SWARA DARI AMAR BANKApakah kamu mencari contoh seserahan pernikahan yang simpel? Ya, seserahan dalam prosesi lamaran adalah pemberian simbolik yang bisa jadi berbeda maknanya dalam berbagai adat budaya kedaerahan. Seserahan juga bisa jadi memiliki bentuk dan besaran yang berbeda tergantung dari kesanggupan calon mempelai.

 

Seserahan pernikahan simpel menjadi salah satu pertimbangan calon pengantin agar biaya pernikahan secara keseluruhan tidak membengkak.

 

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

 

Apa itu seserahan nikah?

 

Berdasarkan sumber dari sebagian besar tata cara pernikahan adat secara tradisional, seserahan dalam prosesi awal pernikahan merupakan simbol kesanggupan calon pengantin pria untuk mencukupi kehidupan calon pengantin wanita yang akan dipinangnya. 

 

Di sisi lain, seserahan juga diartikan sebagai tali pengikat hubungan antara dua pihak keluarga calon mempelai. 

 

Dalam adat Jawa, seserahan diberikan secara simbolis saat malam sebelum akad atau saat acara midodareni. Namun, beberapa juga menyerahkan seserahan saat acara pernikahan berlangsung. 

 

Dahulu, seserahan yang diberikan calon pengantin pria seringkali berbentuk uang, makanan, bahan mentah, produk kosmetik dan perawatan tubuh, perhiasaan hingga peralatan dapur. 

 

Fungsi dari seserahan

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi seserahan sebenarnya hanya pemberian simbolik dari calon pengantin pria bahwa ia akan memberikan jaminan kehidupan pernikahan dengan mencukupi kebutuhan sandang, pangan dan papan pada calon pengantin wanita.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, pemilihan bentuk seserahan bisa didiskusikan dahulu dengan pihak mempelai wanita. Calon pengantin wanita pun bisa memilihkan langsung benda yang ingin dibutuhkannya menjelang dan saat pernikahan yang akan dibawa oleh calon pengantin pria dalam bentuk seserahan.

 

Jadi, seserahan pernikahan simpel sebenarnya bisa diwujudkan karena hantaran yang diberikan calon pengantin pria harusnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan calon mempelai wanita.

 

Contoh seserahan pernikahan yang simpel

 

Seserahan pernikahan simpel seperti apa yang bisa dibawa calon pengantin pria? Berikut contoh seserahan pernikahan simpel yang bisa menjadi pertimbangan.

 

1. Perhiasan

 

 

Perhiasaan adalah salah satu seserahan pernikahan simpel yang umum diberikan oleh calon pengantin pria dan atau diminta oleh calon pengantin wanita.

 

Perhiasaan ini bisa berupa anting, kalung, gelang dan atau cincin yang kemudian akan dipakai calon pengantin wanita pada prosesi pernikahan. Harganya bisa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000.

 

2. Sepatu

 

Sepatu juga salah satu aksesoris yang dijadikan seserahan pernikahan simpel oleh calon pengantin pria. Pemberian sepatu dimaksudkan agar calon pengantin wanita tampil cantik saat acara pernikahannya nanti. 

 

Di sisi lain, sepatu juga memiliki makna khusus yakni agar pasangan selalu memahami dan sehati dalam menghadapi bahtera rumah tangga. Harga sepatu sangat bervariasi mulai dari Rp600 ribu hingga Rp5 juta.

 

3. Parfum

 

Parfum juga termasuk barang seserahan pernikahan simpel yang seringkali diberikan untuk calon pengantin wanita untuk mendukung kepercayaan dirinya tepat saat acara prosesi pernikahan berlangsung. 

 

Selain penampilan, wewangian tertentu juga bisa menjadi kenangan spesial terkhususnya di hari pernikahan sehingga disarankan untuk menemukan parfum yang tepat untuk mencegah bau keringat mengganggu nuansa kebahagiaan calon pengantin.

 

Harga parfum rata-rata bisa berkisar antara Rp300.000 hingga Rp5.000.000.

 

4. Peralatan mandi atau bodycare

 

 

Calon pengantin wanita kebanyakan mendambakan penampilan yang prima saat acara pernikahannya nanti sehingga kebutuhan untuk memanjakan diri dengan paket produk perawatan tubuh seperti peralatan mandi atau body care bisa jadi seserahan pernikahan yang simpel.

 

Harga paket bodycare biasanya berkisar Rp200 ribu hingga Rp800 ribu.

 

5. Baju

 

Baju terkhususnya setelah pengantin wanita bisa jadi seserahan pernikahan simpel yang diberikan dari pihak mempelai pria. Jika mengikuti adat pernikahan daerah jawa, baju yang diberikan sebagai seserahan adalah kebaya lengkap dengan kain jarik sebagai bawahannya. 

 

Selain kebaya dan setelan pengantin, gamis atau gaun juga bisa termasuk baju yang bisa diberikan saat prosesi seserahan saat lamaran.  Makna yang tersirat dari pemilihan baju sebagai barang seserahan adalah agar rahasia rumah tangga bisa tersimpan dengan baik. 

 

Harga baju bervariasi tergantung kualitas, desain, dan ukurannya, berkisar antara Rp200.000 hingga Rp10.000.000.

 

6. Tas

 

Aksesoris seperti tas juga bisa merupakan penunjang penampilan mempelai wanita yang bisa dijadikan barang seserahan. Tas biasanya diberikan bersamaan dengan sepatu dalam sebuah bungkusan dari mempelai pria.

 

Tas memiliki makna yang penting yang berarti kalau mempelai pria tidak hanya sanggup memenuhi kebutuhan dasar mempelai wanita tetapi juga kebutuhan sekundernya seperti aksesoris yang mendukung penampilannya. Harganya bisa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp50.000.000.

 

7. Peralatan ibadah 

 

Bagi umat muslim, seserahan dalam bentuk peralatan ibadah adalah hal yang wajib. Peralatan ibadah yang dijadikan hantaran oleh mempelai pria biasanya berbentuk mukena, sajadah, tasbih dan Al-Quran.

 

Peralatan ibadah diberikan sebagai seserahan memiliki makna agar kedua calon pengantin selalu memegang teguh ajaran agama dan selalu bertumpu pada agama yang dianut seperti suami akan menjadi sosok imam/pemimpin yang baik untuk keluarganya. Harganya mulai dari Rp200 ribu hingga Rp4 juta untuk kualitas premium.

 

8. Buah-buahan

 

Buah-buahan adalah jenis seserahan pernikahan simpel yang biasanya dibungkus dalam bentuk parsel terdiri atas buah segar seperti apel, jeruk, pir, anggur, nenas, jambu, pisang dan lain sebagainya. 

 

Pemberian buah sebagai seserahan memiliki makna yakni doa agar rumah tangga kedua mempelai bisa memberikan hasil (buah) yang baik sehingga memberikan kebahagiaan bagi orang sekitar. Harga hampers buah-buahan adalah sekitar Rp180 ribu hingga Rp1 juta.

 

9. Make up

 

 

Makeup merupakan hadiah seserahan yang juga dinantikan oleh mempelai wanita yang memiliki hobi atau kebiasaan merias wajah dalam kesehariannya.

 

Pemberian seserahan dalam bentuk makeup sendiri memiliki makna bahwa mempelai pria sanggup membiayai kebutuhan sekunder istri untuk terlihat cantik setidaknya untuk dirinya sendiri. 

 

Bagi mempelai wanita, pemberian makeup sebagai seserahan pernikahan merupakan pertanda bahwa dirinya disarankan untuk menjaga penampilan terbaiknya di hadapan suami.  Paket makeup lengkap berkisar Rp400 ribu hingga Rp10 juta.

 

10. Uang

 

Memberikan seserahan dalam bentuk uang juga termasuk hal yang lazim dilakukan. Seserahan uang sendiri diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita dalam jumlah yang berbeda-beda tergantung kesanggupan atau pengingat/hadiah/maksud yang ingin disampaikan calon pengantin. 

 

Misalnya memberikan yang seserahan sebesar Rp992.019 sebagai pengingat bahwa keduanya meresmikan hubungan pacaran pada tanggal 9 bulan 9 tahun 2019. 

 

11. Jam tangan

 

Jam tangan adalah seserahan abadi yang mewakili komitmen pengantin pria pada wanita. Seserahan ini diberikan dengan harapan jam tangan ini bisa diwariskan kepada anak hingga cucunya nanti.

 

Harga jam tangan tergantung pada merek dan desain. Harganya bisa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000.

 

12. Minuman Tradisional

Minuman tradisional adalah seserahan populer yang mewakili maksud hati yang tulus dari keluarga pengantin pria.

 

Harga minuman tradisional bervariasi tergantung kuantitas dan kualitas dari rempah-rempahnya. Nominalnya bisa berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000.

 

13. Perangkat Elektronik

 

Perangkat elektronik adalah seserahan praktis yang mewakili modernitas pengantin pria.

 

Harga perangkat elektronik tergantung pada merek dan kualitas. Harganya bisa berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp50.000.000.

 

14. Peralatan Dapur

Peralatan dapur adalah seserahan praktis yang mewakili keterampilan spesifik pengantin wanita. Seserahan jenis ini sangat disarankan dibawa oleh pengantin laki-laki jika mengetahui profesi atau hobi pengantin wanita adalah memasak.

 

Harga peralatan dapur tergantung pada merek dan kualitas yakni berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000.

 

15. Bedding

Bedding adalah seserahan praktis yang mewakili masa depan pasangan bersama. Harga tempat tidur tergantung pada merek dan kualitas. Harganya bisa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 20.000.000.

 

Tunaiku Sebagai Solusi Tambahan Dana Pernikahan

Terdapat berbagai jenis seserahan pernikahan yang bisa disesuaikan dengan budget dan budaya yang berkembang tergantung dari adat pernikahan yang dipilih dua calon mempelai. 

 

Namun, jikapun kamu kekurangan dana, platform pinjaman online Tunaiku bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sebelum dan selama acara pernikahan berlangsung. Kamu bisa meminjam hingga Rp20 juta dengan kurun waktu 20 bulan di platform ini. Menarik, bukan?

 

Terlepas dari itu, jadikanlah seserahan sebagai pengingat simbolik yang tidak memberatkan tetapi meninggalkan makna tersendiri bagi kehidupan berumah tangga pasangan tersebut kelak.Â