terkait keuanganmu akan tercatat dengan rapi.

 

6. Tabungan khusus

 

Salah satu cara menabung unik yang bisa kamu lakukan adalah membuat tabungan khusus. Misalnya tabungan buku. Setiap kali kamu berhasil menamatkan membaca satu judul buku, kamu menyisihkan sejumlah uang.

 

Kalau satu buku dihargai Rp100 ribu dan dalam setahun kamu berhasil menamatkan 20 buku, maka dalam setahun kamu bisa mendapatkan sejumlah Rp2 juta.

 

Cara menabung unik bisa disesuaikan dengan hobi atau hal favoritmu. Misalnya menabung Rp100 ribu untuk satu judul Drama Korea yang berhasil kamu tamatkan. Menonton dan menabung jadi makin menyenangkan.

 

7. Nabung bareng sahabat

 

cara menabung unik

 

Kalau kamu merasa menabung sendirian itu berat, kamu bisa mengajak sahabat. Jadi ada teman untuk berbagi, juga saling mengingatkan agar tidak lupa menabung.

 

Kamu dan sahabat bisa membuat komitmen untuk sama-sama menabung. Prinsip menabung bersama ini akan membuat menyisihkan uang jadi lebih menyenangkan.

 

Buat target berapa yang ingin dikumpulkan atau berapa jumlah yang akan ditabung setiap harinya. Gunakan aplikasi menabung agar semakin tercatat dengan baik.

 

8. Ikut tantangan menabung

 

Cara menabung unik lainnya yaitu dengan ikut tantangan menabung. Kamu bisa browsing di internet dan menemukan banyak tantangan menabung yang menarik untuk dicoba.

 

Misalnya tantangan menabung yang jumlah bertambah setiap bulan. Misal di Januari kamu menabung Rp10 ribu. Februari meningkat jadi Rp20 ribu, Maret menjadi Rp30 ribu dan seterusnya.

 

Contoh lainnya tantangan menabung 100 amplop. Kamu bisa membeli atau membuat 100 amplop. Tetapkan jangka waktu tertentu, misalnya mengisi keseratus amplop tersebut dalam waktu tiga bulan.

 

Tentukan juga jumlah yang diisi dalam setiap amplop. Misalnya Rp10 ribu. Berarti dalam tiga bulan kamu berhasil mengumpulkan Rp1 juta.

 

Menabung tidak selamanya terasa memberatkan jika kamu tahu cara menabung yang tepat. Cara menabung unik ini bisa membantumu mengumpulkan uang dan lebih konsisten dalam menabung. Selamat mencoba!